Sukses

Presiden El Salvador Nayib Bukele Batal Hadir di Konferensi Bitcoin 2022

Bukele harus membatalkan partisipasinya yang direncanakan dalam konferensi Bitcoin 2022 di Miami.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden El Salvador, Nayib Bukele menjadi salah satu pendukung kuat Bitcoin. Hal tersebut ia tunjukkan dengan mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran sah di negaranya. 

Sebagai pendukung Bitcoin dan Presiden pertama yang melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran negara, kehadiran Bukele dalam Konferensi Bitcoin 2022 tentu cukup ditunggu-tunggu. 

Namun, sayangnya, Bukele harus membatalkan partisipasinya yang direncanakan dalam konferensi Bitcoin 2022 di Miami. Bukele mengatakan ada kejadian tak terduga yang membutuhkan perhatian penuhnya di rumah.

Dilansir dari CoinDesk, Jumat (8/4/2022), dia tidak mengatakan apa keadaan itu dalam surat yang di-tweet oleh penyelenggara konferensi. Tetapi dalam surat itu Bukele mengatakan, "Saya harus berada di sisi lain dalam pertempuran untuk kebebasan."

El Salvador saat ini sedang dalam pertempuran sengit melawan geng kriminal, yang dikenal sebagai "maras." Pada 27 Maret, 62 orang tewas dalam pembunuhan yang dikaitkan dengan maras lokal, yang mendorong Majelis Legislatif El Salvador untuk menangguhkan hak konstitusional selama 30 hari.

Menurut Polisi Nasional El Salvador, 6.894 anggota geng telah ditangkap dalam 11 hari terakhir. 

Dalam suratnya, Bukele mengatakan dia memiliki “harapan yang tulus” untuk berpartisipasi membuat “pengumuman lain, kontribusi kecil lainnya dalam perjuangan kami untuk pembebasan uang.

Pada konferensi Bitcoin 2021 Juni lalu Bukele mengumumkan rencananya untuk membuat tender legal bitcoin (BTC) di El Salvador. Harapan untuk pengumuman tahun ini termasuk laporan kemajuan rencana negara untuk penjualan obligasi Bitcoin senilai USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konferensi Bitcoin 2022 Digelar

Sebelumnya, ribuan penggemar cryptocurrency akan berkumpul di Miami saat kota tersebut membangun reputasinya sebagai salah satu lokasi utama untuk mengembangkan teknologi blockchain dan kripto.

Banyak perusahaan menggunakan konferensi Bitcoin 2022 yang berlangsung Rabu hingga Sabtu waktu setempat sebagai tempat untuk berjejaring, mengajukan ide, dan berbagi pengumuman ke industri dan sekitarnya.

Hingga saat ini, New York City dan Silicon Valley terus memimpin dalam pendanaan yang dikumpulkan oleh startup blockchain pada 2021, dengan USD 6,5 miliar (Rp 93,3 triliun) dan USD 3,9 miliar (Rp 56 triliun). 

Namun, Miami sekarang terikat dengan Los Angeles, di mana perusahaan menarik lebih dari USD 760 juta dalam pendanaan, menurut perusahaan riset pasar CB Insights.

Pertukaran Cryptocurrency FTX membeli hak penamaan untuk arena NBA di pusat kota Miami tahun lalu, menggantikan American Airlines. Perusahaan kripto terbesar yang pindah ke Miami sejauh ini, Blockchain.com, akan menampung 200 karyawan di sebuah lokasi di distrik Wynwood di mana perusahaan teknologi dan investor lainnya juga mendirikan kantor di sana. 

Konferensi Bitcoin 2022 diadakan di Miami Beach Convention Center dan menampilkan beberapa pembicara utama, termasuk pengusaha Kanada Kevin O'Leary, penulis Jordan Peterson, aktivis hak asasi manusia Yeonmi Park dan miliarder teknologi Peter Thiel. 

Miami menarik semakin banyak proyek kripto , dengan Walikota Francis Suarez secara terbuka menerima cryptocurrency dan berjuang untuk regulasi yang ramah cryptocurrency.

Pernyataan lainnya, mengatakan Miami dan Florida adalah tempat ramah bisnis dan tetap buka selama pandemi, menjadikannya lebih menarik sebagai lokasi di mana orang dapat bekerja dari jarak jauh.

“Sulit untuk menyangkal bahwa ini adalah kesempatan luar biasa bagi perusahaan untuk datang ke sini dan membangun proyek mereka di kripto,” kata CEO dari Plantation, TradeStation yang berbasis di Florida, John Bartleman, dikutip dari CBS News, Kamis (7/4/2022). 

Karena Miami bertujuan untuk menarik lebih banyak investasi untuk proyek cryptocurrency, penyelenggara Bitcoin 2022 mengatakan setidaknya 75 perusahaan akan membuat pengumuman di konferensi ini.

