Sukses

Rapat The Fed Bakal Bayangi Kripto hingga Saham

Saham dan kripto dibayangi sentimen pertemuan bank sentral Amerika Serikat atau the Federal Reserve (the Fed) pada pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Investor akan fokus mencermati pertemuan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve pada Rabu, 4 Mei 2022. Hal ini karena pembuat kebijakan The Federal Reserve (the Fed) akan menaikkan suku bunga acuan secara agresif.

Indeks saham teratas AS mengalami kerugian yang signifikan pada akhir minggu, dan indeks Nasdaq melihat kinerja awal empat bulan terburuk sejak 1971.

Melansir Bitcoin, ditulis Senin (2/5/2022), pasar crypto juga mengalami minggu yang sulit, karena ekonomi crypto telah merosot 8,99 persen terhadap USD sejak 25 April, turun dari USD 1,967 triliun menjadi USD 1,79 triliun.

Di sisi lain, The Fed akan menaikkan suku bunga benchmark secara agresif, Bank ING Belanda memprediksi kenaikan 50 bp dan pengumuman pengetatan quantative easing (QE).

Sejumlah lembaga keuangan, analis, dan ekonom memperkirakan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pekan depan akan menaikkan suku bunga secara agresif. Penulis Reuters Lindsay Dunsmuir dan Ann Saphir melaporkan pada Jumat mungkin ada kenaikan besar suku bunga Fed ke depan dan penulis juga mengutip dua laporan yang mengklaim inflasi panas memuncak.

"Pembuat kebijakan Federal Reserve AS tampaknya akan memberikan serangkaian kenaikan suku bunga agresif setidaknya sampai musim panas untuk menghadapi inflasi yang panas dan melonjaknya biaya tenaga kerja, bahkan ketika dua laporan pada Jumat menunjukkan tanda-tanda tentatif keduanya mungkin akan memuncak,” laporan itu menjelaskan.

Selain laporan Reuters, perusahaan perbankan dan jasa keuangan multinasional Belanda, ING Group, yakin kenaikan besar akan terjadi Rabu ini.

Dalam laporannya, ING mengharapkan FOMC dan Ketua Fed Jerome Powell mengumumkan kenaikan 50 basis poin. Laporan ING mengatakan kekhawatiran inflasi lebih besar daripada penurunan produk domestik bruto (PDB) sementara.

"Federal Reserve secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar 50 basis poin pada Rabu depan karena inflasi 8 persen + dan pasar tenaga kerja yang ketat mengalahkan kejutan kontraksi PDB kuartal pertama yang dikaitkan dengan tantangan perdagangan dan inventaris sementara," laporan ING Group diterbitkan pada 28 April.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

The Fed Bakal Perketat Pembelian Obligasi

Sementara 50bp merupakan kenaikan besar, ING juga percaya The Fed akan mengungkapkan rencana pengetatan dalam hal pembelian obligasi bulanan bank sentral.

"Kami juga akan mencari Fed untuk secara resmi mengumumkan pengetatan kuantitatif pada hari Rabu," rincian dari laporan ING.

Sementara itu, ketika Wall Street menutup perdagangan pada Jumat, semua indeks saham utama AS telah mengalami koreksi selama sesi perdagangan intraday. Indeks Nasdaq, Dow Jones Industrial Average, S&P 500, dan NYSE semuanya turun secara signifikan sebelum dimulainya akhir pekan.

Laporan menunjukkan indeks Nasdaq mengalami awal empat bulan terburuk dalam lebih dari 50 tahun dan S&P 500 turun seperti batu pada Jumat.

"Pada akhir perdagangan pada hari Jumat, aksi jual semakin buruk dan kami menatap awal terburuk untuk satu tahun sejak Depresi Hebat," tulis Ben Levisohn, penulis Barron.

Emas menuai keuntungan dari badai di akhir minggu dan logam mulia mengalami peningkatan yang stabil terhadap dolar AS menjelang akhir pekan juga.

Pada Sabtu, satu ounce emas murni naik 0,08 persen dan 6,47 persen selama enam bulan terakhir. Saat ini, satu ounce emas murni senilai USD 1.896 per unit. Peramal tren Gerald Celente percaya selama inflasi naik, logam mulia akan mengikuti.

“Semakin tinggi inflasi naik, semakin tinggi aset safe-haven emas dan perak naik. Dan, ketika Bankster menaikkan suku bunga, itu akan menurunkan Wall Street dan Main Street dengan sangat keras dan semakin keras mereka jatuh, harga logam mulia yang lebih tinggi akan naik," cuitan dari Celente pada Sabtu.

