India Jajaki Pemakaian Komersial Uang Digital

Oleh Elga Nurmutia pada 02 Mei 2022, 19:23 WIB
Diperbarui 02 Mei 2022, 19:23 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah India sedang menjajaki beberapa tujuan penggunaan komersial dan bukan hanya inklusi keuangan untuk mata uang digital bank sentralnya.

Melansir Bitcoin.com, ditulis Senin (2/5/2022), Menteri keuangan India Nirmala Sitharaman klarifikasi tujuannya adalah agar rupee digital, yang akan didukung oleh Reserve Bank of India (RBI), akan diterbitkan pada 2023.

Ia mengatakan, tentang mata uang digital bank sentral negara itu (CBDC), rupee digital, minggu ini di meja bundar bisnis tentang 'Berinvestasi dalam Revolusi Digital India' di San Francisco.

Acara ini diselenggarakan oleh Federasi Kamar Dagang & Industri India (FICCI), sebuah asosiasi perdagangan non-pemerintah dan kelompok advokasi yang berbasis di India. Itu diselenggarakan oleh Forum Kemitraan Strategis AS-India (USISPF).Ditegaskan kembali pemerintah dan Reserve Bank of India (RBI) bertujuan untuk memperkenalkan mata uang digital bank sentral India pada 2023, menteri keuangan menjelaskan sebagai berikut:Pemerintah dan RBI sedang mencari beberapa tujuan penggunaan komersial dan bukan hanya inklusi keuangan.

Dia mencatat inklusi keuangan sebagian besar dicapai melalui trinitas JAM (Jan Dhan-Aadhaar-Mobile). Menteri keuangan sebelumnya mengklaim, “Konsep trinitas JAM dari pemerintah Narendra Modi membantu menjangkau orang terjauh di negara ini,".

Sitharaman menekankan pemerintah India mempertahankan dorongan digital yang konsisten di semua industri.

"Mata uang digital bank sentral, bank digital, dan universitas digital diumumkan dalam Anggaran Union. Ada dorongan digital berkelanjutan oleh pemerintah lintas sektor," tegasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kebijakan Kripto

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Perbesar
Ilustrasi kripto

Selama pidato anggarannya Menteri keuangan menjelaskan, pengenalan mata uang digital bank sentral akan memberikan dorongan besar bagi ekonomi digital negara, dengan menyatakan mata uang digital juga akan mengarah pada sistem pengelolaan mata uang yang lebih efisien dan murah.

Sementara itu, pemerintah India sedang mengerjakan kebijakan kripto negara itu. Menteri keuangan mengatakan minggu ini bahwa keputusan itu tidak akan diburu-buru.

Sedangkan, Deputi Gubernur RBI T. Rabi Sankar mengatakan bank sentral akan meluncurkan rupee digital dengan cara yang sangat dikalibrasi dan bertahap, menilai dampaknya di sepanjang jalur.

Tak hanya itu, pejabat kementerian keuangan juga membahas regulasi kripto dengan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.


Harga Kripto Senin Pagi 2 Mei 2022

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Perbesar
Ilustrasi kripto

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya kompak menguat pada perdagangan Senin, 2 Mei 2022, setelah alami koreksi pada pekan lalu. Harga solana dan cardano alami penguatan terbesar di antara kripto lainnya.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin, 2 Mei 2022, bitcoin (BTC) sebagai kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar naik 1,8 persen dalam 24 jam terakhir.

Namun, selama sepekan, harga bitcoin melemah 2,74 persen. Saat ini, harga bitcoin di posisi USD 38.445,93 atau sekitar Rp 559,65 juta (asumsi kurs Rp 14.518 per dolar AS).Harga ethereum naik 3,61 persen ke posisi USD 2.830,69 atau setara Rp 41,09 juta dalam 24 jam terakhir.

Akan tetapi, harga ethereum merosot 3,25 persen selama sepekan.Selanjutnya harga Binance Coin (BNB) naik 2,73 persen dalam 24 jam terakhir.

Saat ini, harga BNB ditransaksikan di posisi USD 389,72 atau Rp 5,64 juta. Dalam sepekan, harga BNB susut 2,72 persen.

Kemudian Cardano (ADA) juga berada di zona hijau. Harga Cardano bertambah 5,68 persen ke posisi USD 0,7871 dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga Cardano merosot 11,31 persen.Penguatan harga juga diikuti harga solana. Solana melambung 7,36 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan, harga solana merosot 10,05 persen. Saat ini, harga solana ditransaksikan di posisi USD 89,48.Harga XRP menguat 3,44 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan, harga XRP turun 13,56 persen.

Saat ini, harga XRP ditransaksikan di posisi USD 0,6059.Sementara itu, harga terra (LUNA) naik 5,55 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini, harga terra berada di posisi USD 82,16. Selama sepekan, harga terra ditransaksikan di posisi USD 82,16.

 


Harga Kripto Lainnya

Aset Kripto
Perbesar
Ilustrasi kripto

Stablecoin antara lain Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) berada di zona hijau. Harga tether berada di posisi USD 1. Selama sepekan, harga tether susut 0,01 persen.

Harga USD Coin menguat 0,06 persen ke posisi USD 1,00 dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga USD Coin bertambah 0,03 persen.

Sementara itu, harga TerraUSD (UST) menguat 0,06 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga TerraUSD susut 0,10 persen. Saat ini, harga TerraUSD ditransaksikan di posisi USD 0,997.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
Infografis kripto
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya