Sukses

ICDX Catat Harga Timah Tertinggi Sepanjang Sejarah pada Awal Maret 2022

Nilai transaksi ekspor timah ICDX naik sebesar 50,21 persen menjadi hampir Rp 1,7 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - ICDX mencatat nilai transaksi ekspor tumbuh positif sepanjang dua bulan pertama 2022. Nilai transaksi ekspor timah ICDX naik 50,21 persen menjadi hampir Rp 1,7 triliun.

Sedangkan untuk harga timah ICDX tertinggi hingga awal Maret mencapai USD 46.895 atau sekitar Rp 674,1 juta  per metrik ton dan menjadi rekor harga timah Indonesia tertinggi sepanjang sejarah.

Kenaikan harga tersebut berdampak positif baik untuk smelter timah Indonesia dalam hal memberikan keuntungan bagi seller yang bertransaksi di ICDX, maupun bagi pemerintah Indonesia karena devisa yang diterima atas ekspor juga ikut meningkat. 

"Tren positif kenaikan harga sudah terlihat sejak awal tahun, dipicu oleh masalah pasokan yang masih ketat di pasar, sementara dari sisi permintaan sudah berangsur pulih seiring dengan dibukanya kembali penguncian di negara-negara importir timah utama," ujar Research & Development ICDX, Girta Yoga, dalam keterangan tertulis, Rabu (9/3/2022). 

Girta juga menjelaskan hingga awal Maret, harga timah tercatat telah melonjak sebesar 18 persen  sejak awal tahun ini.

Selain itu, isu global yang saat ini hangat dibahas, terkait konflik geopolitik antara Rusia-Ukraina secara tidak langsung juga berdampak pada pergerakan harga timah. 

Meskipun komoditi yang paling terdampak langsung adalah komoditi energi, tetapi, komoditi energi ini ikut mempengaruhi perhitungan biaya dasar dari pelaku timah baik dari biaya produksi maupun biaya logistik.

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan Kerja DPRD

Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan kegiatan kunjungan kerja ke kantor ICDX di Jakarta, pada Selasa, 8 Maret 2022. Kunjungan ini untuk membahas mengenai aktivitas ekspor timah melalui ICDX yang terpusat di Bangka Belitung.

Dalam pertemuan tersebut, DPRD Babel bersama ICDX sepakat untuk bersama memajukan pasar fisik timah di Bangka Belitung. Hal tersebut didukung tren positif sepanjang dua bulan pertama 2022, yang menunjukkan nilai transaksi ekspor timah ICDX mencatatkan pertumbuhan yang positif. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.