Sukses

Penulis Buku Black Swan Sebut Gelembung NFT Mulai Pecah

Penulis buku terlaris New York Times 2010 The Black Swan, Nassim Nicholas Taleb menyebutkan masalah NFT mulai meledak.

Liputan6.com, Jakarta - Penulis buku terlaris New York Times 2010 The Black Swan, Nassim Nicholas Taleb menilai, gelembung NFT mulai pecah. Ia salah satu dari sedikit orang yang melihat krisis keuangan 2007-2008 datang dalam sebuah buku yang dianggap oleh beberapa orang sebagai salah satu yang paling berpengaruh sejak Perang Dunia II.

"Masalah NFT mulai meledak," Penulis buku terlaris New York Times 2010 The Black Swan, Nassim Nicholas Taleb dalam tweet nya pada Sabtu, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (18/4/2022).

"Yang Anda butuhkan hanyalah suku bunga yang lebih tinggi untuk hal-hal yang tidak masuk akal untuk mulai tidak masuk akal,” ia menambahkan.

Taleb mengutip kisah baru-baru ini tentang salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey, yang tweet pertamanya terjual sebagai NFT tahun lalu dengan harga hampir USD 3 juta atau sekitar Rp 43,04 miliar (asumsi kurs Rp 14.349 per dolar AS). Sekarang hanya bernilai ribuan, menurut artikel CNBC yang diterbitkan minggu ini.

Pembeli tweet tersebut, pengusaha crypto Sina Estavi, mengumumkan pada Rabu lalu ia akan menjual NFT di OpeanSea dan akan menyumbangkan setengah dari hasilnya untuk amal, berdasarkan laporan dari CNBC. Pada Sabtu tawaran tertinggi hanya lebih dari USD 18.000 atau sekitar Rp 258,29 juta.

Kemudian, Teori Taleb tentang Black Swan adalah tentang munculnya peristiwa yang sangat langka di mana pasar tidak siap. Pada 2007, harga rumah turun, dan pada tahun 2020-an itu adalah akhir dari tarif rendah dan uang mudah. Swan mungkin tidak selalu putih, dengan kata lain.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investasi Spekulatif

The Federal Reserve diperkirakan menaikkan suku bunga 50 basis pin pada Mei, bagian dari upaya yang lebih agresif untuk menurunkan inflasi. Harga konsumen AS naik hampir 9 persen year on year bulan lalu, kenaikan terbesar sejak 1981. 

Bahkan, pasar telah bersiap untuk beberapa waktu  akhir dari suku bunga sangat rendah dan uang murah yang memiliki kebijakan moneter pandemi pasar.

Taleb tampaknya berargumen banyak dari uang mudah ini telah dituangkan ke dalam investasi spekulatif seperti NFT dan aktivitas itu akan segera berakhir.

Miliarder pendiri Binance, platform perdagangan cryptocurrency terbesar di dunia, C.Z. Zaho mengungkapkan sentimen yang mirip dengan Taleb dalam wawancara baru-baru ini dengan Fortune, menanggapi penjualan karya seni NFT 2021 seharga USD 69 juta dengan, "Orang-orang telah kehilangan pikiran,”.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Bernilai

Penerima keberuntungan itu, seorang seniman yang dikenal sebagai Beeple Mike Winkelmann dalam kehidupan nyata mengkhawatirkan tahun lalu seni NFT berada dalam gelembung. Dia mengatakan kepada Fox News Sunday, internet, pada awalnya, juga merupakan gelembung dan akhirnya meledak.

"Tapi itu tidak menghapus internet. Jadi teknologinya sendiri cukup kuat di mana saya pikir itu akan bertahan lebih lama dari itu,” ujar dia.

Zhao juga melihat kerapuhan pasar tetapi dengan cepat menunjukkan dia bukan kolektor seni.

"Tidak ada yang begitu berharga, kan?" kata dia, merujuk pada penjualan yang menakjubkan dari Beeple. 

"Tetapi jika Anda memiliki satu orang yang bersedia membayarnya, jika orang itu tiba-tiba berubah pikiran, maka itu tidak lagi bernilai sebanyak itu,” ungkapnya.

 

4 dari 4 halaman

Mengenal NFT

NFT adalah singkatan dari non-fungible token aset digital asli yang unik yang hanya dimiliki oleh pemiliknya atau pemiliknya. Ini seperti sertifikat keaslian untuk karya seni, musik, video, dan bahkan tweet.

NFT dapat dijual secara individual atau sebagai bagian dari koleksi, seperti dalam kasus Bored Ape Yacht Club, kumpulan ribuan ilustrasi kera digital di blockchain Ethereum. Mereka yang membeli gambar kera sebagai NFT mendapatkan keanggotaan ke klub eksklusif dengan fasilitas khusus anggota seperti akses ke “The Bathroom”, papan grafiti online khusus anggota. 

Tak hanya itu, selebritas seperti komedian dan pembawa acara Tonight Show Jimmy Fallon dan produser pemenang Grammy Timbaland saat ini menggunakan NFT Ape Bored mereka sebagai foto profil Twitter mereka. Sebuah kekalahan sebesar USD 44 miliar dihabiskan untuk NFT tahun lalu, menurut laporan Fortune.

Sementara itu, The Black Swan dinobatkan pada 2009 sebagai salah satu dari 12 buku paling berpengaruh sejak Perang Dunia II oleh surat kabar Inggris The Times.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.