Tahun lalu, Presiden El Salvador Nayib Bukele membuat berita internasional di acara tersebut, mengungkapkan melalui video negaranya akan menjadi yang pertama membuat alat pembayaran cryptocurrency yang sah. Bukele juga akan kembali hadir di konferensi tahun ini.

 

 

3 dari 4 halaman

Pasar Kripto Loyo Imbas Sentimen Hawkish The Fed

Sebelumnya, Bitcoin dan kripto lainnya kembali melanjutkan kegelisahannya pada Rabu, 6 April 2022. Pasar kripto turun tajam setelah pernyataan hawkish oleh Gubernur bank sentral AS Lael Brainard ditambah dengan berita terbaru yang meresahkan dari Ukraina. 

Bitcoin, cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, baru-baru ini diperdagangkan tepat di bawah USD 46.000 atau sekitar Rp (660,4 juta), turun dari level tertinggi pada hari sebelumnya di atas USD 47.000 atau sekitar 1 persen selama 24 jam terakhir. 

Ethereum, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, berpindah tangan sedikit di atas USD 3.400 atau turun sekitar 1,5 persen. 

Harga kripto sesuai dengan pasar saham utama, yang sebagian besar turun karena investor mempertimbangkan kenaikan suku bunga tambahan untuk mengekang inflasi, yang telah melonjak hingga hampir 8 persen di AS. 

Nasdaq yang berfokus pada perusahaan teknologi turun 2,2 persen, sementara S&P 500 turun 1,2 persen. Dalam pidatonya di Federal Reserve Bank of Minneapolis, Brainard menyebut pengurangan inflasi sebagai adalah hal yang sangat penting. 

“Komite akan melanjutkan pengetatan kebijakan moneter secara metodis melalui serangkaian kenaikan suku bunga dan dengan mulai mengurangi neraca dengan cepat segera setelah pertemuan Mei kami,” kata Brainard, dikutip dari CoinDesk, Rabu, 6 April 2022.

Sementara itu, Eropa terus bergulat dengan masalah moral dan ekonomi yang berasal dari konflik Rusia-Ukraina. Spanyol, Denmark, dan Swedia, mengusir diplomat Rusia, sementara AS dan negara-negara lain sedang menyiapkan sanksi ekonomi baru.

Presiden AS, Joe Biden dan para pemimpin negara lain telah menyerukan pelarangan impor energi dari Rusia, sebuah tindakan yang sudah dilakukan lebih dulu oleh Lithuania. 

Di sisi lain, kripto memiliki berita positif yaitu perusahaan MicroStrategy (MSTR) mengatakan pada Selasa mereka telah memperoleh 4.100 Bitcoin tambahan senilai sekitar USD 190 juta. 

Berita itu muncul kurang dari dua minggu setelah yayasan Terra Luna mengumumkan komitmennya untuk membeli setidaknya USD 3 miliar dalam bentuk Bitcoin.

Namun, peristiwa tersebut tidak berdampak besar pada Bitcoin, yang dengan sendirinya mungkin merupakan tanda kedewasaan pasar kripto yang meningkat. 

CEO platform tabungan Bitcoin Swan Bitcointold, Cory Klippsten mengatakan pasar kripto sudah cukup besar dan Bitcoin akan terus berjalan.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Jumat Pagi 8 April 2022

Sebelumnya harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terlihat masih melemah, Jumat pagi 8 April 2022. Sejak awal April, pasar kripto masih terkoreksi setelah alami reli panjang pada akhir Maret 2022.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 0,88 persen dalam 24 jam terakhir dan 4,81 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 43.571,25 per koin atau setara Rp 626,3 juta (asumsi kurs Rp 14.374 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih melemah. Dalam 24 jam terakhir, ETH turun 0,13 persen dan 2,14 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 3.230,87 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) menguat di antara kripto lain yang melemah . Dalam 24 jam terakhir BNB naik 2,11 persen dan 1,72 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 436,59 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) juga masih di zona merah. Dalam satu hari terakhir ADA merosot 1,21 persen dan 6,30 persen dalam sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 1,09 per koin.

Sedangkan, Solana (SOL) masih melemah sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir SOL turun 0,60 persen dan 4,95 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 118,32 per koin.

XRP mengikuti langkah Binance yang berhasil menguat di tengah koreksi. Dalam satu hari terakhir, XRP naik 0,49 persen, tetapi masih melemah 4,33 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,7823 per koin. 

Terra (LUNA) juga turut anjlok hari ini. Terra melemah 6,35 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih sedikit menguat 1,71 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 101,66 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), keduanya sama-sama menguat. USDT naik 0,01 persen yang membuat harganya kini berada di level USD 1,00

Sedangkan, USDC menguat 0,13 persen dalam satu hari terakhir yang membuat harganya kembali ke level USD 1,00.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.