Sukses

Olahraga Kini Dapat Hasilkan Kripto, Tertarik Coba?

Saat ini ada cabang dari model P2E, yang disebut move-to-earn (M2E).

Liputan6.com, Jakarta - Game berbasis play-to-earn (P2E) saat ini terus mendominasi industri kripto karena lebih dari setengah dompet kripto aktif yang dilacak oleh Dappradar telah terhubung ke game berbasis blockchain pada kuartal pertama 2022.

Game seperti Axie Infinity bahkan dengan bencana yang dialaminya pada bulan lalu masih terus menghasilkan jutaan dolar dalam volume perdagangan dalam 30 hari sebelumnya.

Dilansir dari Cointelegraph, Senin (25/4/2022), saat ini ada cabang dari model P2E, yang disebut move-to-earn (M2E), telah memikat penggemar kripto akhir-akhir ini. Kata kunci baru industri ini mengikuti model play-to-earn tetapi berpusat pada kesehatan dan kebugaran, di mana pengguna akan diberi hadiah untuk aktivitas fisik mereka.

Genopet dan Dustland Runner hanyalah beberapa proyek yang menggunakan model M2E, tetapi STEPN nampaknya menarik sebagian besar pengguna saat ini.

STEPN adalah game berbasis Solana yang memungkinkan pengguna membeli sepatu kets dalam bentuk Non Fungible Token (NFT) untuk mulai bermain. Saat pengguna memainkan game, aplikasi melacak pergerakan mereka melalui GPS di ponsel mereka dan menghadiahi pengguna dengan token dalam aplikasi yang disebut Green Satoshi Tokens (GST).

Token ini nantinya dapat diperdagangkan untuk USD Coin (USDC) atau Solana (SOL), tentunya memungkinkan pengguna untuk merealisasikan penghasilan yang mereka dapat dari hasil kegiatan fisik. 

Meskipun begitu, industri P2E sebelumnya banyak dikritik karena diduga memiliki skema piramida di dalamnya, di mana hanya pemain paling awal yang sangat diuntungkan.

Ini karena pemain baru membeli aset game dari pemain sebelumnya. Kemudian, pemain baru ini menjual ke pemain yang lebih baru, sehingga menciptakan ekonomi dengan  profitabilitas semua orang sebagian besar bergantung pada pemain yang masuk. Akibatnya, harga token dan aset turun karena pasar penuh sesak dengan penjual.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memakai Gerakan Fisik

Namun, STEPN mencoba mengatasi masalah ini melalui token sink yang "kuat". GST dibakar setiap kali NFT sepatu kets baru dinaikkan, dicetak, atau diperbaiki. Biaya perbaikan adalah wajib untuk mencegah penurunan pendapatan pengguna. 

STEPN juga mencoba untuk melampirkan sebanyak mungkin nilai tidak berwujud ke item dalam game, seperti manfaat sosial yang ditawarkannya melalui aktivitas fisik. 

STEPN tidak sendirian di subsektor game baru ini. Genopets adalah game berbasis Solana lainnya yang masih dalam fase beta. Ini mirip dengan STEPN tetapi lebih merupakan permainan peran, memungkinkan pengguna menggunakan gerakan fisik dan pengerahan tenaga kognitif untuk maju dalam permainan dan meningkatkan NFT Genopet mereka. 

Kemudian ada Dustland Runner yang berbasis Tezos memungkinkan pengguna mendapatkan token DOSE dengan menyelesaikan misi melalui latihan fisik mereka.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 25 April 2022

Sebelumnya, memasuki awal pekan keempat April 2022, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau masih mengalami pergerakan harga yang seragam, Senin pagi, 25 April 2022. Seluruh kripto jajaran teratas yang sebelumnya menguat, kini harus kembali melemah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) masih melemah 0,84 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,84 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 39.495,00 per koin atau setara Rp 571,4 juta (asumsi kurs Rp 14.470 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih melemah sejak kemarin. Selama 24 jam terakhir, ETH merosot 0,77 persen dan 3,34 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.940,68 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang pagi ini masih melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 1,57 persen dan 3,20 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 406,37 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) juga masih berada di zona merah hari ini. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 1,53 persen dan 5,95 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,8855 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih melemah sejak kemarin. Sepanjang satu hari terakhir SOL ambles 2,22 persen dan 2,95 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 100,01 per koin.

XRP juga masih bertahan di zona merah. Dalam satu hari terakhir, XRP turun 1,91 persen dan 8,93 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,6993 per koin. 

Terra (LUNA) masih tetap menguat di tengah kripto lain yang melemah. Terra naik 0,08 persen dalam 24 jam terakhir dan 13,30 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 91,08 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat sebesar 0,01 dan 0,03 persen. Dengan begitu, keduanya kini dibanderol dengan harga USD 1,00.

4 dari 4 halaman

170 Toko di Australia Akan Terima Pembayaran Kripto pada 2022

Sebelumnya, sekitar 170 toko yang dijalankan oleh perusahaan stasiun layanan On The Run (OTR) akan mulai menerima cryptocurrency untuk pembayaran sekitar Juli 2022.

Beberapa layanan dari perusahaan OTR yang akan menerima pembayaran kripto di antaranya adalah kedai kopi, kedai subway, dan tokonya yang bernama Wok in a Box. Tak hanya itu, bisnis layanan OTR yang lainnya juga akan menyusul pembayaran menggunakan kripto. 

Demi melancarkan fasilitas proses pembayaran kripto di berbagai tokonya, On The Run telah bermitra dengan Crypto.com untuk menggunakan layanan Pay Merchant yang disediakan Crypto.com.

On The Run yang telah berusia 38 tahun ini hadir di 160 lokasi di seluruh Australia Selatan dan Victoria. Hal tersebut akan memungkinkan lebih dari 9,3 juta orang yang saat ini tinggal di zona ini dapat melakukan pembayaran menggunakan kripto. Selain itu, pada saat yang sama, memungkinkan adopsi kripto untuk berkembang secara signifikan.

Ketua Eksekutif Peregrines, perusahaan induk On The Run, Yasser Shahin mengatakan tingkat adopsi kripto di Australia memberikan perusahaan tersebut peluang. 

“Pertumbuhan dan penerimaan arus utama adopsi cryptocurrency di Australia dan seluruh dunia sangat fenomenal, dan telah menawarkan kami peluang yang jelas untuk memanfaatkan momentum ruang yang tumbuh cepat ini untuk kepentingan pelanggan kami,” ujar Shahin, dikutip dari Yahoo Finance, Minggu, 24 April 2022.

Sebagai perusahaan pertukaran kripto, kemitraannya dengan OTR menjadi yang kedua di Australia. Sebelumnya, pertukaran kripto ini menandatangani kontrak lima tahun dengan Australian Football League.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.