Sukses

Setelah Polkadot, Ukraina Kini Terima Dogecoin untuk Sumbangan

Setelah mengumumkan menerima sumbangan dalam Polkadot, kini Ukraina juga menerima Dogecoin.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Perdana Menteri Ukraina, Mykhailo Fedorov mengumumkan dalam sebuah cuitan akan menerima sumbangan cryptocurrency dalam Dogecoin (DOGE) untuk mendukung konflik dengan Rusia. 

Dalam cuitan tersebut, Fedorov juga menandai miliarder dan promotor DOGE yang sering disebut “The Dogefather” Elon Musk. Selain itu, cuitan tersebut juga berisi alamat dompet DOGE resmi negara itu dalam upaya untuk meminta sumbangan dalam cryptocurrency bertema anjing.

Bukan cuma itu, Fedorov juga menandai Billy Markus, pencipta Dogecoin, yang menggunakan nama samaran Shibetoshi Nakamoto.

"Sekarang bahkan meme dapat mendukung tentara kita dan menyelamatkan nyawa dari penjajah Rusia," cuit Fedorov, dikutip dari CNBC, Jumat (4/3/2022). 

Ukraina telah meningkatkan upaya donasi cryptocurrency dalam beberapa hari terakhir, menambahkan alamat donasi SOL dan DOT selain DOGE. Hanya Bitcoin (BTC), Ether (ETH) dan Tether (USDT) yang dimasukkan dalam pengumuman awal oleh Ukraina yang menerima sumbangan cryptocurrency.

Sejauh ini upaya donasi kripto telah menghasilkan lebih dari USD 40 juta atau sekitar Rp 574,4 miliar. 

Pendiri Dogecoin, Markus, menanggapi Fedorov melalui sebuah cuitan yang mengatakan dia secara pribadi telah mengirim beberapa DOGE sebagai sumbangan.

“Orang-orang Dogecoin biasanya tidak kaya dan dogecoin sendiri umumnya digunakan untuk transaksi kecil, tetapi kami adalah kelompok yang peduli dan bersemangat,” tulis Markus dalam cuitannya. 

“Mereka yang ingin membantu akan menawarkan apa yang mereka bisa. Saya harap negara ini dapat pulih dan membangun kembali lebih kuat setelah semua ini,” lanjutnya. 

Menurut catatan, sejauh ini dompet DOGE resmi Ukraina telah menerima lebih dari 300 donasi dengan total sekitar 272.000 DOGE atau sekitar RP 507,8 juta. Dari serangkaian donasi yang dilakukan, jumlah yang paling sering disumbangkan adalah 420 DOGE. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teater AMC Bakal Terima Pembayaran Dogecoin dan Shiba Inu

Sebelumnya, CEO perusahaan pameran film terbesar di dunia, AMC Entertainment, Adam Aron, mengumumkan di Twitter, AMC Theaters akan menerima pembayaran dalam dua cryptocurrency.

Kedua kripto tersebut merupakan meme coin paling populer yaitu Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB). Menurut pihak perusahaan pembayaran dengan kedua kripto itu bisa dilakukan pada Maret, tetapi tidak merinci lebih jelas mengenai tanggalnya. 

AMC Entertainment alias AMC Theatres adalah perusahaan pameran film terbesar di Amerika Serikat (AS), Eropa, dan dunia. Perusahaan ini memiliki atau mengoperasikan sekitar 950 bioskop dan 10.500 layar di seluruh dunia. Seperti dilansir dari Bitcoin.com, Rabu, 2 Maret 2022.

Aron menjelaskan departemen TI di AMC Theaters akan menggunakan Bitpay akan untuk pembayaran online AMC pada 19 Maret. Nantinya pembayaran kripto akan langsung ada di aplikasi seluler perusahaan pada 16 April. 

CEO telah berjanji kepada komunitas kripto, AMC Theaters akan menerima pembayaran DOGE dan SHIB sejak dia memasang polling Twitter tentang Dogecoin pada September tahun lalu dan polling tentang Shiba Inu pada bulan berikutnya.

Aron kemudian mengklaim pada November tahun lalu dia meyakinkan penyedia layanan pembayaran kripto Bitpay untuk mendukung Shiba Inu. Selain itu, dia juga mengatakan akan menjadi klien Bitpay pertama yang menerima SHIB.

Namun, ketika Bitpay mulai mendukung kripto Shiba Inu pada November tahun lalu, raksasa ritel Newegg dengan cepat mulai menerima SHIB untuk pembayaran mereka melalui Bitpay.

Aron juga mengumumkan sejak tahun lalu AMC Theaters telah mulai menerima empat cryptocurrency yaitu Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Litecoin (LTC), dan Bitcoin Cash (BCH). Namun, pelanggan hanya dapat membayar dengan cryptocurrency ini melalui akun Paypal mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.