Sukses

Rusia Tak Larang Penambangan Kripto di Rumah

Di tengah sanksi barat yang belum pernah terjadi sebelumnya, Rusia melanjutkan upaya untuk mengatur pasar kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang perwakilan tingkat tinggi dari Kementerian Keuangan di Moskow melihat tidak ada gunanya melarang penambangan kripto di rumah tangga Rusia karena akan sulit untuk membatasi aktivitas tersebut.

Melansir Bitcoin.com, ditulis Minggu (3/4/2022), pejabat tinggi juga mengungkapkan departemen saat ini menyelesaikan peraturan untuk sektor pertambangan sebagai bagian dari upaya untuk melegalkan ruang crypto Rusia.

Rusia Bersiap untuk Melegalkan Penambangan Cryptocurrency

Mencoba untuk melarang penambangan crypto di rumah tidak masuk akal karena akan sulit untuk memberlakukan larangan seperti itu, menurut  Wakil direktur Departemen Kebijakan Keuangan di Kementerian Keuangan Rusia Alexey Yakovlev,. Dia membuat pernyataan pada diskusi meja bundar yang ditujukan untuk legalisasi dan regulasi industri.

Kementerian sedang menyelesaikan ketentuan baru yang akan membawa aktivitas terkait kripto ini ke bidang hukum, Yakovlev mengumumkan selama panggilan konferensi video, dikutip oleh outlet berita crypto Forklog. Pihak berwenang Rusia bermaksud untuk menekankan pada memastikan kegiatan di sektor ini layak secara ekonomi.

Tak hanya itu, pemerintah juga ingin meminimalkan potensi risiko. Lebih lanjut, perwakilan Minfin mencontohkan ancaman pencucian uang dan pendanaan terorisme. Dia juga menyoroti perlunya menjamin keamanan energi Federasi Rusia.

Sementara itu, pada Desember, pemerintah pusat di Moskow mengizinkan wilayah Rusia untuk menentukan tarif listrik di daerah pemukiman secara lokal. Hal tersebut akan memungkinkan otoritas regional dan perusahaan utilitas untuk menerapkan tarif yang lebih tinggi untuk konsumsi rumah tangga yang melebihi ambang batas tertentu.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atur Pasar Kripto

Di tengah sanksi barat yang belum pernah terjadi sebelumnya, Rusia melanjutkan upaya untuk mengatur pasar kripto, melihat peluang untuk menggunakan aset kripto untuk memulihkan aksesnya ke keuangan global.

Sementara bank sentralnya telah menjadi penentang keras terhadap legalisasi kegiatan terkait kripto, termasuk pertambangan, Kementerian Keuangan telah mendorong untuk mengaturnya di bawah pengawasan ketat.

Bukan hanya itu, pada Februari, pemerintah federal menyetujui rencana peraturan berdasarkan konsep Kementerian Keuangan.

Tak lama setelah itu, departemen tersebut mengajukan RUU baru 'Tentang Mata Uang Digital' yang dirancang untuk secara komprehensif mengatur ekonomi kripto setelah undang-undang 'Tentang Aset Keuangan Digital', yang mulai berlaku Januari lalu, hanya membahas beberapa aspek peraturan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.