Sukses

Elon Musk Akuisisi Twitter Picu Paus Kripto Beli Dogecoin

Transaksi di atas USD 100.000 bertindak sebagai ukuran untuk aktivitas "Whale" (Paus).

Liputan6.com, Jakarta - Setelah pengumuman dan informasi mengenai Elon Musk akan mengambilalih Twitter, harga meme coin, Dogecoin langsung melonjak. Hal itu tampaknya didorong oleh sejumlah transaksi uang besar yang masuk pada Dogecoin. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (4/5/2022), jumlah transaksi Dogecoin lebih dari USD 100.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar mencapai 2.440 pada saat pembelian Twitter Musk diterima. 

Angka tersebut menjadi level tertinggi sejak 14 Januari, seperti yang ditunjukkan CoinDesk dengan data dari perusahaan analisis pasar IntoTheBlock.

Transaksi di atas USD 100.000 bertindak sebagai ukuran untuk aktivitas "Whale" (Paus) atau pemegang besar kripto, dalam hal ini adalah paus Dogecoin. Paus sendiri dapat mencakup individu dengan kekayaan bersih tinggi, atau investor institusi, seperti dana lindung nilai atau bank.

Setelah Twitter mengumumkan dewan direksinya telah menerima tawaran pembelian USD 44 miliar dari Musk, harga Dogecoin langsung melonjak hingga 27 persen pada dan mencapai level tertinggi harian. Sejak berita soal pembelian Twitter Musk mereda, harga DOGE kembali turun.

Para penggemar Dogecoin berharap Musk akan memasukkan cryptocurrency ke dalam platform media sosial. Bagaimanapun, Musk tampaknya menyarankan pada awal April Twitter berpotensi mengizinkan pengguna membayar Twitter Blue, layanan berlangganan media sosial, dengan Dogecoin.

Komunitas cryptocurrency di Twitter telah berspekulasi Musk pada akhirnya dapat mengubah Twitter menjadi platform media sosial yang terdesentralisasi, atau yang tidak dikendalikan oleh satu entitas mana pun. Tapi Musk sendiri belum menyebutkan hal ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efek Musk pada Harga Dogecoin

Dogecoin awalnya dibuat sebagai lelucon pada 2013 oleh pengembang Billy Markus dan Jackson Palmer. Ini didasarkan pada meme Doge, yang menggambarkan seekor anjing Shiba Inu.

Musk mulai men-tweet tentang Dogecoin pada 2019, dan sejak itu menjadi pendukung setia cryptocurrency. Selain memilikinya, dia telah menyebutkan bekerja dengan pengembang Dogecoin untuk meningkatkan jaringannya.

Orang terkaya di dunia mengatakan cryptocurrency yang terinspirasi dari meme itu paling cocok dijadikan sebagai alat transaksi dan menyebut Doge sebagai “crypto rakyat.”

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Rabu Pagi 4 Mei 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau masih mengalami pergerakan harga yang seragam, Rabu pagi, 4 Mei 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas masih berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 2,25 persen dalam 24 jam dan 1,63 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 37.800,13 per koin atau setara Rp 546,4 juta (asumsi kurs Rp 14.455 per dolar AS).

Ethereum (ETH) juga kembali melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH anjlok 2,70 persen dan 2,03 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.786,88 per koin.

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang pagi ini juga masih melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 1,56 persen dan 1,12 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 383,15 per koin.

Kemudian Cardano (ADA) juga masih di zona merah hari ini. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 1,77 persen dan 8,06 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,7683 per koin.

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) harus kembali melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 1,68 persen dan 11,26 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 86,29 per koin.

XRP juga kembali melemah hari ini. Dalam satu hari terakhir, XRP turun 1,53 persen dan 7,34 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,6035 per koin.

Terra (LUNA) juga masih melemah pada Rabu, 4 Mei 2022. Terra anjlok 2,44 persen dalam 24 jam terakhir dan 7,78 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 82,19 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah sebesar 0,01 dan 0,02 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya berada di level USD 1,00.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.