Sukses

170 Toko di Australia Akan Terima Pembayaran Kripto pada 2022

Tingkat adopsi kripto di Australia memberikan perusahaan perluang.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 170 toko yang dijalankan oleh perusahaan stasiun layanan On The Run (OTR) akan mulai menerima cryptocurrency untuk pembayaran sekitar Juli 2022.

Beberapa layanan dari perusahaan OTR yang akan menerima pembayaran kripto di antaranya adalah kedai kopi, kedai subway, dan tokonya yang bernama Wok in a Box. Tak hanya itu, bisnis layanan OTR yang lainnya juga akan menyusul pembayaran menggunakan kripto. 

Demi melancarkan fasilitas proses pembayaran kripto di berbagai tokonya, On The Run telah bermitra dengan Crypto.com untuk menggunakan layanan Pay Merchant yang disediakan Crypto.com.

On The Run yang telah berusia 38 tahun ini hadir di 160 lokasi di seluruh Australia Selatan dan Victoria. Hal tersebut akan memungkinkan lebih dari 9,3 juta orang yang saat ini tinggal di zona ini dapat melakukan pembayaran menggunakan kripto. Selain itu, pada saat yang sama, memungkinkan adopsi kripto untuk berkembang secara signifikan.

Ketua Eksekutif Peregrines, perusahaan induk On The Run, Yasser Shahin mengatakan tingkat adopsi kripto di Australia memberikan perusahaan tersebut peluang. 

“Pertumbuhan dan penerimaan arus utama adopsi cryptocurrency di Australia dan seluruh dunia sangat fenomenal, dan telah menawarkan kami peluang yang jelas untuk memanfaatkan momentum ruang yang tumbuh cepat ini untuk kepentingan pelanggan kami,” ujar Shahin, dikutip dari Yahoo Finance, Minggu (24/4/2022). 

Sebagai perusahaan pertukaran kripto, kemitraannya dengan OTR menjadi yang kedua di Australia. Sebelumnya, pertukaran kripto ini menandatangani kontrak lima tahun dengan Australian Football League.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Twitter Akan Bayar Pengguna dalam Bentuk Stablecoin

Sebelumnya, raksasa Fintech, Stripe terjun ke dunia kripto dengan fitur yang memungkinkan bisnis untuk membayar penggunanya melalui cryptocurrency. Langkah ini akan dimulai dengan salah satu media sosial populer, Twitter. 

Perusahaan pembayaran online senilai USD 95 miliar atau setara Rp 1,3 kuadriliun mengatakan pada Jumat mereka akan mulai menawarkan kepada pedagang kemampuan untuk melakukan pembayaran dalam kripto melalui stablecoin USDC, yang dikeluarkan oleh perusahaan kripto Circle. 

Stablecoin adalah token yang dipatok ke mata uang fiat untuk mempertahankan harga yang stabil. Dalam kasus USDC, seperti namanya, cryptocurrency didukung oleh dolar AS.

Twitter akan menjadi perusahaan pertama yang mengintegrasikan metode pembayaran baru ini. Mulai Jumat, platform media sosial yang akhir-akhir ini menjadi bahan pembicaraan banyak orang tentang kemungkinan pengambilalihan oleh CEO Tesla Elon Musk akan memungkinkan sejumlah pembuat konten menerima penghasilan mereka dari fitur Ticketed Spaces dan Super Follows berbayar di USDC.

Pengguna yang memenuhi syarat dari program Ticketed Spaces dan Super Follows Twitter akan dapat menerima penghasilan mereka dari perusahaan dalam Stablecoin. 

Fitur pembayaran kripto nantinya akan berjalan di jaringan Polygon, yang disebut solusi “Lapisan 2” yang berada di atas jaringan Ethereum untuk menangani transaksi lebih cepat dan dengan biaya lebih rendah. 

Ini adalah dorongan signifikan pertama Stripe ke kripto sejak menjatuhkan dukungan untuk bitcoin empat tahun lalu.

3 dari 4 halaman

Tampilan Fitur Baru

Perusahaan rintisan yang berbasis di San Francisco ini sempat berhenti menerima pembayaran melalui bitcoin pada Januari 2018 karena perubahan harga yang fluktuatif dan kurangnya efisiensi dalam melakukan transaksi sehari-hari.

Namun, sejak saat itu perusahaan itu kembali meluluhkan hati pada kripto hingga akhirnya memunculkan fitur baru ini. 

“Sebagai hasilnya, kami telah mengeksplorasi cara untuk menggunakan platform berbasis cryptocurrency untuk membuka akses yang lebih luas,” kata manajer produk di unit kripto Stripe, Karan Sharma, dikutip dari CNBC, Sabtu, 23 April 2022.

“Kami berencana untuk menambahkan dukungan untuk rel tambahan dan mata uang pembayaran dari waktu ke waktu,” lanjut dia. 

Stripe bukan satu-satunya perusahaan yang membuka platformnya untuk mata uang digital. Perusahaan pembayaran lainnya seperti Visa, Mastercard, dan PayPal, serta pemroses pembayaran utama lainnya, semuanya telah mengumumkan langkah mereka untuk mulai masuk ke industri kripto.

4 dari 4 halaman

Binance Hapus Emoji Twitter yang Disebut Mirip Logo Swastika

Sebelumnya, pertukaran cryptocurrency Binance menghapus dan mendesain ulang emoji di Twitter, setelah protes dari pengguna yang menunjukkan emoji itu tampak seperti swastika.

Twitter terkadang mengizinkan beberapa merk merancang emoji khusus mereka sendiri untuk disertakan dalam tagar untuk mempromosikan bisnis mereka. Dalam hal ini, Binance meluncurkan emoji untuk beberapa tagar, termasuk #Binance, #BNB, dan #BitcoinButton.

Emoji terkait untuk tagar ini menggambarkan sebuah blok dengan logo binance yang dikelilingi oleh empat lengan berpiksel yang masing-masing ditekuk pada sudut kanan, mirip dengan simbol swastika.

Pengguna Twitter dengan cepat mengetahui kemiripannya dengan swastika. “Logo Binance baru adalah emoji swastika literal,” tulis seorang pengguna, dikutip dari CNBC, Sabtu, 23 April 2022.

Pengguna lain menyoroti pentingnya hari yang dipilih Binance untuk meluncurkan emoji 20 April, bersamaan dengan ulang tahun Adolf Hitler.

Simbol Binance tidak dimiringkan, menunjukkan itu mungkin terinspirasi oleh simbolisme Asia digunakan untuk mewakili spiritualitas dalam agama Hindu dan Buddha daripada lambang partai Nazi Jerman yang dihapuskan pada 1945.

Binance telah secara resmi menghapus emoji dan menggantinya dengan yang baru yang lebih mirip koin.

"Yah, itu jelas sangat memalukan," tulis perusahaan itu di Twitter.

"Kami tidak yakin bagaimana emoji itu melewati beberapa lapisan ulasan tanpa ada yang memperhatikan, tetapi kami segera menandai masalah tersebut, menariknya ke bawah, dan desain emoji baru sedang diluncurkan saat kami berbicara,” kata Binance.

Menurut data CoinGecko, Binance didirikan pada 2017 oleh pengusaha Cina-Kanada Changpeng Zhao, Binance adalah pertukaran mata uang digital terbesar di dunia, menangani lebih dari USD 18 miliar atau sekitar Rp 260,4 triliun dalam volume perdagangan dalam satu hari. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.