Sukses

Mengenal Apa Itu DGB Coin, Token Kripto Blockchain Publik DigiByte

DigiByte (DGB) adalah cryptocurrency proof-of-work (PoW).

Liputan6.com, Jakarta - DigiByte (DGB) adalah cryptocurrency proof-of-work (PoW), di mana penambang memperoleh token untuk memvalidasi blok via hadiah blok.

Seperti dilansir dari situs resminya, Sabtu (23/4/2022) DGB merupakan kripto dari blockchain sumber terbuka dan platform pembuatan aset bernama DigiByte.

DigiByte mulai dikembangkan pada Oktober 2013 dan blok genesis dari token DGB-nya ditambang pada Januari 2014 sebagai suatu fork dari bitcoin (BTC).

Sebagai sebuah blockchain publik dan kripto yang sudah lama berdiri, DigiByte menggunakan lima algoritma berbeda untuk meningkatkan keamanan, kapasitas, dan kecepatan transaksi dari blockchain Bitcoin.

DigiByte terdiri dari tiga lapisan: smart contract "App Store", buku besar publik, dan protokol inti yang menampilkan node yang berkomunikasi untuk menyampaikan transaksi.

Pada Januari 2014, 0,5 persen dari total suplai DGB (105 juta koin) telah ditambang sebelumnya. Sebesar 50 persen dari hasil tambang tersebut dicadangkan untuk tujuan pengembangan, sedangkan sisanya diberikan.

DGB memiliki batas suplai jelas sebesar 21 miliar token, dengan penambangan membentuk kurva emisi dengan penerbitan yang menurun berkurang 1 persen setiap bulan.

DigiByte telah menyatakan bahwa mereka sengaja tidak mencoba mengumpulkan dana atau memberikan token melalui instrumen seperti penawaran koin awal (ICO) atau penjualan token serupa.

DGB adalah altcoin yang dapat diperdagangkan secara bebas dan tersedia di banyak bursa. Pasangan perdagangannya juga tersedia untuk cryptocurrency, stablecoin, dan mata uang fiat.

Pendiri DigiByte

DigiByte diciptakan oleh Jared Tate, juga dikenal sebagai "DigiMan," yang mengawasi metamorfosisnya dari pengembangan hingga susunannya saat ini sebelum mengumumkan bahwa dia akan pensiun sementara dari posisinya pada Mei 2020.

Tate sejak itu telah kembali, dan pada September 2020 sekali lagi tampaknya terlibat erat dengan pertumbuhan DigiByte. Biografi Tate menyatakan, dia terlibat dengan Bitcoin mulai 2012 dan seterusnya. 

Operasi DigiByte tidak hanya bergantung pada pengembang, tetapi juga DigiByte Foundation, organisasi relawan yang bertugas mengawasi pelestarian proyek ini. Kelompok relawan, DigiByte Awareness Team, bertanggung jawab atas kegiatan pemasaran dan promosi.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keunikan dan Harga

DigiByte adalah sebuah modifikasi dari Bitcoin yang bertujuan untuk mendiversifikasi kemungkinan atas keamanan, kecepatan, dan kapasitas.

Wujud pertamanya adalah sebagai blockchain sumber terbuka dan cryptocurrency terkait DGB. Jaringan ini memiliki lima algoritma terpisah yang membantu menjaga keamanan dan membantu mencegah penambang ASIC menguasai terlalu banyak daya.

Kemudian, penawaran lain, DigiAssets muncul, dengan DGB sebagai token aslinya. DigiAssets menarik bagi para pengembang yang ingin meluncurkan aset digital, aplikasi terdesentralisasi (DApps), dan mengodekan smart contract terkait yang diperlukan.

Semua struktur tata kelola untuk DigiByte dijalankan secara sukarela, sejalan dengan tesis bahwa jaringan ini harus bersumber terbuka dan dapat diakses publik. 

Harga DGB

Berdasarkan data Coinmarketcap, Sabtu (23/4/2022), harga DGB adalah Rp 351,13 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 432.230.214.253.

