Sukses

3 Miliarder Ini Jilat Ludah Sendiri Terkait Kripto

Berikut 3 miliarder yang sebelumnya secara terbuka membenci kripto kemudian berubah pikiran.

Liputan6.com, Jakarta - Cryptocurrency seperti Bitcoin telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa sejak debutnya pada 2009. Awal diluncurkan Bitcoin hanya seharga USD 0,0008 atau sekitar Rp 11,50 per koin, tetapi sekarang satu Bitcoin dihargai lebih dari USD 40.000.atau sekitar Rp 574,9 juta.

Pertumbuhan eksponensial dan popularitas cryptocurrency telah menciptakan miliarder muda seperti Sam Bankman-Fried yang berusia 29 tahun, yang membangun pertukaran kripto FTX. 

Selain itu, Winklevoss yang merupakan orang pertama yang bergabung dengan klub miliarder kripto pada 2017.

Meskipun berkembang sangat cepat, kripto juga banyak ditentang oleh banyak orang, terutama miliarder senior yang secara terbuka mengungkapkan kebenciannya pada kripto. Dilansir dari Yahoo Finance, Sabtu (19/3/2022), berikut tiga miliarder yang sebelumnya secara terbuka membenci kripto kemudian berubah pikiran. 

1. Warren Buffett

CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett tidak bisa menahan diri untuk menyerang cryptocurrency, ia menyebut kripto sebagai "racun tikus kuadrat" dan aset tidak produktif yang tidak memiliki nilai unik sama sekali.

Pada 2018, Buffett yakin kripto akan berakhir buruk dalam sebuah wawancara dengan CNBC. Kemudian baru-baru ini ia terpaksai memakan kata-katanya sendiri setelah menginvestasikan USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun di bank ramah kripto bulan ini.

Namun, miliarder, wakil ketua Berkshire Hathaway sekaligus rekan dekat Buffett, Charlie Munger tetap skeptis terhadap kripto. Sejauh ini, Munger menyebut koin seperti Bitcoin sebagai "penyakit kelamin" dan "di bawah penghinaan."

2. Jamie Dimon

CEO J.P. Morgan Chase, Jamie Dimon, mengguncang pasar kripto ketika dia secara terbuka menyebut Bitcoin sebagai "penipuan" yang membuat saat itu harga Bitcoin turun hingga 20 persen pada 2018.

Orang-orang mempertanyakan apakah dia benar-benar bersungguh-sungguh atau tidak, bahkan menuduhnya melakukan manipulasi pasar setelah berita bocor tentang pedagang J.P. Morgan menggunakan akun luar negeri untuk membeli Bitcoin selama kemerosotannya.

Tapi sepertinya dia masih berdiri tidak memihak dan teguh pada keyakinannya bahkan sampai hari ini. Meskipun perusahaannya sendiri menyediakan akses kepada kliennya ke dana kripto, Dimon mengatakan dalam wawancara 2021 dengan CBS Boston, dia akan membela hak orang untuk berpartisipasi dalam mata uang kripto. 

Namun dirinya tidak akan terlibat secara langsung di dalamnya sendiri karena dia melihat "tidak ada nilai intrinsik" di dalamnya. Tetapi dengan adanya dukungan terhadap kripto di perusahaannya membuat orang percaya, Dimon mendukung sepenuhnya kripto

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mark Cuban

3. Mark Cuban

Selebriti dan miliarder Shark Tank, Mark Cuban, juga tidak terkesan dengan kripto pada satu titik. Dia tidak pernah menyangkal mekanismenya tetapi berpikir itu tidak perlu rumit.

Dalam email ke Forbes dua tahun lalu, dia menulis Bitcoin terlalu sulit digunakan, terlalu mudah diretas, terlalu mudah hilang, terlalu sulit dipahami, dan terlalu sulit dinilai nilainya.

Dia menambahkan "lebih suka pisang, saya bisa makan pisang,” tulisnya waktu itu kepada Forbes. 

Sepertinya Kuba telah berubah pikiran sejak awal boomingnya NFT. Dalam pidatonya baru-baru ini di Konferensi Bitcoin Amerika Utara, Mark mengaku memiliki portofolio kripto yang beragam dengan mengatakan saat ia mencetak NFT pertamanya setahun yang lalu, ia masuk ke kripto. 

Sekarang, Cuban menganggap dirinya sebagai orang yang percaya kripto yang sangat optimis. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.