Sukses

Bitcoin Jadi Mata Uang Resmi di Republik Afrika Tengah

Afrika Tengah jadi negara pertama di Afrika dan hanya yang kedua di dunia yang adopsi Bitcoin sebagai mata uang.

Liputan6.com, Jakarta - Republik Afrika Tengah telah mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang resmi, kata kepresidenan pada Rabu (27/4/2022), menjadi negara pertama di Afrika dan hanya yang kedua di dunia yang melakukannya.

Terlepas dari cadangan emas dan berlian yang kaya, Republik Afrika Tengah adalah salah satu negara termiskin dan paling tidak berkembang di dunia dan telah dicengkeram oleh kekerasan pemberontak selama bertahun-tahun. 

Sebuah RUU yang mengatur penggunaan cryptocurrency diadopsi dengan suara bulat oleh parlemen minggu lalu, kata sebuah pernyataan. ditandatangani oleh kepala staf Presiden Faustin-Archange Touadera, Obed Namsio. 

"Presiden mendukung RUU ini karena akan memperbaiki kondisi warga Afrika Tengah," kata Namsio kepada Reuters, tanpa menjelaskan lebih lanjut, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (28/4/2022).

Dalam pernyataan itu, dia menyebutnya sebagai "langkah yang menentukan untuk membuka peluang baru bagi negara kita".

Republik Afrika Tengah adalah salah satu dari enam negara yang menggunakan franc CFA Afrika Tengah, mata uang regional yang diatur oleh Bank of Central African States (BEAC).

Dua mantan perdana menteri negara itu pekan lalu menandatangani surat yang menyatakan keprihatinan tentang adopsi Bitcoin tanpa panduan dari BEAC, menyebutnya sebagai "pelanggaran serius".

"BEAC belajar pada saat yang sama dengan publik tentang pemberlakuan undang-undang baru tentang cryptocurrency di Republik Afrika Tengah," kata juru bicara BEAC, menambahkan, bank belum memiliki tanggapan resmi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

El Salvador Jadi Negara Pertama

El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah tahun lalu, tetapi peluncurannya terhambat oleh skeptisisme dan menunda usulan obligasi Bitcoin pada Maret di tengah gejolak pasar global.

Pemerintah Afrika telah mengambil pendekatan yang bervariasi untuk mengatur kripto dan teknologi blockchain. Bank sentral Nigeria melarang bank lokal bekerja dengan cryptocurrency tahun lalu sebelum meluncurkan mata uang digitalnya sendiri, eNaira.

Regulator Afrika Selatan telah mengeksplorasi potensi regulasi cryptocurrency dan teknologi blockchain lainnya, dan bank sentral Tanzania mengatakan tahun lalu sedang mengerjakan arahan presiden untuk mempersiapkan cryptocurrency.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Hari Ini Kamis 28 April 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau mengalami pergerakan harga yang beragam, Kamis pagi, 28 April 2022.Beberapa kripto jajaran teratas yang sebelumnya melemah, kini berhasil menguat tipis.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 2,17 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 5,77 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 39.089,61 per koin atau setara Rp 564,7 juta (asumsi kurs Rp 14.447 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat tipis hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 1,85 persen, tetapi masih melemah 6,78 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.877,30 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang pagi ini juga turut menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 0,99 persen. Namun, masih melemah 7,03 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 390,07 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) juga berhasil kembali ke zona hijau hari ini. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 0,28 persen, tetapi masih melemah 10,67 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,8388 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga turut menguat pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 1,52 persen, tetapi masih anjlok 8,03 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 97,99 per koin.

XRP juga menguat tipis hari ini. Dalam satu hari terakhir, XRP naik 0,16 persen, tetapi masih ambles 14,02 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,6493 per koin. 

Terra (LUNA) sayangnya masih melemah di antara kripto lain yang menguat. Terra anjlok 0,36 persen dalam 24 jam terakhir dan 7,50 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 88,65 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat sebesar 0,01 dan 0,02 persen. Harga keduanya masih berada di level USD 1,00.

 

4 dari 4 halaman

Harga Dogecoin Merosot Usai Melambung 20 Persen

Sebelumnya, bukan rahasia lagi jika Elon Musk sangat menyukai dan mendukung pengembangan Dogecoin. Begitupun sebaliknya, para penggemar Dogecoin juga sangat menyukai sosok Musk sehingga dijuluki “The Dogefather”. Tak dipungkiri lagi Musk sangat memberikan pengaruh pada pergerakan meme coin itu. 

Cryptocurrency yang terinspirasi dari meme itu melonjak sebanyak 27 persen pada Selasa setelah Twitter mengumumkan dewan direksinya menerima tawaran pembelian USD 44 miliar atau sekitar Rp 635 triliun dari Musk. 

Dilansir dari CoinGecko, Rabu (27/4/2022), Dogecoin kembali kehilangan banyak keuntungan sejak kenaikan cukup tinggi tersebut. DOGE turun 12,37 persen dalam 24 jam dan saat ini berada di harga USD 0,1376, padahal ketika meroket lebih dari 20 persen, DOGE diperdagangkan di harga USD 0,1652.

Meskipun efek Musk tampaknya telah memudar, sinkronisasi antara CEO Tesla dan Dogecoin bukanlah hal baru. Harga cryptocurrency itu juga melonjak ketika terungkap Musk mengambil 9,2 persen saham di Twitter pada awal April.

Dogecoin dibuat sebagai lelucon pada tahun 2013 oleh pengembang Billy Markus dan Jackson Palmer. Berdasarkan meme "Doge", yang menggambarkan seekor anjing Shiba Inu. 

Itu "dibuat untuk kekonyolan," tulis Markus dalam posting Reddit 2021. “Saya melemparkannya bersama-sama, tanpa harapan atau rencana apa pun. Pembuatannya memakan waktu sekitar 3 jam.”

Musk menyukai Dogecoin bertahun-tahun yang lalu dan mulai men-tweet tentang cryptocurrency itu pada 2019. Dia mengklaim telah bekerja dengan pengembang Dogecoin untuk memperbaiki jaringannya dan telah menyatakan dukungannya dengan perasaan jika DOGE itu adalah “kripto rakyat.”

Sejak itu, Musk telah berbicara untuk mendukung Dogecoin dan cryptocurrency lainnya berkali-kali. Dalam banyak kasus, tweetnya memengaruhi harga mata uang kripto tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.