Sukses

Pelangi Di Kampung Pak SBY, Pantai Klayar Pacitan

Kampung halaman Pak SBY ini ternyata mempunyai potensi wisata yang sangat indah terutama Pantai Klayar.

Citizen6, Pacitan: Kampung halaman Pak SBY ini ternyata mempunyai potensi wisata yang sangat indah terutama Pantai Klayar. Dahulunya Pantai Kalayar hanya dikenal melalui dunia maya dan dari mulut kemulut. Namun setelah keluarga Presiden SBY mengunjungi tempat ini, dan Ibu Ani Yudhoyono mempostink foto-foto kebersamaan keluarga di akun instagramnya, pantai Kalayar sontak menjadi sorotan banyak orang.

Pantai ini memang belum tersentuh, pemerintah daerah setempat juga sedang dalam tahap pengelolaan agar nantinya pantai ini bisa menjadi tujuan wisata.

Memang tidak dipungkiri lagi keindahan pantai ini, meskipun hanya memiliki garis pantai yang tidak panjang, kira-kira seperti garis pantai Ancol. Pantai Klayar mampu menarik banyak wisatawan dari luar maupun dalam negeri. Setelah tiba di sana anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa dengan pasir putih, karang raksasa yang mirip dengan Sphinx di Mesir, gulungan ombak yang menghantam laguna kemudian memecah dan berputar di hamparan pasir putih, air mancur alami dari bawah karang setinggi 10 meter atau biasa disebut seruling lau dan batu batuan karang yang menjulang tinggi. Pantai Kalayar ini juga dikelilingi oleh tebing tebing karang, dan diatas tebing ada sebuah pura seperti di Tanah Lot, Bali.



Pantai Klayar terletak kurang lebih 45 km sebelah barat Pacitan tepatnya di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo. Jika anda akan menuju ke sana disarankan untuk berhati-hati karena jalan yang sempit dan rusak di beberapa bagian, kelokan tajam serta rute naik turun perbukitan. Ada beberapa ruas dengan tanjakan dan turunan cukup ekstrim. Namun, keindahan pemandangan bukit dan lembah hijau akan menemani anda sepanjang perjalanan.

Jika anda sedang beruntung, anda akan menjumpai pelangi diatas karang raksasa yang berbentuk mirip seperti Sphinx. Tertarik untuk melihat keeksotisan alam yang masih alami? Ayo kunjungi pantai Klayar Pacitan, perjalanan yang ekstrim dan cukup lama dijamin akan terbayar!

 Penulis
Suzka Adiratna Novitha
Semarang, suskaXXX@gmail.com

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.