Jajaki NFT, Mercedes Benz Gaet Dua Kreator Lokal

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 22 Apr 2022, 21:58 WIB
Diperbarui 22 Apr 2022, 21:58 WIB
Mercedes-Benz berkolaborasi dengan kreator NFT lokal yang telah berpengalaman yaitu Isha Hening dan Arya Mularama. (Foto: Liputan6.com/Gagas Y.P)
Perbesar
Mercedes-Benz berkolaborasi dengan kreator NFT lokal yang telah berpengalaman yaitu Isha Hening dan Arya Mularama. (Foto: Liputan6.com/Gagas Y.P)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu merek otomotif Mercedes Benz mulai memasuki dunia NFT. Hal tersebut ditandai dengan peluncuran kampanye Mercedes-Benz road to F.A.M.E. 

F.A.M.E sendiri merupakan singkatan dari Fashion, Art, Music, dan Experience. Dalam soal Art, Mercedes-Benz berencana meluncurkan dua koleksi NFT dari mobil A-Class Sedan Mercedes-Benz. 

Kedua NFT ini akan digarap oleh kreator NFT lokal yang telah cukup lama berkecimpung di industri NFT.  Deputy Director Marketing Communication dan PR Mercedes-Benz, Hari Arifianto menuturkan, inisiatif ini adalah salah satu cara Mercedes-Benz memberikan pengalaman baru bagi para konsumennya. 

"Mercedes-Benz A-Class Sedan ini kita lihat memiliki kesamaan karakter dengan digitalisasi. Maka dari itu, touch point-nya berkaitan dengan fashion, art, music, dan experience. Jadi melalui NFT inilah pintu masuknya," ujar Hari di Jakarta, Jumat (22/4/2022). 

Hasil dari penjualan NFT ini sebagian akan digunakan untuk mengembangkan industri NFT di Indonesia. 

"Jadi hasil dana nantinya tidak hanya untuk Mercedes-Benz, tapi juga untuk mengembangkan industri NFT di Indonesia. Karena kita melihat potensinya yang cukup besar di Indonesia," ujar dia. 

Adapun dalam proyek ini Mercedes-Benz berkolaborasi dengan kreator NFT lokal yang telah berpengalaman yaitu Isha Hening dan Arya Mularama.  Arya mengungkapkan dirinya senang ketika diajak berkolaborasi dengan Mercedes-Benz dalam proyek NFT ini. 

Tentunya senang dan bangga bisa diajak kolaborasi oleh Mercedes-Benz salah satu brand top mobil. Semoga saya bisa bikin NFT yang paling bagus dalam proyek ini," kata Arya. 

Di sisi lain Isha juga mengungkapkan hal serupa.  "Yang pasti senang, bangga, dan ingin memberikan hasil NFT yang maksimal," tutur Isha. 

Meskipun begitu belum diketahui pasti kapan tanggal pasti perilisan dari kedua NFT tersebut dan akan dijual melalui marketplace NFT mana. 

"Belum tahu tanggal pasti perilisan NFT karena kreator tidak bisa diburu-buru, tapi diusahakan dalam waktu 1-2 bulan ke depan proyek NFT-nya sudah selesai," pungkas Hari. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hyundai Motor Akan Rilis NFT Berbasis Komunitas, Pertama di Antara Produsen Mobil

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Perbesar
Ilustrasi NFT

Sebelumnya, Hyundai Motor Company pada Senin, 18 April 2022 mengumumkan mereka akan memasuki pasar Non Fungible Token (NFT) berbasis komunitas online dan menjalin kerja sama dengan merek NFT 'Meta Kongz'.

Informasi tersebut disampaikan Hyundai melalui pengumuman dalam situs resmi perusahaan. Hyundai Motor adalah pembuat mobil pertama yang memasuki pasar NFT dengan komunitas NFT-nya sendiri, termasuk situs web resmi Hyundai NFT, saluran di Discord dan Twitter. 

Komunitas NFT Hyundai akan memberi penggunanya pengalaman merek Hyundai di metaverse dengan berbagi NFT yang menggambarkan solusi mobilitasnya. Saluran Hyundai NFT Discord dan Twitter telah dibuka pada 15 April, dan situs web resmi NFT dijadwalkan akan segera dibuka pada Mei.

Dengan menyediakan saluran khusus untuk komunitas NFT Hyundai, perusahaan akan terus mengelola nilai aset NFT-nya. Platform online akan menyediakan saluran komunikasi 24/7 terbuka antara perusahaan dan anggota komunitas, dengan pembaruan real-time pada nilai aset NFT-nya.

