Sukses

Tertarik Dunia NFT? Begini Tips dari Kreator Lokal

Melihat besarnya potensi NFT di Indonesia, Arya dan Isha memberikan tips bagi para kreator NFT lokal yang ingin menjajal dunia NFT.

Liputan6.com, Jakarta - Non Fungible Token (NFT) jadi hal yang populer belakangan ini baik secara global maupun lokal.  Di Indonesia, popularitas NFT semakin didorong dengan ada fenomena Ghozali Everyday. Selain itu, Indonesia juga tak kalah memiliki seniman atau kreator NFT yang karya-karyanya terkenal. 

Beberapa di antaranya adalah Isha Hening dan Arya Mularama yang sudah cukup lama bergelut di dunia NFT. Keduanya saat ini sedang berkolaborasi dalam kampanye bersama salah satu merek otomotif, Mercedes Benz untuk meluncurkan dua buah NFT.  

Melihat besarnya potensi NFT di Indonesia, Arya dan Isha memberikan tips bagi para kreator NFT lokal yang ingin menjajal dunia NFT.

Menurut Arya, karena NFT berfokus pada karya, kreator NFT harus fokus pada karya-karya yang dibuat.

"Fokus ke karya, jangan terlalu berekspektasi soal profit dari NFT. Karena NFT yang dijual produknya adalah karya," ujar Arya dalam acara kolaborasi NFT bersama Mercedes Benz di Jakarta, Jumat (22/4/2022). 

Selain itu Arya menuturkan, kreator NFT harus setidaknya mempelajari cara menjual NFT sendiri. "Selain berkarya, kita harus belajar memasarkan produk sendiri. Hal itu bisa berhubungan personal branding dan baik di sosial media," lanjur dia. 

Di sisi lain, Isha mengatakan tips yang terpenting adalah konsistensi dan mempelajari teknis dari platform. 

"Secara general kita harus konsistensi dan mempelajari teknis dari platform NFT, kita harus belajar juga soal itu," kata Isha. 

Bagi keduanya NFT menjadi outlet baru bagi mereka yang memiliki passion sebagai seniman, terutama dengan sistem nya yang cukup menguntungkan kreator.  

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jajaki NFT

Sebelumnya, salah satu merek otomotif Mercedes Benz mulai memasuki dunia NFT. Hal tersebut ditandai dengan peluncuran kampanye Mercedes-Benz road to F.A.M.E. 

F.A.M.E sendiri merupakan singkatan dari Fashion, Art, Music, dan Experience. Dalam soal Art, Mercedes-Benz berencana meluncurkan dua koleksi NFT dari mobil A-Class Sedan Mercedes-Benz.  Kedua NFT ini akan digarap oleh kreator NFT lokal yang telah cukup lama berkecimpung di industri NFT. 

Deputy Director Marketing Communication dan PR Mercedes-Benz, Hari Arifianto menuturkan, inisiatif ini adalah salah satu cara Mercedes-Benz memberikan pengalaman baru bagi para konsumennya. 

"Mercedes-Benz A-Class Sedan ini kita lihat memiliki kesamaan karakter dengan digitalisasi. Maka dari itu, touch point-nya berkaitan dengan fashion, art, music, dan experience. Jadi melalui NFT inilah pintu masuknya," ujar Hari di Jakarta, Jumat (22/4/2022). 

Hasil dari penjualan NFT ini sebagian akan digunakan untuk mengembangkan industri NFT di Indonesia. 

"Jadi hasil dana nantinya tidak hanya untuk Mercedes-Benz, tapi juga untuk mengembangkan industri NFT di Indonesia. Karena kita melihat potensinya yang cukup besar di Indonesia," ujar dia. 

Adapun dalam proyek ini Mercedes-Benz berkolaborasi dengan kreator NFT lokal yang telah berpengalaman yaitu Isha Hening dan Arya Mularama. 

Arya mengungkapkan, dirinya senang ketika diajak berkolaborasi dengan Mercedes-Benz dalam proyek NFT ini. 

