Sukses

Deretan Kripto Ini Berpotensi Melemah Selama Akhir Pekan Ketiga April 2022

Berikut deretan kripto yang berpotensi melemah selama akhir pekan ketiga April 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Selama pekan ketiga April 2022, pasar kripto cukup mengalami gejolak harga yang cukup kuat. Beberapa kripto jajaran teratas beberapa kali alami pantulan dari zona merah ke zona hijau, kemudian alami koreksi yang membuat pasar kripto kembali ke zona merah. 

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono mengatakan, market secara keseluruhan masih akan mengalami penurunan yang signifikan yang dimulai sejak awal April. Bitcoin masih menjadi patok untuk pergerakan koin lainnya. Saat ini BTC, sedang mencoba untuk pullback setelah harga mengalami titik jenuh. 

"Pada pekan ini, harga BTC masih tertahan di area support kuatnya, yaitu kisaran USD 39.000 sampai USD 40.000. Kalau area ini mengalami breakdown skenario terburuknya harga BTC bisa terus anjlok menyentuh ke USD 36.000 hingga USD 37.000. Sementara, skenario bullish BTC harus bisa menembus resistensi harga di USD 43.000 sampai USD 44.000," ujar Afid, dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (23/4/2022).

Di tengah kondisi market saat ini, Afid memberikan beberapa deretan kripto yang berpotensi melemah selama akhir pekan ketiga April 2022. Adapun deretannya sebagai berikut. 

1. JasmyCoin (JASMY)

JasmyCoin adalah token kripto asli dari jaringan Jasmy, platform Internet of Things (IoT) yang bertujuan untuk mengembangkan infrastruktur yang memungkinkan siapa saja menggunakan data dengan aman. Token JASMY dapat digunakan untuk membayar penyimpanan data dan jenis layanan serupa lainnya yang ditawarkan oleh jaringan Jasmy.

Afid menuturkan, JASMY kemungkinan besar akan masuk ke fase bearish pada pekan ini. 

“JASMY sudah membentuk pola reverse cup and handle. Penurunan terjadi sekitar 28 persen dengan nilai terendah sampai USD 0,02,” kata Afid. 

2. Origin Protocol (OGN)

Origin Protocol (OGN) adalah token Ethereum yang mendukung platform Origin, yang bertujuan untuk memperkuat pasar yang terdesentralisasi dan peer-to-peer. OGN dapat digunakan untuk mempertaruhkan, mengatur, dan beriklan di platform Origin.

Menurut Afid, OGN bisa tersungkur ke fase bearish pada pekan ini. “Nilai OGN diperkirakan akan turun pada pekan ini. Namun, akan terkoreksi naik sedikit, tapi tetap akan terus anjlok.”

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

FraxShare hingga Uniswap

3. Frax Share (FXS)

Frax Protocol adalah sistem stablecoin algoritma pecahan pertama di jaringan blockchain. Frax memiliki sifat open-source, mudah digunakan, dan sepenuhnya on-chain yang saat ini diimplementasikan di Ethereum.

Afid melihat dari analisis teknikal FXS kemungkinan masuk fase bearish pada pekan ini. Terlihat FXS akan mengalami peningkatan sedikit atau koreksi, namun akan terus tersungkur hingga 16 persen. 

4. Astar (ASTR)

Astar Network adalah hub dApp multi-rantai di Polkadot. Platform ini menawarkan kepada pengguna berbagai fitur yang mencakup staking dApps, solusi L2, dan X-VM (Cross Virtual Machine) yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM).

ASTR adalah token utilitas dan tata kelola Astar, digunakan untuk kasus penggunaan biaya transaksi, tata kelola, network staking, dApp staking dan implementasi layer-2. ASTR kemungkinan besar masuk ke fase bearish. Afid menerangkan ASTR akan mengalami penurunan sekitar 15 persen, meski akan terkoreksi dalam waktu singkat.

