Sukses

Harga Bitcoin Stabil Jelang Pengumuman The Fed

Di pasar kripto, Bitcoin sempat tertinggal oleh cryptocurrency alternatif (Altcoin).

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin (BTC) dan sebagian besar cryptocurrency lainnya diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada Rabu, karena investor memposisikan diri mereka menjelang pengumuman kebijakan Federal Reserve AS. 

Analis memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin, yang dapat memperketat kondisi keuangan yang telah mendukung reli aset spekulatif selama setahun terakhir. 

The Fed juga diperkirakan akan mengumumkan rencana untuk mengurangi neraca hampir sebesar USD 9 triliun atau sekitar Rp 128,7 triliun. Sementara itu, pembicaraan putaran keempat antara diplomat Rusia dan Ukraina yang berlanjut pada Senin lalu, tidak menunjukan kesepakatan tentang gencatan senjata.

Di pasar kripto, Bitcoin sempat tertinggal oleh cryptocurrency alternatif (Altcoin) pada Rabu, yang dapat mencerminkan selera risiko yang lebih besar di antara para pedagang. 

BTC naik sekitar 2 persen selama 24 jam terakhir, dibandingkan dengan kenaikan 5 persen pada Ethereum (ETH) dan reli 20 persen dalam token GRT The Graph. Meskipun begitu, masih ada tingkat ketidakpastian yang tinggi di pasar.

"Tarif pendanaan (biaya untuk menahan posisi beli di kontrak berjangka yang terdaftar di bursa utama) pada kontrak berjangka BTC tetap dalam ketidakpastian, tidak dapat bertahan positif atau negatif untuk waktu yang lama," tulis Fundstrat Global Advisors, dikutip dari CoinDesk, Rabu (16/3/2022). 

Beberapa analis memperkirakan tekanan jual akan berkurang di seluruh aset spekulatif, termasuk saham dan kripto.

"Indikator pasar modal utama menunjukkan bahwa perlambatan signifikan dalam pertumbuhan global sudah diabaikan," tulis MRB Partners, sebuah perusahaan strategi investasi.dalam sebuah keterangan. 

Begitu ketegangan geopolitik mereda, saham global bisa memiliki kenaikan yang berarti, menurut MRB. Itu bisa menjadi positif untuk kripto mengingat meningkatnya korelasi antara Bitcoin dan saham.

Selanjutnya, pelaku pasar telah memposisikan diri untuk tujuh kenaikan suku bunga Fed tahun ini, di samping kenaikan 25 basis poin yang diharapkan. Bagi pasar kripto, sentimen bearish yang ekstrem dapat mengarah pada pelepasan posisi short pada akhirnya jika harga bergerak lebih tinggi.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Kripto Rabu Pagi 16 Maret 2022

Sebelumnya, harga Bitcoin dan beberapa kripto jajaran teratas terlihat mengalami pergerakan harga yang beragam, Rabu pagi, 16 Maret 2022. Namun, mayoritas kripto jajaran teratas terlihat menguat dalam perdagangan pagi ini.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat sebesar 1,89 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,84  persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 39.633,85 per koin atau setara Rp 566,9 juta (asumsi kurs Rp 14.305 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) sebagai kripto terbesar setelah sempat melemah beberapa hari terakhir, pagi ini terlihat mulai kembali naik. Dalam 24 jam terakhir, ETH naik sebesar 3,00 persen dan 2,42 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.629,34 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) pagi ini juga berhasil menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat  sebesar 1,29 persen. Namun dalam sepekan, masih tergelincir 2,16 persen. Hal itu membuat BNB berada dibanderol dengan harga USD 371,98 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) yang kemarin sempat merosot, kini kembali menguat. ADA naik dalam satu hari terakhir sebesar 0,50 persen dan 1,06 persen dalam sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,8034 per koin.

Sedangkan, Solana (SOL) masih perkasa dengan menguat satu hari terakhir sebesar 4,60 persen dan 2,50 persen dalam sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 83,89 per koin.

Sayangnya, XRP masih melemah dalam satu hari terakhir sebesar 0,43 persen. Namun berhasil menguat 6,61 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,7674 per koin. 

Terra (LUNA) juga masih di zona merah dalam 24 jam melemah 4,25 persen, tetapi masih menguat 3,94 persen dalam sepekan. Saat ini LUNA dihargai USD 88,65 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), keduanya alami pergerakan harga yang berbeda hari ini. Dalam satu hari terakhir, USDT menguat 0,01 persen. Dengan begitu, USDT berada di level USD 1,00. 

Sedangkan USDC harus melemah 0,07 persen dalam 24 jam terakhir, yang membuat harganya turun ke level USD 0,9994 per koin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.