Sukses

Wamendag Sebut Kripto Lokal Berpotensi Genjot Produk Ekspor

Wamendag Jerry Sambuaga berharap token-token yang bermunculan tersebut dapat diandalkan untuk mendorong produk ekspor.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga secara penuh mendukung token kripto milik anak bangsa yang kini marak bermunculan. Karena jika dimanfaatkan dengan baik, token-token kripto tersebut dapat mendorong produk ekspor digital bagi Indonesia. 

"Dari kacamata perdagangan, kita berharap token-token yang bermunculan tersebut dapat dikapitalisasi dan diandalkan untuk mendorong produk ekspor. Kita sebagai masyarakat Indonesia jangan cuma sebagai konsumen saja, tapi harus bisa ikut andil sebagai pemain utamanya,” ujar Jerry, ditulis Rabu (16/3/2022).

Apalagi jika dilihat perkembangan kripto yang semakin meningkat di Indonesia, menunjukkan semakin besar potensi yang dimiliki dari aset digital tersebut. 

"Sepanjang tahun 2020 saja kripto itu nilai transaksinya bisa mencapai Rp 65 triliun. Sedangkan pelanggan terdaftarnya sekitar 3 juta untuk 2021 itu 11,8 juta. Kemudian 2021 nilai transaksinya mencapai 859 triliun,” tutur Jerry.

Maka dari itu, Jerry menjelaskan pihaknya akan terus mendukung token-token kripto karya anak bangsa dengan tujuan agar bisa mendukung produk ekspor dan menjadi bagian pemain utama dari industri kripto di dunia. 

Menurut Jerry, kripto dan teknologi blockchain itu bisa disebut sebagai teknologi baru yang tidak bisa dihindari. Oleh sebab itu, menurutnya semua pihak harus bisa bersikap adaptif dalam menyikapi hal tersebut. 

“Kemunculan teknologi baru tersebut perlu kita sikapi dengan cara adaptif. Kita tidak boleh menghindari teknologi atau antipati terhadap hal tersebut,” kata dia. 

Dengan begitu produk digital dari teknologi blockchain dan turunan-turunannya seperti kripto, NFT, dan lainnya bisa terus dikembangkan dan pada akhirnya dapat mendorong produk ekspor Indonesia, menurut Jerry. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengenal Ariva, Token Perjalanan dan Pariwisata

Sebelumnya, Ariva (ARV) adalah cryptocurrency yang diluncurkan oleh Ariva Digital, diproduksi untuk penggunaan aktif dalam jaringan pariwisata dan perjalanan global di masa depan.

Menurut informasi yang tercantum di Coinmarketcap, ARV telah diproduksi untuk digunakan secara aktif dalam jaringan pariwisata dan perjalanan global dan lokal dalam waktu dekat. Demikian dilansir dari situs Indodax, Rabu, 16 Februari 2022.

Project ARV adalah jaringan perjalanan dan pariwisata B2C di seluruh dunia di mana anggota dapat bertemu dengan penyedia layanan pariwisata global dan lokal berdasarkan pengalaman. 

Wisatawan sebelumnya dapat melakukan pemesanan dengan cryptocurrency dan mendapatkan uang kripto dari reservasi mereka dan berbagi konten yang berharga.

Ariva diproduksi untuk menghilangkan biaya mahal dari transfer uang volume tinggi internasional dan kompleksitas transaksi Swift dalam transaksi pariwisata dan perjalanan, yang merupakan salah satu industri dengan volume tertinggi dalam ekonomi dunia.

Salah satu tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan kerumitan dan kesulitan yang timbul dari penggunaan mata uang lokal di negara tujuan.

3 dari 3 halaman

Ekosistem Ariva

Proyek Ariva Wonderland Metaverse difokuskan untuk menciptakan kehidupan kedua untuk proyek pariwisata, menggabungkan tema realitas virtual dan perjalanan di ruang kripto. Pengguna akan diaktifkan untuk mengalami perjalanan masa depan tanpa batas dengan cara baru.

Ariva.Finance adalah cara yang aman, cepat, dan termudah untuk menyiapkan gateway pembayaran di situs web dan aplikasi dalam hitungan menit dengan harga lebih rendah. Ini memenuhi kebutuhan global akan sistem pembayaran yang lebih cepat dan transparan dengan biaya transaksi yang rendah.

Ariva.World adalah platform Perjalanan dan Pariwisata Global pertama yang terintegrasi dengan cryptocurrency, di seluruh dunia! Generasi baru dari portal perjalanan dan pariwisata terdesentralisasi, berdasarkan teknologi blockchain.

Ariva.Club adalah platform media sosial baru bagi semua orang untuk berbagi pengalaman mereka tentang perjalanan, restoran, agensi, museum, hotel, kapal pesiar, dan semua industri pariwisata terkait dan dapatkan hadiah dalam cryptocurrency.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.