Sukses

Akun Twitter Pemkot Bekasi Sempat Diretas dan Promosikan NFT

Tak hanya diretas, berdasarkan pemantauan tim Liputan6.com, akun Twitter Pemkot juga digunakan untuk mempromosikan NFT.

Liputan6.com, Jakarta - Akun Twitter milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yaitu @pemkotbekasi sempat diretas pada Kamis, 24 Maret 2022.

Namun, berdasarkan informasi dari akun Instagram resmi Pemkot Bekasi yang diposting hari ini sekitar tiga jam lalu, akun Twitter Pemkot bekasi sudah berhasil kembali seperti semula. 

“Akun Twitter Pemkot Bekasi yang sempat diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sekarang telah aktif kembali. Terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga akun bisa digunakan kembali,” tulis keterangan Pemkot Bekasi pada postingan di akun Instagram resmi, Jumat (25/3/2022).

Tak hanya diretas, berdasarkan pemantauan tim Liputan6.com, akun Twitter Pemkot juga digunakan untuk mempromosikan NFT dan meretweet cuitan akun Twitter Bored APE Yacht Club.

Ketika peretasan, username akun Twitter Pemkot Bekasi juga sempat diubah oleh hacker menjadi pemkot.eth. 

Kepala Dinas Kominfo Kota Bekasi Hudi Wijayanto mengatakan, peretasan akun tersebut dilakukan oleh orang Rusia.

“Terdeteksi berlokasi di Klapedia, Lithuania (sebelumnya diinformasikan Rusia, Red), akhirnya akun twitter @pemkotbekasi berhasil dipulihkan kembali pada Kamis, 24 Maret 2022 sekira pukul 17.30 WIB,” ujar Hudi, dikutip dari situs Pemkot Bekasi. 

Hudi berharap dari insiden peretasan akun twitter Pemkot Bekasi ini, tidak akan terjadi lagi hal serupa kepada akun resmi Pemerintah Daerah maupun akun personal lainnya. Dengan memperhatikan ketentuan standar keamanan informasi.

Sub Koordinator Pranata Komputer Seksi Keamanan Informasi memberikan tanggapannya terkait pentingnya kesadaran keamanan informasi. 

“Perlu ditingkatkan kewaspadaan terkait pentingnya Security Awareness (kesadaran keamanan informasi) untuk menghindari penyalahgunaan akun media sosial oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.” ungkapnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu NFT?

Sebelumnya, saat ini aset kripto mulai diakui sejumlah pemerintah dan diterima perusahaan besar secara global. Di sisi lain, bitcoin dan ethereum membantu kemunculan aset digital baru, salah satunya NFT.

Pada paruh pertama 2020, penjualan NFT mencapai 12,1 juta euro. Industri ini menggabungkan teknologi dengan nilai seni meroket pesat mencapai  9,4 miliar euro pada akhir kuartal III 2021.

Lalu apa itu NFT?

Akronim NFT kian populer baik di dunia keuangan maupun seni karena koin ini bisa dipertukarkan. NFT adalah identifikasi unik yang dapat membuktikan kepemilikan barang digital. Aset digital ini membuat karya seni digital dan barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya aset yang dapat diverifikasi yang mudah diperdagangkan di blockchain.

Sebelum kemunculan NFT, seni digital tidak memiliki nilai seperti mahakarya dari Monet atau Picasso. Ini hanya karena digital dapat dengan mudah diduplikasi dengan mengklik tombol, sehingga hampir mustahil untuk membedakan yang asli.

"Ada perangkat lunak yang memindai karya seni. Itu (NFT)  tidak bisa dipalsukan. Sama sekali tidak mungkin. Jika Anda memindai selembar kertas kosong dan selembar kertas kosong lainnya, keduanya berbeda karena perangkat lunak ini akan mengenali perbedaan antara dua lembar kertas kosong,” Jelas Sacha Jafri, dilansir dari laman euronews.next, ditulis Selasa, 28 Desember 2021.

Fenomena popularitas NFT membuat koleksi koin terbatas seperti Cryptopunks, Bored Ape Yacht Club, dan Cool Cats alhasil harganya pun melambung tinggi. Setiap koin hanya tersedia 10 ribu saja. setiap hari 1 ribu NFT terjual. Seperti karya seni tradisional yang ditemukan di pelelangan oleh Christie's atau Sotheby's, semakin langka karya seni tersebut, semakin tinggi harganya.

Baru-baru ini sepertiga sisanya dari 10 ribu koleksi Cryptopunks terjual dengan harga lebih dari 472 juta euro. Karya seni pixelated ini menunjukkan potensi penjualan NFT di masa depan kian gemilang.

3 dari 3 halaman

Cara Kerja NFT

Bagi para investor baru mungkin bertanya-tanya mengapa seseorang melakukan penanaman modal ke sektor mudah terduplikat dengan mudah di ponsel atau laptop. NFT mahal digunakan sebagai gambar profil di akun media sosial guna menunjukkan kekayaan, seperti halnya pebisnis yang memakai jam tangan mahal.

Banyak orang yang membeli NFT menjadi bagian dari komunitas online. Memiliki NFT tertentu dapat memberi Anda akses ke konten eksklusif dan acara langsung.

Investor digital memanfaatkan pasar NFT demi menghasilkan uang dalam jumlah besar dengan jangka waktu singkat. Model bisnis dari banyak industri sedang dibentuk kembali untuk memasukkan perdagangan NFT.

Sebuah NFT tunggal dapat dibeli dan dijual beberapa kali. Akan tetapi, pembeli harus membayar biaya royalti kepada pemilik atau pencipta asli dengan setiap penjualan. Biaya royalti biasanya sekitar 10 persen.

"Karena kami dapat melacak kisah lengkap token di setiap transfer kepemilikan, para seniman mendapatkan sejumlah uang dari royalti,” tutur salah satu pendiri Jumy Charles Morin.

Apakah keterlibatan dalam NFT berasal dari kepentingan finansial, bergabung dengan komunitas, atau hanya karena kecintaan pada karya seni, masa depan NFT terlihat baik.

 

Reporter: Ayesha Puri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.