Sukses

Inilah Deretan Perusahaan yang Ekspansi ke Metaverse

Perusahaan apa saja yang telah atau berencana melakukan ekspansi ke Metaverse? Yuk, simak daftarnya sebagai berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Metaverse saat ini masih terus menjadi perbincangan hangat baik di luar maupun dalam negeri. Semakin populernya istilah metaverse, membuat semakin banyak perusahaan yang mulai merambah masuk ke dunia metaverse. 

Mengutip dari kanal Tekno Liputan6.com, metaverse adalah istilah yang secara etimologi berasal dari kata “meta” yang artinya melampaui dan "verse" yang artinya alam semesta. Apabila digabungkan, metaverse adalah secara etimologi melampaui alam semesta.

Lalu, perusahaan apa saja yang telah atau berencana melakukan ekspansi ke Metaverse? Yuk, simak daftarnya sebagai berikut dikutip dari berbagai sumber, Rabu (16/2/2022):

1. Meta

Meskipun istilah atau konsep metaverse sudah ada sejak lama, tetapi tak dipungkiri, rebranding Favebook turut andil mempopulerkan istilah metaverse. 

Istilah metaverse semakin populer setelah Facebook melakukan rebranding menjadi Meta Platforms Inc, atau disingkat Meta. Dengan rebranding yang dilakukan Facebook, mereka juga menjelaskan ke depan, akan hadir dengan ide-ide futuristik dengan membawa tema metaverse.

Salah satu metaverse yang dikembangkan Meta adalah game virtual Horizon Worlds. 

2. Disney

Raksasa media dan hiburan multinasional Amerika, Walt Disney Company, juga belum lama ini menunjukkan minat dan rencananya untuk membuat simulator dunia virtual di metaverse. 

Hal itu diketahui setelah Disney mengajukan paten untuk ‘simulator dunia virtual’, yang terdiri dari peta tiga dimensi (3D) geometri tempat dunia nyata. Raksasa hiburan tersebut mengajukan paten pada akhir Desember lalu. 

Seperti dilansir dari Bitcoin.com, CEO Disney, Bob Chapek menuturkan hingga saat ini hanyalah sebuah prolog ke masa dengan Disney dapat menghubungkan dunia fisik dan digital lebih dekat.

3. Samsung

Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung turut melakukan ekspansi ke dunia metaverse. Hal tersebut ditunjukkan ketika mereka meluncurkan produk terbarunya, Galaxy S22 Series di Metaverse. 

Mengutip Engadget, metaverse Samsung bernama 837X, rekayasa dari toko Samsung di New York City, Amerika Serikat, yang berada di platform realitas virtual Decentraland. Alamat toko fisik aslinya berada di 837 Washington St.

4. McDonald's

Perusahaan yang menyediakan restoran cepat saji, McDonalds telah mengajukan 10 aplikasi merek dagang, menurut cuitan baru-baru ini yang berasal dari pengacara merek dagang Josh Gerben.

Seperti dilansir dari Bitcoin.com. dunia metaverse bertema McDonalds dapat menampilkan restoran yang nantinya dapat dioperasikan pengguna dan memesan dan melakukan pengiriman ke rumah pelanggan.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BRI hingga RANS Entertainment

5. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) 

Masuk ke daftar perusahaan dalam negeri, perusahaan yang mulai berekspansi ke dunia metaverse datang dari sektor perbankan. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) mengambil inisiatif untuk mengambil bagian dalam metaverse di dalam negeri.  

Untuk mewujudkan dan melancarkan langkahnya memasuki dunia Metaverse, BRI gandeng WIR Group untuk bekerja sama dalam pengembangan layanan perbankan di Metaverse. Kerja sama itu diresmikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BRI dan WIR Group pada Selasa, 8 Februari 2022.

6. PT Bank Negara Indonesia (Persero) 

Selanjutnya, masih dari sektor perbankan, PT Bank Negara Indonesia (Persero) kini yang resmi melakukan ekspansi ke metaverse. 

BNI resmi masuk ke dunia metaverse untuk memberikan pengalaman terbaru bagi para nasabahnya. Demi mewujudkan dan melancarkan langkahnya memasuki dunia Metaverse, BNI gandeng WIR Group untuk bekerja sama dalam pengembangan layanan perbankan di Metaverse.

Kerja sama itu diresmikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BNI dan WIR Group pada Selasa, 15 Februari 2022. 

7. Rans Entertainment

Perusahaan milik pasangan artis tanah air, Raffi Ahmad dan nagita Slavina, Rans Entertainment juga tidak luput untuk bergabung dalam dunia metaverse. Proyek metaverse terbaru mereka dinamai ‘RansVerse’.

Proyek metaverse milik Raffi dan Nagita ini merupakan kerjasama antara berbagai pihak yaitu ShintaVR, VCGamers, UpBanx dan Rans Animation. Informasi proyek metaverse terbaru mereka disampaikan langsung oleh Raffi melalui akun Instagram pribadi miliknya beberapa waktu lalu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.