Sukses

Harga XEC Kripto Hari Ini Selasa 27 April 2022

Kripto XEC melemah pada perdagangan Rabu (27/4/2022).

Liputan6.com, Jakarta - eCash (XEC) adalah versi baru dari Bitcoin Cash ABC (BCHA), yang merupakan cabang dari Bitcoin (BTC) dan Bitcoin Cash (BCH). ECash menyebut dirinya sebagai “cryptocurrency yang dirancang untuk digunakan sebagai uang elektronik. 

Dilansir dari Coinmarketcap, eCash secara ketat bertujuan untuk menjadi sarana transaksi yang digunakan untuk membayar barang dan jasa. Koin itu diganti namanya pada 1 Juli 2021, dan sejak itu mencoba membedakan dirinya dari pendahulunya. 

Unit dasar eCash disebut “bit” dan menggantikan tempat desimal Bitcoin Cash ABC yang berat. Alih-alih mengirim 0,00001000 BTC, pengguna dapat mengirim 10 bit dengan eCash. eCash mengintegrasikan lapisan konsensus proof-of-stake (PoS) yang disebut “Avalanche,” tetapi berbeda dengan blockchain Avalanche (AVAX) yang banyak dikenal. 

Setelah rebranding, eCash mengumumkan mereka akan mengubah semua koin BCHA menjadi XEC dengan rasio satu banding satu juta.

ECash (XEC) dipimpin oleh pengembang utamanya Amaury Sechet, yang merupakan pengembang utama Bitcoin Cash (BCH) dan membentuk blockchain tersebut untuk membentuk pendahulu eCash, Bitcoin Cash ABC (BCHA). 

Hal itu terjadi pada 15 November 2020. Sechet kemudian memutuskan untuk mengubah citra Bitcoin Cash ABC untuk membangun identitas merek baru untuk eCash.

Harga eCash (XEC)

Berdasarkan data Coinmarketcap, Rabu (27/4/2022), harga XEC Coin adalah Rp 1,16 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 375.609.394.504.

XEC turun 7,11 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 60 dengan kapitalisasi pasar Rp 22.044.311.852.300. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 19.043.579.673.313 XEC dari maksimal suplai 21 triliun XEC.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Dogecoin Merosot Usai Melambung 20 Persen

Sebelumnya,  rahasia lagi jika Elon Musk sangat menyukai dan mendukung pengembangan Dogecoin. Begitupun sebaliknya, para penggemar Dogecoin juga sangat menyukai sosok Musk sehingga dijuluki “The Dogefather”. Tak dipungkiri lagi Musk sangat memberikan pengaruh pada pergerakan meme coin itu. 

Cryptocurrency yang terinspirasi dari meme itu melonjak sebanyak 27 persen pada Selasa setelah Twitter mengumumkan dewan direksinya menerima tawaran pembelian USD 44 miliar atau sekitar Rp 635 triliun dari Musk. 

Dilansir dari CoinGecko, Rabu, 27 April 2022, dogecoin kembali kehilangan banyak keuntungan sejak kenaikan cukup tinggi tersebut. DOGE turun 12,37 persen dalam 24 jam dan saat ini berada di harga USD 0,1376, padahal ketika meroket lebih dari 20 persen, DOGE diperdagangkan di harga USD 0,1652.

Meskipun efek Musk tampaknya telah memudar, sinkronisasi antara CEO Tesla dan Dogecoin bukanlah hal baru. Harga cryptocurrency itu juga melonjak ketika terungkap Musk mengambil 9,2 persen saham di Twitter pada awal April.

Dogecoin dibuat sebagai lelucon pada tahun 2013 oleh pengembang Billy Markus dan Jackson Palmer. Berdasarkan meme "Doge", yang menggambarkan seekor anjing Shiba Inu. 

Itu "dibuat untuk kekonyolan," tulis Markus dalam posting Reddit 2021. “Saya melemparkannya bersama-sama, tanpa harapan atau rencana apa pun. Pembuatannya memakan waktu sekitar 3 jam.”