 

 

3 dari 4 halaman

Pasar Kripto Tertekan

Ekonomi crypto juga menderita minggu ini dan pasar berkorelasi dengan pasar ekuitas. CEO dan pendiri Eightglobal.com Michaël van de Poppe membuat tweet tentang ketakutan di pasar crypto pada Sabtu.

“Jumlah ketakutan di pasar saat ini karena pertemuan FED mendatang sebanding dengan getaran pasar bearish pada 2018,” kata pendiri Eightglobal.

“Itu memberi tahu banyak hal untuk pasar dan Bitcoin,” pada Sabtu malam (ET) sekitar 19:25, bitcoin (BTC) turun di bawah angka USD 38K menjadi USD 37.597 per unit.

Sejak 25 April 2022, nilai bersih seluruh ekonomi kripto turun dari USD 1,967 triliun menjadi USD 1,79 triliun hari ini.

Sementara ekonomi crypto kehilangan 8,99 persen sejak itu telah kehilangan 1,2 persen selama 24 jam terakhir. Bitcoin (BTC) telah merosot 4,9 persen minggu ini dan ethereum (ETH) telah kehilangan 7,6 persen terhadap dolar AS selama tujuh hari terakhir.

Dalam sebuah catatan yang dikirim ke Bitcoin.com News pada Jumat, analis pasar Bitfinex menjelaskan bahwa, bitcoin berada dalam perdagangan terbatas karena pembeli tetap berada di sela-sela.

"Semangat perdagangan hari ini merupakan gejala lockdown yang melihat apa yang disebut saham meme memompa ke valuasi yang tidak wajar sudah tampak seperti masa lalu," tambah para analis.

“Robinhood telah memangkas staf di tengah penurunan pendapatan karena sentimen bearish terjadi di pasar saham. Tetap saja, itu menarik untuk dicatat bahwa persentase pasokan bitcoin yang tidak aktif selama satu tahun atau lebih membuat tertinggi baru sepanjang masa bulan ini, menurut data dari perusahaan analitik on-chain Glassnode,” lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 2 Mei 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya kompak menguat pada perdagangan Senin, (2/5/2022) setelah alami koreksi pada pekan lalu.

Harga solana dan cardano alami penguatan terbesar di antara kripto lainnya.Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin, 2 Mei 2022, bitcoin (BTC) sebagai kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar naik 1,8 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan, harga bitcoin melemah 2,74 persen. Saat ini, harga bitcoin di posisi USD 38.445,93 atau sekitar Rp 559,65 juta (asumsi kurs Rp 14.518 per dolar AS).

Harga ethereum naik 3,61 persen ke posisi USD 2.830,69 atau setara Rp 41,09 juta dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, harga ethereum merosot 3,25 persen selama sepekan.Selanjutnya harga Binance Coin (BNB) naik 2,73 persen dalam 24 jam terakhir.

Saat ini, harga BNB ditransaksikan di posisi USD 389,72 atau Rp 5,64 juta. Dalam sepekan, harga BNB susut 2,72 persen.Kemudian Cardano (ADA) juga berada di zona hijau. Harga Cardano bertambah 5,68 persen ke posisi USD 0,7871 dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga Cardano merosot 11,31 persen.

Penguatan harga juga diikuti harga solana. Solana melambung 7,36 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan, harga solana merosot 10,05 persen. Saat ini, harga solana ditransaksikan di posisi USD 89,48.Harga XRP menguat 3,44 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan, harga XRP turun 13,56 persen. Saat ini, harga XRP ditransaksikan di posisi USD 0,6059.

Sementara itu, harga terra (LUNA) naik 5,55 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini, harga terra berada di posisi USD 82,16. Selama sepekan, harga terra ditransaksikan di posisi USD 82,16.Stablecoin antara lain Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) berada di zona hijau.

Harga tether berada di posisi USD 1. Selama sepekan, harga tether susut 0,01 persen. Harga USD Coin menguat 0,06 persen ke posisi USD 1,00 dalam 24 jam terakhir.

Selama sepekan, harga USD Coin bertambah 0,03 persen. Sementara itu, harga TerraUSD (UST) menguat 0,06 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga TerraUSD susut 0,10 persen. Saat ini, harga TerraUSD ditransaksikan di posisi USD 0,997.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.