Sukses

Studi: Minat Pencarian Terkait Tato Kripto dan Bitcoin Meningkat

Minat pada tato kripto telah meningkat 222 persen selama 12 bulan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Crypto Head dan dibagikan dengan Bitcoin.com menunjukkan minat orang-orang meningkat untuk membuat tato terkait kripto.

Studi Crypto Head menganalisis volume pencarian Google dan data tagar Instagram, yang menunjukkan minat pada tato kripto telah meningkat 222 persen selama 12 bulan terakhir. Menurut temuan penelitian, 1.900 pertanyaan melibatkan istilah pencarian "tato kripto”, dilansir dari Bitcoin.com, Minggu(10/4/2022).

Di sisi lain, tercatat ada 1.600 permintaan pencarian selama 12 bulan terakhir untuk "Tato Bitcoin". Sedangkan untuk pencarian “Tato Dogecoin” mendapatkan volume 700 pencarian. 

Sementara itu, aset kripto terbesar kedua, dalam hal kapitalisasi pasar, ethereum (ETH) memiliki jumlah kueri terkait tato paling sedikit. Selain memanfaatkan data pencarian Google, peneliti Crypto Head juga melihat metrik yang berasal dari Instagram.

Temuan dari laporan tersebut menunjukkan tema terkait tato bitcoin (BTC) mendominasi aplikasi media sosial Instagram dengan 986 postingan yang dihiasi dengan tagar “#bitcointattoo.” 

Sekitar 956 postingan instagram memiliki tagar “#cryptotattoo” di postingan dan hanya 11 postingan yang berisi tagar “#dogecointattoo.” Sekali lagi, tagar “#ethereumtattoo” adalah tagar yang paling sedikit tercatat di Instagram dengan total hanya enam postingan.

Selain riset yang dipublikasikan Crypto Head, platform media sosial lain seperti Facebook dan Twitter, menampilkan sejumlah postingan dengan tagar “#cryptotattoo.” 

Tagar “#bitcointattoo” juga sangat relevan di platform media sosial seperti Twitter karena banyak orang telah membagikan gambar tinta bertema Bitcoin mereka selama beberapa tahun terakhir.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa Sebenarnya Penemu Bitcoin?

Sebelumnya, bitcoin jadi salah satu kripto terbesar nomor satu di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Sejak pertama kali muncul pada 2009 hingga saat ini, Bitcoin telah mengalami berbagai gejolak kenaikan dan penurunan harga. Namun, hingga saat ini masih belum diketahui pasti sosok asli dari penemu Bitcoin. 

Dilansir dari Investopedia, Kamis, 7 April 2022, penemu dari Bitcoin adalah Satoshi Nakamoto, tetapi nama tersebut bukanlah nama asli dari penemu Bitcoin, melainkan nama anonim yang digunakan oleh pencipta Bitcoin. 

Meskipun nama Satoshi Nakamoto identik dengan Bitcoin, orang yang sebenarnya diwakili oleh nama tersebut tidak pernah ditemukan, membuat banyak orang percaya itu adalah nama samaran untuk seseorang dengan identitas yang berbeda atau sekelompok orang.

Bagi kebanyakan orang, Satoshi Nakamoto adalah karakter paling misterius dalam cryptocurrency. Hingga saat ini, tidak jelas apakah nama itu merujuk pada satu orang atau sekelompok orang. Hal yang diketahui adalah Satoshi Nakamoto menerbitkan sebuah makalah pada 2008 yang mengawali perkembangan cryptocurrency.

3 dari 4 halaman

Sejarah Satoshi Nakamoto

Persona Satoshi Nakamoto terlibat pada hari-hari awal peluncuran Bitcoin, dia mengerjakan versi pertama perangkat lunak pada 2009. Komunikasi ke dan dari Nakamoto dilakukan secara elektronik. Kurangnya detail pribadi dan latar belakang berarti tidak mungkin untuk mengetahui identitas sebenarnya di balik nama itu.

Keterlibatan Nakamoto dengan Bitcoin, bagaimanapun, berakhir pada 2010. Korespondensi terakhir yang dimiliki seseorang dengan Nakamoto adalah dalam email ke pengembang kripto lain yang mengatakan mereka telah "pindah ke hal lain”.

Belum terbongkarnya identitas Nakamoto membuat banyak spekulasi signifikan mengenai identitas Nakamoto, terutama karena cryptocurrency meningkat dalam jumlah, popularitas, dan ketenaran.

4 dari 4 halaman

Whitepaper Bitcoin

Makalah yang berjudul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System”, menggambarkan penggunaan jaringan peer-to-peer sebagai solusi untuk masalah pengeluaran ganda.

Nakamoto mengusulkan pendekatan desentralisasi untuk transaksi, yang pada akhirnya berpuncak pada penciptaan blockchain. Dalam blockchain, stempel waktu untuk transaksi ditambahkan ke akhir stempel waktu sebelumnya berdasarkan bukti kerja, menciptakan catatan sejarah yang tidak dapat diubah.

Karena catatan transaksi didistribusikan di banyak node dalam sistem, sulit bagi pelaku jahat untuk mendapatkan kontrol yang cukup dari sistem untuk menulis ulang buku besar untuk keuntungan mereka sendiri. 

Catatan blockchain disimpan dengan aman karena jumlah daya komputasi yang diperlukan untuk memulihkannya mencegah serangan dalam skala kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.