Sukses

FBI Keluarkan Peringatan Peretas Korea Utara Incar Perusahaan Kripto

FBI menjelaskan kelompok tersebut umumnya dikenal sebagai Grup Lazarus, dan pejabat AS menuduh aktor dunia maya melakukan sejumlah upaya peretasan yang berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - FBI, bersama sejumlah agensi AS, menerbitkan laporan yang disebut “APT Target Perusahaan Blockchain yang Disponsori Negara Korea Utara.” 

Laporan tersebut merinci APT (ancaman persisten lanjutan) telah disponsori negara dan aktif sejak 2020. FBI menjelaskan kelompok tersebut umumnya dikenal sebagai Grup Lazarus, dan pejabat AS menuduh aktor dunia maya melakukan sejumlah upaya peretasan yang berbahaya.

Pelaku cyber Korea Utara menargetkan berbagai organisasi seperti “organisasi dalam teknologi blockchain dan industri cryptocurrency, termasuk pertukaran cryptocurrency, protokol keuangan terdesentralisasi (defi), video game cryptocurrency play-to-earn, perusahaan perdagangan cryptocurrency, dana modal ventura yang berinvestasi di cryptocurrency, dan pemegang individu sejumlah besar cryptocurrency dan NFT.”

Laporan FBI mengikuti pembaruan Office of Foreign Assets Control (OFAC) baru-baru ini yang menuduh Grup Lazarus dan aktor siber Korea Utara terlibat dalam serangan jembatan Ronin Axie Infinity. 

Setelah pembaruan OFAC diterbitkan, proyek pencampuran Ethereum Tornado Cash mengungkapkan itu memanfaatkan alat Chainalysis, dan memblokir alamat Ethereum yang disetujui OFAC dari menggunakan protokol pencampuran Ether.

Menurut FBI, Lazarus Group memanfaatkan malware berbahaya yang disebut "Apple Jesus," yang membuat trojanisasi perusahaan cryptocurrency.

“Pada April 2022, aktor Grup Lazarus Korea Utara telah menargetkan berbagai perusahaan, entitas, dan pertukaran di industri blockchain dan cryptocurrency menggunakan kampanye spear phishing dan malware untuk mencuri cryptocurrency,” isi laporan FBI, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (25/4/2022). 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kripto

"Aktor-aktor ini kemungkinan akan terus mengeksploitasi kerentanan perusahaan teknologi cryptocurrency, perusahaan game, dan bursa untuk menghasilkan dan mencuci dana untuk mendukung rezim Korea Utara,” lanjut laporan itu. 

FBI mengatakan peretas Korea Utara menggunakan kampanye spear phishing besar-besaran yang dikirim ke karyawan yang bekerja untuk perusahaan kripto. Biasanya pelaku cyber akan menargetkan pengembang perangkat lunak, operator TI, dan karyawan Devops.

Taktik ini disebut “TraderTraitor” dan sering meniru “upaya perekrutan dan menawarkan pekerjaan bergaji tinggi untuk menarik penerima mengunduh aplikasi cryptocurrency yang mengandung malware.”

FBI menyimpulkan organisasi harus melaporkan aktivitas dan insiden anomali ke Pusat Operasi 24/7 CISA atau mengunjungi kantor lapangan FBI setempat.

 

3 dari 4 halaman

Bank Rusia Tolak Gagasan Pakai Kripto untuk Hindari Sanksi

Sebelumnya, Bank sentral Rusia menganggap tidak mungkin menggunakan cryptocurrency untuk menghindari pembatasan keuangan yang diberlakukan atas konflik militer di Ukraina. 

Hal itu menurut pernyataan oleh Deputi Gubernur Pertama bank sentral Rusia, Ksenia Yudaeva, yang dikeluarkan sebagai jawaban atas proposal oleh anggota Duma Negara, majelis rendah parlemen Rusia.

Seorang anggota parlemen dari partai Rusia yang berkuasa, Anton Gorelkin  telah menyarankan perusahaan Rusia dan pengusaha perorangan harus diizinkan untuk melakukan pembayaran dalam mata uang digital, termasuk untuk penyelesaian dengan mitra asing. 

Dia berpikir pembentukan infrastruktur kripto nasional Rusia sebagai tanggapan terhadap sanksi yang diperkenalkan oleh Barat tidak dapat dihindari.