Musk menyukai Dogecoin bertahun-tahun yang lalu dan mulai men-tweet tentang cryptocurrency itu pada 2019. Dia mengklaim telah bekerja dengan pengembang Dogecoin untuk memperbaiki jaringannya dan telah menyatakan dukungannya dengan perasaan jika DOGE itu adalah “kripto rakyat.”

Sejak itu, Musk telah berbicara untuk mendukung Dogecoin dan cryptocurrency lainnya berkali-kali. Dalam banyak kasus, tweetnya memengaruhi harga mata uang kripto tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Harga Dogecoin Melambung Usai Elon Musk Beli Twitter

Sebelumnya, harga Dogecoin meroket pada Senin malam setelah berita tentang Twitter telah menerima kesepakatan pembelian Elon Musk. Cryptocurrency meme itu melonjak sebanyak sekitar 27 persen setelah pengumuman Twitter akan dibeli oleh CEO Tesla itu. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Dogecoin sempat menyentuh harga USD 0,1675 atau sekitar Rp 2.411. Namun, kembali turun ke level USD 0,1527 pada Selasa pagi.

Dilansir dari CNBC, Selasa (26/4/2022), dogecoin merupakan kripto yang didasarkan pada meme Internet 2013 Doge dan dibuat sebagai bahan candaan pada tahun yang sama. Namun, semua itu mendapatkan beberapa relevansi tahun lalu setelah Musk mendukungnya dan terus membagikan pandangannya tentang meme coin itu di media sosial.

Elon Musk sering menjadi penggerak pasar cryptocurrency dengan tweetnya tentang Dogecoin dan Bitcoin. Pada Mei tahun lalu, postingannya memicu reli Dogecoin ke level tertinggi sepanjang masa. 

Selain menjadi influencer Dogecoin, Musk adalah salah satu pembeli Bitcoin perusahaan terbesar. Banyak pendukung kripto yang berharap melihat Twitter mengintegrasikan lebih banyak fitur asli kripto. Selain itu mereka akan mengawasi apakah atau bagaimana Musk memprioritaskan kripto. Sifat tahan sensor Bitcoin di permukaan sejalan dengan visi Musk untuk utopia kebebasan berbicara.

Mantan CEO dan salah satu pendiri Twitter, Jack Dorsey, mengundurkan diri dari perusahaan pada November untuk fokus pada upaya di perusahaan pembayarannya, yang sejak itu berganti nama menjadi Block (dari Square) untuk mencerminkan ambisi yang lebih luas dalam cryptocurrency dan teknologi blockchain.

“Kebebasan berbicara adalah landasan demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital tempat hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan,” kata Musk dalam sebuah pernyataan. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Rabu Pagi 27 April 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau masih mengalami pergerakan harga yang seragam, Rabu pagi, 27 April 2022. Seluruh kripto jajaran teratas yang sebelumnya menguat, kini kompak kembali melemah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah 5,09 persen dalam 24 jam dan 7,73 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 38.100,62 per koin atau setara Rp 549,8 juta (asumsi kurs Rp 14.432 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali merosot hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH anjlok 5,63 persen dan 8,63 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.826,50 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang pagi ini juga kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB merosot 4,15 persen dan 8,17 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 385,04 per koin. 

Kemudian cardano (ADA) juga harus kembali ke zona merah hari ini. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 6,85 dan 11,97 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,8299 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga turut anjlok pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL ambles 3,51 persen dan 10,46 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 96,62 per koin.

XRP masih bertahan di zona merah sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir, XRP turun 5,28 persen dan 15,63 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,6493 per koin. 

Terra (LUNA) yang sempat menguat beberapa hari terakhir, akhirnya roboh juga. Terra anjlok  7,08 persen dalam 24 jam terakhir dan 5,18 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 88,78 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah sebesar 0,01 persen. Meskipun melemah, harga keduanya masih berada di level USD 1,00.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.