Sukses

[Pekerjaan Impian] Bekerja dan Bermain di `Rumah Gunung`

Bermimpilah besar, dan berusahalah optimal untuk meraihnya.

Citizen6, Jombang: Bermimpilah besar, dan berusahalah optimal untuk meraihnya.

Setiap hal yang mengungkapkan tentang mimpi, impian, dan cita-cita memberi kesan tersendiri bagi Muhammad Zulianto. Walaupun secara konkret tidak bisa diukur, tetapi selalu menjadi muara kekuatan bagi yang menyakininya. Orang-orang besar menjadi besar karena mereka mempunyai mimpi, berkomitmen, yakin dan bekerja mewujudkan mimpi tersebut.

Alam adalah begian dari proses pembentukan karakter manusia. Dari lingkungan dan realitas alam manusia berpengaruh, baik pola pikir maupun kepekaan hati atas kehidupan sosilanya. Dari alam pula kecintaan akan nusantara dan kesadaran untuk membangun negeri terbentuk.

Zulianto mengaku, ia belajar itu dari Soe Hok Gie, seorang pendaki dan aktivis dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FSUI) pada 1969. Dari membaca bibliografi yang terkumpul dalam "Catatan Seorang Demonstran", ia  belajar berpandangan alam, yaitu alam merupakan unsur terpenting kehidupan yang harus dijaga, dirawat, dan dilestarikan.

Dari pandangan inilah, Zulianto ingin bekerja di "Rumah Gunung", yaitu sebuah komunitas yang tidak hanya bergerak untuk alam tapi juga menghasilkan uang.
 
"Di tempat itu, saya akan menjadi direktur penghimpun guide hiking. Di situ juga akan berkumpul komunitas pecinta dan peduli gunung. Pengelolaan keuangan dan hitungan gaji nantinya dihitung secara profesional," tuturnya.

Seperti sistem koperasi, tapi berfokus pada alam, lanjut Zulianto. Mereka akan siap dipanggil oleh "Rumah Gunung" dan ditempatkan dipendakian manapun jika ada wisatawan. Komunitas ini akan berorientasi sebagai corong tentang penghijauan, gerakan membersihkan sampah gunung, dan pelestarian alam.

Di saat-saat pasca duka seperti meletusnya Gunung Sinabung dan Kelud, gerakan ini yang akan turun tangan menjadi sekaligus mengajak para volunteer.

"Saya dan mereka yang (mau) akan memimpikan bermain juga bekerja untuk menjadi Hiking Guide dalam Komunitas Rumah Gunung yang peduli lingkungan. Saat ini saya dalam proses merintis mimpi itu," jelas Zulianto. (mar/kw)

Penulis
Muhammad Zulianto
Jombang, ombakompetxxx@yahoo.com
Twitter: zuliantomuhammad81@yahoo.com

Baca juga:
Coba Siomai Cikini, Hot dan Yummy
Urban Farming, Manfaatkan Lahan Kosong di Rumah
Yuk, Promosikan Artikel Blog Kamu di Liputan6

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini