Sukses

Harga Bitcoin Turun Lagi, Ini Kata Analis

Harga Bitcoin masih turun Senin (18/4/2022), apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya masih berada di zona merah, Senin (18/4/2022). Beberapa hari terakhir, pasar kripto menunjukkan pergerakan harga yang cukup bergejolak. 

Pekan lalu misalnya, Bitcoin sempat turun di bawah USD 40.000 atau sekitar Rp 574,4 juta kemudian berhasil kembali di atas USD 40.000 dalam waktu singkat, tetapi harus kembali turun. Begitu juga yang dialami Altcoin deretan teratas lainnya. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin siang, harga bitcoin kembali turun yaitu di level USD 38.947,78. Melihat kondisi pasar kripto hari ini, analis Litedex Protocol, Andra mengatakan, sentimen pasar secara on chain mengarah bearish

"Sementara itu untuk data fear and greed index, tingkat kekhawatiran investor terhadap Bitcoin berada di posisi extreme fear yakni di angka 24. secara teknikal, level support 1 Bitcoin berada di USD 37.560, sedangkan support 2 di level USD 34.295. Adapun untuk area resistance 1 di level USD 41.220 dan area resistance 2 berada di level USD 45.180,” ujar Andra kepada Liputan6.com, Senin (18/4/2022).

Selain itu, Andra menjelaskan, data Glassnode, arus inflow dan outflow, aliran BTC yang masuk ke exchange atau inflow sebesar 7,356 BTC, sementara itu, data outflow atau yang keluar dari exchange sebesar 7.565. Hal tersebut dapat diartikan, inflow lebih rendah dari outflow. 

"Dari data teknikal tersebut, BTC diprediksi akan bergerak sidaway di area USD 37.000 hingga USD 39.000,” ujar Andra.

Kemudian, dari sisi fundamental, Andra menjelaskan sentimen negatif tetap hadir dari ketidakpastian akhir konflik Rusia-Ukraina, yang kini justru makin memanas. Selain itu ketatnya kebijakan moneter Bank Sentral Amerika Serikat membuat likuiditas AS makin menipis. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bitcoin dan Kripto Besar Lainnya Stagnan pada Awal Pekan Ketiga April 2022

Sebelumnya, Bitcoin mengawali minggu ketiga April 2022 stagnan dengan bertengger kira-kira di mana ia menghabiskan sebagian besar beberapa hari terakhir, sedikit di atas USD 40.000 atau sekitar Rp 573.7 juta.

Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, Bitcoin pada Senin pagi, 18 April 2022 diperdagangkan sekitar USD 39.928, sedikit turun dari posisinya 24 jam sebelumnya dan hampir sama saat perayaan Jumat Agung dan liburan akhir pekan. 

Ethereum, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, diperdagangkan sekitar USD 2.992, level yang hampir tidak bergerak sejak Senin lalu. Kripto besar lainnya sebagian besar merah, meskipun SOL adalah salah satu dari sedikit pengecualian yang naik sekitar 1 persen. 

Perdagangan selama libur akhir pekan ringan karena investor terus memproses kenaikan inflasi, kemungkinan resesi dan perkembangan terbaru dari konflik Rusia-Ukraina. 

Rusia mendesak maju dengan serangannya ke kota-kota besar Ukraina, termasuk ibu kota Kyiv, dan menuntut penyerahan pelabuhan strategis Mariupol di Laut Hitam ke Tenggara. 

Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk mengatakan pada Minggu diskusi dengan Rusia tentang membangun koridor kemanusiaan bagi warga sipil untuk evakuasi kota-kota besar Ukraina telah gagal.

CEO manajer dana BitBull, Joe DiPasquale pesimis tentang masa kripto pada minggu ini, mencatat dukungan untuk Bitcoin dapat terbentuk jauh di bawah USD 40.000. 

"Hal-hal masih belum terlihat sangat bullish untuk Bitcoin, dan kami terus mencari reaksi di sekitar USD 37.000. Untuk setiap pergerakan ke atas, BTC perlu mengkonsolidasikan sekitar USD 42.000 dalam minggu ini, skenario yang tidak mungkin terjadi tanpa adanya berita atau katalis utama,” ujar DiPasquale dikutip dari CoinDesk, Senin, 18 April 2022.

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 18 April 2022

Sebelumnya, memasuki pekan ketiga April 2022, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau memiliki pergerakan beragam, Senin pagi, 18 April 2022. Namun, mayoritas kripto jajaran teratas masih berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) turun 0,31 persen dalam 24 jam terakhir dan 6,82 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 40.216,48 per koin atau setara Rp 577,7 juta (asumsi kurs Rp 14.366 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) berhasil menguat hari ini di tengah jajaran kripto yang melemah. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 0,30 persen. Namun masih melemah 7,38 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 3.044,15 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juta ikut melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB merosot 0,31 persen dan 3,15 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 413,99 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) mengikuti jejak kripto di deretan atasnya yang juga melemah. Dalam satu hari terakhir ADA turun 0,17 persen dan 11,59 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,9427 per koin.

Adapun solana (SOL) juga berhasil kembali ke zona hijau mengikuti jejak Ethereum. Sepanjang satu hari terakhir SOL naik 0,90 persen, tapi masih melemah 10,36 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 102,88 per koin.

XRP juga bernasib sama dengan mayoritas kripto lainnya. Dalam satu hari terakhir, XRP anjlok 1,05 persen dan 0,24 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,7683 per koin. 

Terra (LUNA) hari ini juga masih anjlok. Terra melemah 0,22 persen dalam 24 jam terakhir dan 15,51 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 80.56 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini juga sama-sama melemah yaitu 0,01 persen. Dengan begitu, USDT diharga USD 1,00 per koin dan USDC berada di level USD 0,9997 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Wali Kota Miami Francis Suarez Siap Adopsi Bitcoin

Sebelumnya, wali kota Miami Francis Suarez memberikan pandangannya soal Bitcoin pada konferensi Bitcoin 2022 yang berlangsung di kotanya minggu lalu. 

Wali kota pro-bitcoin telah memimpin beberapa inisiatif Bitcoin di kota dan negara bagiannya. Gajinya juga sudah dibayar dalam Bitcoin dan pegawai kotanya dapat memilih untuk dibayar dalam Bitcoin.

“Saya perlu mengartikulasikan visi untuk negara ini. Visinya sederhana. Saya menyebutnya: Visi untuk Bitcoin Amerika 2024,” kata Suarez dikutip dari Bitcoin.com, Minggu, 17 April 2022.

Suarez menjelaskan memiliki tiga poin dalam visinya tersebut yaitu yang pertama adalah perlu memilih kandidat pro-bitcoin dan presiden Amerika Serikat berikutnya harus menjadi kandidat pro-bitcoin.

“Karena yang dipertaruhkan adalah undang-undang federal yang dapat mendorong kita ke generasi berikutnya atau dapat membuat kita mundur. Ada satu hal yang tidak boleh dilakukan Amerika Serikat. Amerika Serikat tidak boleh menyetujui apa pun dengan Rusia dan China dalam hal Bitcoin,” ujar Suarez. 

Hal kedua dalam visinya yang perlu lakukan tahun ini adalah mengintegrasikan Bitcoin ke dalam setiap aspek masyarakat. 

“Kami perlu memastikan Anda dapat pergi ke toko serba ada dan membeli Snickers dengan satoshi (satuan terkecil Bitcoin),” ujar Suarez. 

Wali kota Miami Suarez melanjutkan untuk menyoroti poin ketiganya.

“Hal terakhir yang perlu kita lakukan adalah kita perlu melepaskan kekuatan makro Bitcoin. Bitcoin memiliki kekuatan untuk mendemokratisasikan dan menciptakan kekayaan bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank dan bagi orang miskin di komunitas kami yang dihancurkan oleh inflasi dan pengeluaran pemerintah yang merajalela,” tuturnya.

Dalam pidato penutupan, Suarez menyimpulkan dirinya menginginkan dunia kebebasan. Dunia di mana orang dapat memilih takdir mereka sendiri, di mana hari esok mereka lebih baik daripada hari kemarin. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.