Seleksi Ketat, PWI Tangerang Minim Anggota

Oleh Liputan6 pada 19 Jan 2014, 08:51 WIB
Diperbarui 19 Jan 2014, 08:51 WIB
140119aferik.jpg
Perbesar
Citizen6,Tangerang: Meski jumlah jurnalis yang bertugas meliput berita ratusan orang, namun yang terdaftar pada organisasi profesi kuli tinta itu ternyata sangat minim.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Tangerang Banten, dari sekitar 300 wartawan daerah setempat, tercatat anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) hanya berkisar 30 orang. Ini terungkap saat pelantikan pengurus PWI periode 2013-2018 yang berlangsung di Gedung Remaja Kuring Tangerang, Sabtu 18 Januari 2014 kemarin.

Dalam kesempatan yang berlangsung sederhana itu dihadiri beberapa tokoh dan sejumlah awak penerbitan media cetak dan online. Sekretaris PWI Kabupaten Tangerang, Sangki Wahyudin, mengakui minimnya jumlah anggota PWI. Untuk itu dia segera mengumumkan penerimaan anggota baru agar para wartawan terwadahi dan ada perubahan organisasinya.

"Kami siap menerima anggota baru yang dapat memberikan kontribusi perubahan baik pada PWI," ujarnya di sela-sela acara.  

Pada kesempatan yang sama, Sahatma Refindo selaku Ketua PWI terpilih menegaskan minimnya anggotanya lantaran proses seleksi yang sangat ketat dalam perekrutan. Hal ini terkait media tempat wartawan bekerja dan ketatnya ujian yang mencakup kompetensi pada jenjang utama, madya, dan muda.

"PWI sebagai organisasi profesi tentunya bukan sebagai ormas yang mudah menerima anggota, tapi sebagai organisasi yang dapat menyelenggarakan uji kompetensi. Setiap anggota kami sertakan untuk mengikuti seleksi yang ketat dan berjenjang. Jelas, ada yang lulus dan ada yang tidak lulus ujiannya," tegas Sahatma.

Senada dengan hal tersebut, Ketua PWI Banten Firdaus mengatakan, sebagai pengurus wilayah pihaknya menyambut baik upaya pengurus daerah dalam meningkatkan profesionalisme para wartawan.

"Kami konsen untuk meningkatkan sumber daya manusis (SDM) para wartawan. Untuk teknisnya dibantu para pengurus yang ada di Kabupaten-Kota," ujarnya.

Acara pelantikan pengurus itu juga dihadiri Ketua Dewan Kehormatan Daerah H Agus (Radar Banten), dan Ketua PWI Kota Tangerang Agus Lasmita (Tangerang Raya). Adapun susunan pengurus yakni Ketua Sahatma Refindo (Warta Banten), Wakil Ketua Tabrani (Tangerang Raya)-Andi Setiadi (Nonstop), Sekretaris Sangki Wahyudin (Tangerang Ekspres), dan Bendahara Tarjo Simorangkir. (mar)


Penulis
Edy Syahputra Tanjung
Tangerang, esyahputratanjxxx@gmail.com

Baca juga:
[Resolusi 2014] Menjadi Wartawan yang Bisa Keliling Dunia
Konsep `Information Broker` ala Mantan Wartawan
Touring Forum Wartawan Otomotif

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Tag Terkait