Sukses

Harga Kripto Hari Ini Sabtu 23 April 2022: Terra Pimpin Penguatan

Pasar kripto masih kompak berada di zona merah pada perdagangan Sabtu (23/4/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki akhir pekan ketiga April 2022, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau masih mengalami pergerakan harga yang seragam, Sabtu pagi (23/4/2022). Seluruh kripto jajaran teratas yang sebelumnya menguat, kini harus kembali melemah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) masih melemah 2,80 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,89 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 39.640,53 per koin atau setara Rp 573,5 juta (asumsi kurs Rp 14.470 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih melemah sejak kemarin. Selama 24 jam terakhir, ETH merosot 1,78 persen dan 2,42 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.955,50 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang pagi ini masih melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 0,19 persen dan 2,40 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 406,54 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) juga masih berada di zona merah hari ini. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 0,31 persen dan 5,09 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,9042 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih melemah sejak kemarin. Sepanjang satu hari terakhir SOL ambles 1,10 persen dan 0,22 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 100,6e per koin.

XRP juga masih bertahan di zona merah hari ini. Dalam satu hari terakhir, XRP turun 2,18 persen dan 7,64 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,7204 per koin. 

Terra (LUNA) berhasil menguat di tengah kripto lain yang melemah. Terra naik 2,11 persen dalam 24 jam terakhir dan 15,60 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 93,00 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat sebesar 0,01 persen. Dengan begitu, USDT kini dibanderol dengan harga USD 1,00. Sedangkan USDC berhasil kembali ke harga USD 1,00.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasar Kripto Loyo Tersengat Sentimen The Fed

Sebelumnya, bitcoin  (BTC) mundur dari tertinggi pada Kamis di USD 42.965 atau sekitar Rp 617,4 juta. Namun cryptocurrency menunjukkan tanda-tanda peningkatan momentum, menurut beberapa indikator teknis, yang dapat mendukung kenaikan lebih lanjut menuju USD 47.000 USD 50.000.

Pada perdagangan Jumat, 22 April 2022, kripto terbesar, Bitcoin runtuh ke harga USD 40.527 turun sekitar 2,37 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan Ethereum turun 2,98 persen dalam periode yang sama, membuat ETH diperdagangkan di harga USD 2.986. 

Dilansir dari CoinDesk, Jumat, 22 April 2022, penurunan itu menyusul pengumuman the Fed  pada Kamis. Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan menaikkan suku bunga acuan AS sebesar 50 basis poin (0,5 poin persentase) "akan dibahas" untuk pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) berikutnya pada Mei. 

Sejauh ini, kebijakan moneter yang lebih ketat telah menjadi hambatan bagi aset spekulatif seperti saham dan cryptocurrency tahun ini.

Cryptocurrency alternatif (Altcoin) melanjutkan keunggulan mereka relatif terhadap Bitcoin pada Kamis, menunjukkan selera risiko yang lebih besar di antara para pedagang. Misalnya, token TRX Tron melonjak 14 persen, dibandingkan dengan kinerja datar BTC selama periode yang sama. Token GRT Grafik juga naik sebanyak 6 persen.

Namun, hari ini semua Altcoin runtuh mengikuti Bitcoin menyusul pengumuman The Fed. Dengan penurunan paling parah dialami Solana (SOL) dengan penurunan 4,06 persen dibandingkan Altcoin lainnya yang turun di kisaran 2 sampai 3 persen. 

 

3 dari 4 halaman

Hacker Korea Utara Curi Kripto Rp 25,1 Triliun

Sebelumnya, kelompok peretas yang terkait dengan pemerintah Korea Utara, Lazarus Group telah mencuri cryptocurrency senilai USD 1,75 miliar atau sekitar Rp 25,1 triliun dalam beberapa tahun terakhir.

Data tersebut menurut sebuah perusahaan yang melacak transaksi mata uang digital, Chainalysis. Grup peretas tersebut juga baru-baru ini menjadi dalang pencurian kripto kedua terbesar di dunia yang dialami oleh game Axie Infinity senilai USD 620 juta atau sekitar Rp 8,9 triliun. 

Hal tersebut disampaikan oleh FBI, menyalahkan peretas yang terkait dengan pemerintah Korea Utara karena mencuri lebih dari USD 600 juta dalam mata uang kripto bulan lalu dari sebuah perusahaan video game yang terbaru dalam serangkaian perampokan dunia maya yang berani terkait dengan Pyongyang.

"Melalui penyelidikan kami, kami dapat mengonfirmasi Lazarus Group dan APT38, aktor siber yang terkait dengan DPRK, bertanggung jawab atas pencurian USD 620 juta di Ethereum yang dilaporkan pada 29 Maret," kata FBI dalam sebuah laporan dikutip dari CNN, Jumat, 22 April 2022.

DPRK sendiri adalah singkatan dari nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea. 

FBI mengacu pada peretasan jaringan komputer baru-baru ini yang dialami oleh Axie Infinity, sebuah video game yang memungkinkan pemain mendapatkan cryptocurrency. 

Sky Mavis, perusahaan yang menciptakan Axie Infinity, mengumumkan pada 29 Maret peretas tak dikenal telah mencuri sekitar USD 600 juta dari "jembatan" atau jaringan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim cryptocurrency dari satu blockchain ke blockchain lainnya.

Departemen Keuangan AS memberi sanksi kepada Lazarus Group, sekelompok besar peretas yang diyakini bekerja atas nama pemerintah Korea Utara. Departemen Keuangan menyetujui "dompet" atau alamat cryptocurrency tertentu, yang digunakan untuk menguangkan peretasan Axie Infinity.

 

4 dari 4 halaman

Serangan Siber

Serangan siber telah menjadi sumber pendapatan penting bagi rezim Korea Utara selama bertahun-tahun karena pemimpinnya, Kim Jong Un, terus mengejar senjata nuklir, menurut panel PBB dan pakar keamanan siber luar.

Korea Utara bulan lalu menembakkan apa yang diyakini sebagai rudal balistik antarbenua pertamanya dalam lebih dari empat tahun.

Para peneliti di Google bulan lalu mengungkapkan dua dugaan kampanye peretasan Korea Utara yang berbeda yang menargetkan media AS dan organisasi TI, serta sektor cryptocurrency dan teknologi keuangan.

Google memiliki kebijakan untuk memberi tahu pengguna yang menjadi sasaran peretas yang disponsori suatu negara. 

Pemimpin Grup Analisis Google, Shane Huntley, mengatakan jika pengguna Google memiliki "tautan apa pun untuk terlibat dalam Bitcoin atau cryptocurrency" dan mereka mendapat peringatan tentang peretasan yang didukung negara dari Google, itu hampir selalu berakhir dengan aktivitas Korea Utara. 

"Tampaknya ini merupakan strategi berkelanjutan bagi mereka untuk melengkapi dan menghasilkan uang melalui kegiatan ini," pungkas Huntley. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.