Pada hari yang sama dengan pengumuman, perusahaan tersebut merilis sebuah film pendek yang memperkenalkan konsep alam semesta Hyundai NFT 'Metamobility universe,' yang mencerminkan konsep 'Metamobility' yang terungkap di CES 2022.

Dalam film tersebut, karakter gorila 'Meta Kongz' mengemudi PONY Hyundai klasik dan modern. menafsirkan ulang seri warisan PONY dari bumi ke bulan, memvisualisasikan bagaimana solusi mobilitas dapat melampaui ruang dan waktu. Di akhir film juga memberikan bocoran NFT berbentuk bintang jatuh yang akan dirilis pada Mei.


Bakal Keluarkan NFT Terbatas

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Perbesar
Ilustrasi NFT

Hyundai Motor juga akan mengeluarkan 30 NFT edisi terbatas 'Hyundai x Meta Kongz' pada 20 April untuk memperingati perilisan film tersebut. 

Proyek NFT Hyundai akan dilanjutkan sepanjang tahun untuk terus memperluas jagat raya NFT Hyundai. Keuntungan dari penjualan NFT Hyundai akan digunakan untuk manajemen proyek dan anggota masyarakat.

Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor, Thomas Schemera mengatakan dengan NFT Hyundai akan memberikan pengalaman luas dan sebagai komitmen berinovasi. 

“Hyundai NFT Universe akan memperluas pengalaman merek Hyundai, terutama dengan generasi MZ, dengan cara yang benar-benar baru, semakin memperkuat komitmen kami terhadap inovasi baik di dunia nyata maupun di metaverse,” ujar Schemera dalam pengumuman perusahaan, dikutip Rabu (20/4/2022). 

Hyundai Motor Company berbagi visinya tentang konsep 'Metamobilitas' di CES 2022 dengan tujuan merintis koneksi perangkat-metaverse pintar yang akan memperluas peran mobilitas ke realitas virtual (VR), yang pada akhirnya memungkinkan orang mengatasi keterbatasan fisik gerakan dalam ruang dan waktu.


Volume Perdagangan NFT Global Meningkat Tipis pada Pekan Kedua April 2022

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)
Perbesar
Ilustrasi NFT

Sebelumnya, volume penjualan NFT berhasil sedikit meningkat minggu lalu, karena penjualan melonjak 3,35 persen lebih tinggi dari penjualan minggu sebelumnya. 

Dilansir data dari Bitcoin.com, ditulis Rabu, 20 April 2022, volume penjualan yang berasal dari 15 jaringan blockchain yang berbeda menghasilkan USD 658,4 juta atau sekitar Rp 9,4 triliun dalam penjualan minggu lalu. Tujuh hari yang lalu, pada 10 April, volume penjualan turun 13 persen. 

Ethereum mencatat penjualan USD 562,9 juta, naik 3,74 persen lebih tinggi. Peningkatan persentase volume penjualan terbesar dari semua 15 blockchain, dibandingkan dengan pekan pertama April adalah Polygon, melonjak 106,68 persen dengan penjualan USD 7,3 juta. 

Penjualan NFT berbasis Binance Smart Chain (BSC) melonjak 58,89 persen lebih tinggi minggu lalu, dan penjualan NFT dari Arbitrum meningkat 30,74 persen. Penjualan NFT blockchain Wax turun 39,92 persen selama tujuh hari terakhir dengan USD 2,2 juta.

Koleksi NFT yang meraih volume penjualan teratas minggu lalu adalah Moonbirds karena koleksi NFT mencatat volume penjualan USD 231,9 juta. Volume penjualan terbesar kedua berasal dari koleksi Mutant Ape Yacht Club (MAYC), dengan perolehan USD 26,8 juta.

MAYC diikuti oleh penjualan Bored Ape Yacht Club (BAYC), yang mengumpulkan USD 22,8 juta dalam penjualan dalam tujuh hari terakhir. Koleksi terkenal lainnya yang berhasil masuk ke dalam sepuluh besar koleksi NFT berdasarkan volume penjualan mingguan termasuk kompilasi seperti Azuki, Cryptopunks, Clonex, Imposter Genesis, MOAR, Beanz, dan Doodles.

Statistik lebih lanjut menunjukkan penjualan NFT teratas minggu lalu adalah Cryptopunk 7756, yang dijual seharga 1.050 Ether atau USD 3,2 juta. Bored Ape Yacht Club 8537 dijual seharga 200,69 Ether atau USD 604.854, dan Azuki 9759 dijual seharga 195.3 Wrapped Ether (WETH) atau USD 579.214.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya