Sukses

Deretan Kripto Jajaran Atas Ini Punya Harga Murah, Apa Saja Itu?

Berikut deretan kripto jajaran teratas yang memiliki harga murah.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak koin dan token kripto yang saat ini ada di seluruh dunia dengan harga yang berbeda-beda. Namun, di antara banyak kripto tersebut, salah satu kripto yang memiliki harga terbesar adalah Bitcoin. 

Per 4 April 2022, harga Bitcoin menyentuh USD 46.105,05 atau sekitar Rp 662 juta. Sebelumnya pada November 2021, harga Bitcoin sempat menyentuh USD 68.990 atau sekitar Rp 990,5 juta. 

Dengan harganya yang tinggi dan kapitalisasi pasar paling besar, menempatkan Bitcoin dalam posisi pertama jajaran kripto. Meskipun harganya mahal, ternyata kripto lainnya yang menempati posisi 15 teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya tak semuanya berharga mahal. 

Beberapa kripto ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan termasuk dalam kripto yang memiliki performa baik dan proyek yang jelas. Dilansir dari Coinmarketcap, berikut deretan kripto jajaran teratas yang memiliki harga murah.

1. Stablecoin

Dilansir dari Investopedia, stablecoin adalah kelas cryptocurrency yang mencoba menawarkan stabilitas harga dan didukung oleh aset cadangan lainnya. 

Stablecoin memang secara khusus dirancang untuk memiliki nilai yang sama dengan aset tertentu, misalnya mata uang dolar AS, atau komoditas lain seperti emas agar kestabilan harganya tetap terjaga. 

Dalam jajaran 15 besar kripto berdasarkan kapitalisasi pasarnya, beberapa Stablecoin berhasil mengamankan tempat di deretan tersebut. Berdasarkan data dari Coinmarketcap, ada 4 Stablecoin di jajaran 15 kripto teratas yaitu USD Coin (USDC), Tether (USDT), Binance USD (BUSD) TerraUSD (UST). 

Keempat Stablecoin tersebut dipatok harganya dengan dolar AS yang membuat harganya cukup murah yaitu kisaran USD 1,00.

2. XRP

XRP adalah cryptocurrency open-source yang menggunakan buku besar terdistribusi open-source yang disebut XRP Ledger. Ini dikembangkan oleh Ripple, sebuah perusahaan blockchain perusahaan yang memfasilitasi transaksi global.

XRP berada di posisi 8 di Coinmarketcap berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Harga XRP terbilang murah dibandingkan deretan kripto teratas lainnya. Saat ini harga XRP berada di level USD 0,8348 atau sekitar Rp 11.991 per koin.

3. Cardano (ADA)

Cardano adalah platform blockchain yang dibangun di atas protokol konsensus bukti kepemilikan yang disebut Ouroboros, yang dapat memvalidasi transaksi tanpa biaya energi yang tinggi. 

Pengembangan di Cardano menggunakan bahasa pemrograman Haskell. Simbol untuk token Cardano, ADA, berasal dari ahli matematika abad ke-19, Ada Lovelace. 

Menurut pengembangnya, Ouroboros memungkinkan desentralisasi jaringan Cardano dan memberikan kemampuan untuk secara berkelanjutan menskalakan kebutuhan global tanpa mengorbankan keamanan.

Cardano ada berada di posisi 9 di Coinmarketcap berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Cardano dibanderol dengan harga USD 1,18 atau sekitar Rp 16.936 per koin.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dogecoin hingga Shiba Inu

4. Dogecoin (DOGE)

Dogecoin awalnya hanya lelucon, tetapi telah menjadi sangat nyata bagi mereka yang mendapat untung darinya. Tidak seperti banyak cryptocurrency lain yang melayani fungsi sebenarnya, Dogecoin dibuat sebagai sindiran terhadap Bitcoin. Tahun lalu, DOGE naik tajam berdasarkan hype di papan pesan dan tweet oleh Elon Musk.

Harga Dogecoin tentu saja murah, Doge berada di posisi 12 di Coinmarketcap berdasarkan kapitalisasi pasarnya. DOGE memiliki harga USD 0,1456 atau sekitar Rp 2.089 per koin.

5. Shiba Inu (SHIB)

Shiba Inu (SHIB) adalah Altcoin berbasis Ethereum yang menampilkan Shiba Inu, jenis anjing pemburu Jepang sebagai maskotnya. Shiba Inu secara luas dianggap sebagai alternatif untuk Dogecoin. Namun para pendukung Shiba Inu menggembar-gemborkannya sebagai "pembunuh Dogecoin”.

Shiba Inu berada di posisi 15 di Coinmarketcap berdasarkan kapitalisasi pasarnya. SHIB memiliki harga USD 0,00002679 atau sekitar Rp 0,38 per koin.

Itulah dia kripto deretan teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya yang memiliki harga murah. Sebagai informasi, harga tersebut bisa berubah sejalan dengan pergerakan kripto setiap harinya. Harga yang tercantum di atas berdasarkan data dari Coinmarketcap pada Senin, 4 April 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.