Sukses

Harga Kripto Hari Ini 27 April 2022: Bitcoin dkk Tertekan

Pada perdagangan Rabu (27/4/2022) pagi, Bitcoin dan kripto teratas lainnya kembali ke zona merah.

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau masih mengalami pergerakan harga yang seragam, Rabu pagi (27/4/2022). Seluruh kripto jajaran teratas yang sebelumnya menguat, kini kompak kembali melemah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah 5,09 persen dalam 24 jam dan 7,73 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 38.100,62 per koin atau setara Rp 549,8 juta (asumsi kurs Rp 14.432 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali merosot hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH anjlok 5,63 persen dan 8,63 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.826,50 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang pagi ini juga kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB merosot 4,15 persen dan 8,17 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 385,04 per koin. 

Kemudian cardano (ADA) juga harus kembali ke zona merah hari ini. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 6,85 dan 11,97 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,8299 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga turut anjlok pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL ambles 3,51 persen dan 10,46 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 96,62 per koin.

XRP masih bertahan di zona merah sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir, XRP turun 5,28 persen dan 15,63 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,6493 per koin. 

Terra (LUNA) yang sempat menguat beberapa hari terakhir, akhirnya roboh juga. Terra anjlok  7,08 persen dalam 24 jam terakhir dan 5,18 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 88,78 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah sebesar 0,01 persen. Meskipun melemah, harga keduanya masih berada di level USD 1,00.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Dogecoin Meroket Setelah Elon Musk Beli Twitter

Sebelumnya, harga Dogecoin meroket pada Senin malam setelah berita tentang Twitter telah menerima kesepakatan pembelian Elon Musk. Cryptocurrency meme itu melonjak sebanyak sekitar 27 persen setelah pengumuman Twitter akan dibeli oleh CEO Tesla itu. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Dogecoin sempat menyentuh harga USD 0,1675 atau sekitar Rp 2.411. Namun, kembali turun ke level USD 0,1527 pada Selasa pagi.

Dilansir dari CNBC, Selasa (26/4/2022), dogecoin merupakan kripto yang didasarkan pada meme Internet 2013 Doge dan dibuat sebagai bahan candaan pada tahun yang sama. Namun, semua itu mendapatkan beberapa relevansi tahun lalu setelah Musk mendukungnya dan terus membagikan pandangannya tentang meme coin itu di media sosial.

Elon Musk sering menjadi penggerak pasar cryptocurrency dengan tweetnya tentang Dogecoin dan Bitcoin. Pada Mei tahun lalu, postingannya memicu reli Dogecoin ke level tertinggi sepanjang masa. 

 

Selain menjadi influencer Dogecoin, Musk adalah salah satu pembeli Bitcoin perusahaan terbesar. Banyak pendukung kripto yang berharap melihat Twitter mengintegrasikan lebih banyak fitur asli kripto.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

 Selain itu mereka akan mengawasi apakah atau bagaimana Musk memprioritaskan kripto. Sifat tahan sensor Bitcoin di permukaan sejalan dengan visi Musk untuk utopia kebebasan berbicara.

Mantan CEO dan salah satu pendiri Twitter, Jack Dorsey, mengundurkan diri dari perusahaan pada November untuk fokus pada upaya di perusahaan pembayarannya, yang sejak itu berganti nama menjadi Block (dari Square) untuk mencerminkan ambisi yang lebih luas dalam cryptocurrency dan teknologi blockchain.

“Kebebasan berbicara adalah landasan demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital tempat hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan,” kata Musk dalam sebuah pernyataan. 

4 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Mulai Pulih

Sebelumnya, bitcoin (BTC) dan kripto teratas lainnya terpantau mulai pulih setelah ayunan harga besar selama seminggu terakhir. Pada Senin, Bitcoin mencapai titik terendah sejak pertengahan Maret tetapi dengan cepat berhasil kembali pulih.

Adapun pada Selasa pagi, 26 April 2022, cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar naik 2,4 persen dalam 24 jam terakhir, diperdagangkan pada USD 40,485 atau sekitar Rp 584,2 juta. Sebelumnya, harga Bitcoin turun hingga USD 38.202, terendah dalam hampir enam minggu.

Analis riset di Nansen Daniel Khoo, mengatakan pergerakan harga yang terjadi saat ini di pasar kripto dipengaruhi banyak faktor yang sedang terjadi secara global.

"Volatilitas baru-baru ini telah didorong oleh faktor-faktor seperti inflasi, krisis Ukraina serta kebijakan moneter kontraktif. Ini tidak hanya mempengaruhi pasar saham tetapi juga pasar kripto, yang tampaknya mengikuti secara bersamaan baru-baru ini,” kata Khoo dikutip dari CoinDesk, Selasa, 26 April 2022.

Khoo mengatakan penurunan harga dapat didorong oleh sentimen negatif jangka pendek karena para investor saat ini mulai mengambil risiko pada aset investasi yang bergejolak seperti kripto dan saham. 

“Banyak investor juga beralih ke stablecoin mengingat ketidakpastian dan prospek bearish jangka pendek, karena pasar menjadi terlalu panas dan periode euforia ekstrem diikuti oleh koreksi pasar secara historis,” jelas Khoo.

Di sisi lain, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasarnya, ethereum (ETH) naik 0,87 persen dalam 24 jam terakhir, diperdagangkan pada kisara USD 3.013. Sedangkan saham AS beragam karena pembatasan Covid China menegang, dengan Indeks S&P 500 turun 0,7 persen dan Nasdaq naik 0,2 persen.

Saham di Nasdaq dan pasar kripto masih menunjukkan relasi dari segi pergerakan harga dalam beberapa bulan terakhir. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.