Sukses

[Pekerjaan Impian] Menjadi Seorang Jurnalis

Bermula dari kebiasaannya menonton berita di televisi ketika masih duduk di bangku sekolah dasar, menjadi jurnalis adalah impiannya.

Citizen6, Pemalang: Berlari mengejar informan dengan membawa sebuah kamera dan microfon atau berdiri di depan kamera untuk mengabarkan suatu keadaan dan peristiwa teraktual ke khlayak ramai di televisi, berkalung id-card yang bergambar foto dan nama, adalah aktifvtas seorang juru warta atau yang lebih kenal dengan jurnalis.

Inilah impian sedari kecil seorang Ibnu Rofik. Bermula dari kebiasaannya menonton berita di televisi ketika masih duduk di bangku sekolah dasar.

Ibnu bersama keluarganya sering melihat reporter televisi mengabarkan berita teraktual langsung dari lokasi. Dari sini, ia ingin seperti mereka, mencari sumber berita dan mengunjungi tempat baru, bertemu orang baru, dan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Itulah gambaran seorang wartawan di benaknya. Sebuah profesi mulia dan penuh petualangan.

"Sebenarnya alasan mengapa saya mempunyai cita-cita menjadi wartawan karena saya ingin bisa berkeliling nusantara dan bahkan dunia," ungkapnya.

Meskipun sekarang bukan berprofesi seorang jurnalis, Ibnu tetap berusaha berkarya dengan membuat jurnalisme warga atau yang dikenal citizen journalism. Menurut pengakuannya, beberapa karyanya pernah ditayangkan beberapa stasiun televisi swasta nasional yang mempunyai program acara khusus citizen journalism.

Bagi Ibnu tidak ada yang bisa menyurutkan untuk mewujudkan cita-citanya. Tidak bekerja di pekerjaan yang diimpikan bukan berarti berhenti untuk berkarya. Semua pasti bisa terwujud bila kita berusaha. (Mar)

Penulis
Ibnu Rofik Sumber
Pemalang, rofikibxxx@gmail.co
Twitter @RofikIbnu
Facebook facebook.com/ibnu.rofik

Baca juga:
[Pekerjaan Impian] Kerja di `Belakang Layar` di Rumah Produksi
[Pekerjaan Impian] Penyanyi Profesional Tingkat Dunia
[Pekerjaan Impian] Insinyur Medis

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini