Sukses

Tips Maksimalkan Kamar Kos

Apakah kamu anak kos? Jangan sedih dengan kamar kos yang sempit. Simak tipsnya dari kiriman artikel Yoga Pratama ini!

Citizen6, Semarang: Sebagian besar mahasiswa pendatang dari luar kota bertempat tinggal dengan cara menyewa kamar kos. Di dalam kamar inilah mereka akan menghabiskan seluruh waktunya untuk beristirahat dan belajar di samping jadwal perkuliahan. Kebanyakan kamar kos berada di dalam sebuah ruangan yang tidak luas, atau dapat disebut juga dengan minimalis. Rata-rata kamar kos berukuran 3x3 meter yang bisa dibilang cukup sempit. Tentu saja banyak mahasiswa yang mengeluhkan permasalahan tersebut. Untuk mengatasinya ada beberapa cara untuk memaksimalkan kamar kosminimalis yang nyaman untuk ditinggali.

Yang pertama adalah penempatan perabotan yang akan dimasukan ke dalam kamar kos. Penempatan perabotan atau tata letak merupakan hal yang sangat penting. Dengan ukuran ruangan yang dapat dikatakan sempit, tidak semua barang dapat dimasukkan ke dalam kamar kos agar tidak kelihatan penuh sesak. Pastikan semua perabotan yang akan dimasukkan adalah barang yang diperlukan saja. Barang pokok di dalam kamar kos yaitu kasur, lemari pakaian dan meja belajar.

Yang kedua yaitu pemilihan perabotan. Dalam pemilihan barang dapat disesuaikan dengan keinginan atau luas kamar. Misalnya dalam memilih kasur, dapat langsung ditempatkan di atas lantai atau menggunakan dipan. Pada kamar yang ukurannya sempit, penggunaan dipan mempunyai manfaat lain, yaitu bagian bawahnya dapat untuk menyimpan barang. Barang atau perabotan yang lainnya yaitu lemari pakaian dan meja belajar. Dalam memilih lemari pun tidak perlu yang besar, secukupnya saja asal dapat menampung semua pakaian. Begitu pula dengan meja belajar, tidak perlu lebar, tetapi nyaman untuk belajar.

Selanjutnya adalah penggunaan warna cat. Penggunaan warna cat sendiri dapat meningkatkan tingkat keindahan dan kenyamanan bagi penghuni kamar kos itu sendiri. Warna-warna cat pada tembok mempunyai makna tersendiri, seperti biru memiliki makna ketenangan, kuning ceria, merah berani, dan lainnya. Mungkin dinding yang berhadapan dengan pintu dapat dicat hijau muda agar memberikan nuansa segar saat memasuki kamar kos. Warna orange pada dinding yang di depan meja belajar untuk memberi kesan damai, bersahabat dan menarik hati sehingga nyaman untuk belajar. Namun semua perpaduan warna cat pada ruangan harus tepat agar tidak terkesan asal-asalan.

Itulah beberapa konsep dasar dari dekorasi kamar kosminimalis yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan keadaan kamar yang ukurannya tidak terlalu luas. (bnu)

Penulis:
Yoga Pratama
Semarang, yogapratama2xxx@gmail.com.
 
Baca
Juga:
6 Tips Hemat Uang Jajan Mahasiswa Kos
5 Tips Sukses Hadapi UAS Bagi Mahasiswa
6 Tips Traveling Murah untuk Mahasiswa

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.