DGB naik 2,72 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 148 dengan kapitalisasi pasar Rp 5.363.460.223.312. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 15.274.942.997 DGB dari maksimal suplai 21 miliar DGB Coin

3 dari 4 halaman

Mengenal Apa Itu eCash (XEC) Kripto

Sebelumnya, eCash (XEC) adalah versi baru dari Bitcoin Cash ABC (BCHA), yang merupakan cabang dari Bitcoin (BTC) dan Bitcoin Cash (BCH). ECash menyebut dirinya sebagai cryptocurrency yang dirancang untuk digunakan sebagai uang elektronik. 

Dilansir dari Coinmarketcap, eCash secara ketat bertujuan untuk menjadi sarana transaksi yang digunakan untuk membayar barang dan jasa. Koin itu diganti namanya pada 1 Juli 2021, dan sejak itu mencoba membedakan dirinya dari pendahulunya. 

Unit dasar eCash disebut “bit” dan menggantikan tempat desimal Bitcoin Cash ABC yang berat. Alih-alih mengirim 0,00001000 BTC, pengguna dapat mengirim 10 bit dengan eCash. eCash mengintegrasikan lapisan konsensus proof-of-stake (PoS) yang disebut “Avalanche,” tetapi berbeda dengan blockchain Avalanche (AVAX) yang banyak dikenal. 

Setelah rebranding, eCash mengumumkan mereka akan mengubah semua koin BCHA menjadi XEC dengan rasio satu banding satu juta.

Siapa Pendiri eCash?

ECash (XEC) dipimpin oleh pengembang utamanya Amaury Sechet, yang merupakan pengembang utama Bitcoin Cash (BCH) dan membentuk blockchain tersebut untuk membentuk pendahulu eCash, Bitcoin Cash ABC (BCHA). 

Hal itu terjadi pada 15 November 2020. Sechet kemudian memutuskan untuk mengubah citra Bitcoin Cash ABC untuk membangun identitas merek baru untuk eCash.

Harga eCash (XEC)

Berdasarkan data Coinmarketcap, Jumat, 22 April 2022, harga XEC adalah Rp 1,31 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 1.370.937.622.056.

XEC turun 1,57 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 58 dengan kapitalisasi pasar Rp 24.917.432.704.694. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 19.039.235.923.313 XEC dari maksimal suplai 21 triliun XEC.

4 dari 4 halaman

Mengenal FIO Coin, Token Kripto Protokol Blockchain FIO

Sebelumnya, FIO Protocol (FIO) adalah protokol blockchain yang bertujuan untuk memungkinkan cara yang lebih baik dalam mengirim atau menerima koin dan token. FIO Coin atau Token FIO adalah token utilitas asli dari infrastruktur blockchain proyek, FIO Chain dan digunakan untuk “gas fee” transaksi dan tata kelola on-chain.

Dilansir dari Coinmarketcap, Kamis, 21 April 2022, rantai FIO menggunakan sistem Delegated Proof-of-Stake (DPoS) untuk mencapai konsensus jaringan blockchain. Produser Blok dipilih oleh pemegang token FIO melalui voting on-chain. Siapapun dapat mendaftar untuk menjadi Produser Blok dan menghasilkan blok jika mereka menerima suara yang cukup.

Protokol FIO akan didukung oleh token utilitas (FIO). Token FIO akan digunakan untuk membayar transaksi yang diproses melalui Rantai FIO. Untuk menyimpan token atau alamat domain FIO, pengguna hanya memerlukan pasangan kunci privat atau publik, dan semua transfer dapat dilakukan dengan menggunakan kunci publik FIO. 

Hal ini memungkinkan dukungan Token FIO tanpa fungsi khusus apa pun. Token FIO mendukung standar SLIP-44. Ketika pengguna memilih untuk mengembalikan frase awal dari satu dompet ke dompet lainnya, Token FIO serta Alamat dan Domain FIO akan dipulihkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.