5. Uniswap (UNI)

Uniswap adalah perdagangang terdesentralisasi (DEX) terbesar yang beroperasi di blockchain Ethereum. Ini memungkinkan pengguna di mana saja di dunia untuk berdagang kripto tanpa perantara. UNI, token tata kelola yang memungkinkan pengguna untuk memberikan suara pada perubahan protokol utama.

Afid menuturkan, UNI bisa masuk ke fase bearish pada pekan ini dilihat dari analisis teknikal akan terjadi penurunan hingga 7 persen. Pergerakan UNI juga sudah membentuk pola reverse cup and handle yang berarti kemungkinan besar akan masuk zona bearish.

 

 

3 dari 4 halaman

Hacker Korea Utara Curi Kripto Rp 25,1 Triliun

Sebelumnya, kelompok peretas yang terkait dengan pemerintah Korea Utara, Lazarus Group telah mencuri cryptocurrency senilai USD 1,75 miliar atau sekitar Rp 25,1 triliun dalam beberapa tahun terakhir.

Data tersebut menurut sebuah perusahaan yang melacak transaksi mata uang digital, Chainalysis. Grup peretas tersebut juga baru-baru ini menjadi dalang pencurian kripto kedua terbesar di dunia yang dialami oleh game Axie Infinity senilai USD 620 juta atau sekitar Rp 8,9 triliun. 

Hal tersebut disampaikan oleh FBI, menyalahkan peretas yang terkait dengan pemerintah Korea Utara karena mencuri lebih dari USD 600 juta dalam mata uang kripto bulan lalu dari sebuah perusahaan video game yang terbaru dalam serangkaian perampokan dunia maya yang berani terkait dengan Pyongyang.

"Melalui penyelidikan kami, kami dapat mengonfirmasi Lazarus Group dan APT38, aktor siber yang terkait dengan DPRK, bertanggung jawab atas pencurian USD 620 juta di Ethereum yang dilaporkan pada 29 Maret," kata FBI dalam sebuah laporan dikutip dari CNN, Jumat, 22 April 2022.

DPRK sendiri adalah singkatan dari nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea. 

FBI mengacu pada peretasan jaringan komputer baru-baru ini yang dialami oleh Axie Infinity, sebuah video game yang memungkinkan pemain mendapatkan cryptocurrency. 

Sky Mavis, perusahaan yang menciptakan Axie Infinity, mengumumkan pada 29 Maret peretas tak dikenal telah mencuri sekitar USD 600 juta dari "jembatan" atau jaringan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim cryptocurrency dari satu blockchain ke blockchain lainnya.

Departemen Keuangan AS memberi sanksi kepada Lazarus Group, sekelompok besar peretas yang diyakini bekerja atas nama pemerintah Korea Utara. Departemen Keuangan menyetujui "dompet" atau alamat cryptocurrency tertentu, yang digunakan untuk menguangkan peretasan Axie Infinity.

4 dari 4 halaman

Serangan Siber

Serangan siber telah menjadi sumber pendapatan penting bagi rezim Korea Utara selama bertahun-tahun karena pemimpinnya, Kim Jong Un, terus mengejar senjata nuklir, menurut panel PBB dan pakar keamanan siber luar.

Korea Utara bulan lalu menembakkan apa yang diyakini sebagai rudal balistik antarbenua pertamanya dalam lebih dari empat tahun.

Para peneliti di Google bulan lalu mengungkapkan dua dugaan kampanye peretasan Korea Utara yang berbeda yang menargetkan media AS dan organisasi TI, serta sektor cryptocurrency dan teknologi keuangan.

Google memiliki kebijakan untuk memberi tahu pengguna yang menjadi sasaran peretas yang disponsori suatu negara. 

Pemimpin Grup Analisis Google, Shane Huntley, mengatakan jika pengguna Google memiliki "tautan apa pun untuk terlibat dalam Bitcoin atau cryptocurrency" dan mereka mendapat peringatan tentang peretasan yang didukung negara dari Google, itu hampir selalu berakhir dengan aktivitas Korea Utara. 

"Tampaknya ini merupakan strategi berkelanjutan bagi mereka untuk melengkapi dan menghasilkan uang melalui kegiatan ini," pungkas Huntley. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.