"Tentunya senang dan bangga bisa diajak kolaborasi oleh Mercedes-Benz salah satu brand top mobil. Semoga saya bisa bikin NFT yang paling bagus dalam proyek ini," kata Arya. 

Di sisi lain Isha juga mengungkapkan hal serupa. "Yang pasti senang, bangga, dan ingin memberikan hasil NFT yang maksimal," tutur Isha. 

Meskipun begitu belum diketahui pasti kapan tanggal pasti perilisan dari kedua NFT tersebut dan akan dijual melalui marketplace NFT mana. 

"Belum tahu tanggal pasti perilisan NFT karena kan kreator tidak bisa diburu-buru, tapi diusahakan dalam waktu 1-2 bulan ke depan proyek NFT-nya sudah selesai," pungkas Hari. 

 

 

3 dari 4 halaman

Hyundai Motor Akan Rilis NFT Berbasis Komunitas, Pertama di Antara Produsen Mobil

Sebelumnya, Hyundai Motor Company pada Senin, 18 April 2022 mengumumkan mereka akan memasuki pasar Non Fungible Token (NFT) berbasis komunitas online dan menjalin kerja sama dengan merek NFT 'Meta Kongz'.

Informasi tersebut disampaikan Hyundai melalui pengumuman dalam situs resmi perusahaan. Hyundai Motor adalah pembuat mobil pertama yang memasuki pasar NFT dengan komunitas NFT-nya sendiri, termasuk situs web resmi Hyundai NFT, saluran di Discord dan Twitter. 

Komunitas NFT Hyundai akan memberi penggunanya pengalaman merek Hyundai di metaverse dengan berbagi NFT yang menggambarkan solusi mobilitasnya. Saluran Hyundai NFT Discord dan Twitter telah dibuka pada 15 April, dan situs web resmi NFT dijadwalkan akan segera dibuka pada Mei.

Dengan menyediakan saluran khusus untuk komunitas NFT Hyundai, perusahaan akan terus mengelola nilai aset NFT-nya. Platform online akan menyediakan saluran komunikasi 24/7 terbuka antara perusahaan dan anggota komunitas, dengan pembaruan real-time pada nilai aset NFT-nya.

Pada hari yang sama dengan pengumuman, perusahaan tersebut merilis sebuah film pendek yang memperkenalkan konsep alam semesta Hyundai NFT 'Metamobility universe,' yang mencerminkan konsep 'Metamobility' yang terungkap di CES 2022.

Dalam film tersebut, karakter gorila 'Meta Kongz' mengemudi PONY Hyundai klasik dan modern. menafsirkan ulang seri warisan PONY dari bumi ke bulan, memvisualisasikan bagaimana solusi mobilitas dapat melampaui ruang dan waktu. Di akhir film juga memberikan bocoran NFT berbentuk bintang jatuh yang akan dirilis pada Mei.

4 dari 4 halaman

Keluarkan NFT Terbatas

Hyundai Motor juga akan mengeluarkan 30 NFT edisi terbatas 'Hyundai x Meta Kongz' pada 20 April untuk memperingati perilisan film tersebut. 

Proyek NFT Hyundai akan dilanjutkan sepanjang tahun untuk terus memperluas jagat raya NFT Hyundai. Keuntungan dari penjualan NFT Hyundai akan digunakan untuk manajemen proyek dan anggota masyarakat.

Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor, Thomas Schemera mengatakan dengan NFT Hyundai akan memberikan pengalaman luas dan sebagai komitmen berinovasi. 

“Hyundai NFT Universe akan memperluas pengalaman merek Hyundai, terutama dengan generasi MZ, dengan cara yang benar-benar baru, semakin memperkuat komitmen kami terhadap inovasi baik di dunia nyata maupun di metaverse,” ujar Schemera dalam pengumuman perusahaan, dikutip Rabu (20/4/2022). 

Hyundai Motor Company berbagi visinya tentang konsep 'Metamobilitas' di CES 2022 dengan tujuan merintis koneksi perangkat-metaverse pintar yang akan memperluas peran mobilitas ke realitas virtual (VR), yang pada akhirnya memungkinkan orang mengatasi keterbatasan fisik gerakan dalam ruang dan waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.