Pejabat bank sentral yakin, bagaimanapun, transfer uang dalam jumlah besar dalam cryptocurrency oleh bisnis Rusia tidak akan layak. Dikutip oleh kantor berita RIA Novosti, Yudaeva menunjukkan otoritas pengatur di UE, AS, Inggris, Jepang, dan Singapura telah mulai menerapkan langkah-langkah pencegahan.

“Platform aset digital seperti pertukaran kripto juga mengadopsi pembatasan sebesar penolakan akses ke dana untuk pengguna Rusia,” ujar Gorenklin, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (25/4/2022).

Bahkan di yurisdiksi di mana pembayaran kripto tidak dilarang saat ini, pihak berwenang menetapkan standar yang lebih tinggi untuk penyedia layanan kripto terkait kepatuhan terhadap aturan identifikasi pelanggan.

Bank Sentral Rusia telah menjadi penentang kuat legalisasi cryptocurrency. Pada Januari, otoritas keuangan mengusulkan larangan total pada operasi terkait kripto di negara tersebut. Ia menyatakan mata uang digital terdesentralisasi seperti Bitcoin tidak dapat digunakan dalam pembayaran barang dan jasa.

Dengan sikap garis kerasnya tentang masalah ini, CBR telah menemukan dirinya terisolasi di antara lembaga-lembaga pemerintah di Moskow. Pada Februari, pemerintah federal menyetujui rencana peraturan berdasarkan konsep Kementerian Keuangan yang mengutamakan peraturan di bawah pengawasan ketat, daripada larangan.

 

 

4 dari 4 halaman

Elon Musk Usul Pengguna Layanan Twitter Blue Bayar Pakai Dogecoin

Sebelumnya, CEO Tesla dan miliarder Elon Musk kembali men-tweet tentang Twitter. Kali ini ia menyrankan untuk Twitter Blue, layanan langganan raksasa media sosial. Hal itu mulai dari potongan harga, opsi untuk membayar dalam dogecoin dan larang iklan.

Elon Musk yang kini memiliki 9,2 persen saham Twitter, pengguna Twitter yang produktif, sering menggerakkan pasar dengan unggahan di Twitter.

Elon Musk diangkat menjadi dewan direksi Twitter pada Selasa, 6 April 2022. Ia berharap dapat bekerja sama dengan dewan direksi untuk membuat perbaikan signifikan pada Twitter dalam beberapa bulan mendatang.

Diluncurkan pada Juni 2022, Twitter Blue adalah layanan berlangganan pertama raksasa media sosial bagi mereka yang bersedia membayar untuk akses eksklusif ke fitur-fitur khusus seperti fitur batalkan tweet, ikon aplikasi Twitter yang disesuaikan dan kemampuan untuk menambahkan bookmark.

Dalam serangkaian tweet pada Sabtu, 9 April 2022, Musk menyarankan agar tidak ada iklan dan potongan harga berlangganan.

"Setiap orang yang mendaftar ke Twitter Blue (yaitu membayar USD 3 per bulan) harus mendapatkan tanda centang otentifikasi,” tulis dia.

"Harga mungkin seharusnya USD 2 per bulan, tetapi dibayar 12 bulan di muka dan akun tidak mendapatkan tanda centang selama 60 hari (perhatikan tagihan balik CC) dan ditangguhkan tanpa pengembalian dana jika digunakan untuk penipuan/spam,” kata Elon Musk.

"Dan tidak ada iklan. Kekuatan perusahaan untuk dikte kebijakan sangat meningkat jika Twitter bergantung pada uang iklan untuk bertahan hidup,” ia menambahkan.

Elon Musk juga mengusulkan harga “harus proporsional dengan keterjangkauan dan dalam mata uang lokal”.

"Mungkin bahkan opsi untuk membayar di doge?” Dia menyarankan mengacu pada cryptocurrency.

Twitter belum menanggapi permintaan komentar CNBC. Layanan Twitter Blue hanya tersedia di Amerika Serikat (AS), Kanada, Australia dan Selandia Baru.

Fitur undo memungkinkan pelanggan mengubah tweetnya sebelum ditayangkan. Ini bukan fitur edit, yang sering diminta oleh pengguna Twitter. “Ini bukan tombol edit, tetapi kesempatan untuk melihat dan merevisi Tweet Anda sebelum diposting untuk dilihat dunia,” ujar perseroan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.