Sukses

Bursa Kripto Indonesia Mundur Lagi, Ini Tanggapan Pengamat

Desmond Wira cukup menyayangkan kenapa Bursa Kripto Indonesia harus kembali diundur.

Liputan6.com, Jakarta - Peluncuran Bursa Kripto Indonesia kembali diundur lagi dan belum ada kejelasan kapan resmi meluncur. Awalnya direncanakan akan keluar pada akhir kuartal 2022, namun hingga saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai tanggal peluncuran Bursa Kripto Indonesia. 

Menanggapi hal tersebut, pengamat sekaligus trader kripto, Desmond Wira cukup menyayangkan kenapa Bursa Kripto Indonesia harus kembali diundur. 

“Memang sudah beberapa kali diundur. Dulu rencanakan akhir 2021, lalu mundur akhir kuartal 1 2022, lalu mundur lagi. Sebagai pengamat saya menyayangkan hal itu karena sudah ditunggu-tunggu,” ujar Desmond kepada Liputan6.com, Selasa (5/4/2022). 

Meskipun begitu, di sisi lain Desmond mengungkapkan, lebih baik Bursa Kripto Indonesia diundur agar semuanya siap dibandingkan dipaksa meluncur tetapi belum sepenuhnya siap. 

Desmond yang juga seorang trader kripto juga memberikan pandangan dari kacamata trader mengenai peluncuran bursa kripto yang kembali mundur.

“Selaku trader sih tidak terlalu masalah, selama transaksi masih jalan di exchanger ya tidak masalah,” kata Desmond. 

Selain itu, dia menjelaskan alasan pentingnya ada bursa kripto di Indonesia adalah untuk kepastian hukum yang lebih lengkap. 

“Bursa kripto perlu untuk kepastian hukum yang lebih lengkap lagi. Selama tujuannya itu, adanya bursa kripto perlu disambut,” jelas dia. 

Adapun nantinya kemunculan Bursa Kripto Indonesia akan memberikan ekosistem kripto yang lebih sehat di Indonesia baik bagi para konsumen, pelaku industri, hingga stakeholder

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendirian Bursa Kripto Kembali Mundur

Sebelumnya, peluncuran Bursa Kripto Indonesia tampaknya harus diundur kembali karena hingga April 2022, bursa kripto masih belum diresmikan.

Rencana awalnya peluncuran Bursa Kripto Indonesia pada akhir 2021, kemudian diundur menjadi akhir kuartal pertama, tetapi hingga saat ini masih belum ada tanda-tanda peluncuran bursa kripto.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga kembali mengungkapkan alasan kenapa hingga saat ini Bursa Kripto Indonesia masih belum meluncur.

"Bursa akan meluncur secepatnya, memang klasik sekali, tetapi kembali lagi, kita ingin mempersiapkan semuanya, kita tidak mau buru-buru," ungkap Jerry, di Jakarta, Jumat, 1 April 2022.

Jerry menuturkan, secara kesiapan hanya perlu melakukan validasi-validasi dengan berbagai pihak.

"Validasi itu sangat teknikal, maka dari itu kita perlu kehati-hatian. Jadi jika bursa launching, semuanya sudah benar-benar siap," jelas dia.

Menurut Jerry yang paling penting, ketika bursa kripto nanti launching, akan memberikan ekosistem yang sehat antara stakeholder, masyarakat, dan pelaku industri.

"Ini merupakan keseriusan pemerintah untuk melindungi masyarakat dan pedagang dalam bertransaksi dalam aset kripto ini," pungkas Jerry.

Sampai saat ini baik Kementerian Perdagangan hingga Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) masih belum memberikan tanggal pasti dari peluncuran Bursa Kripto Indonesia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.