Study Tour, Liburan Singkat yang Kaya Manfaat

Oleh Liputan6 pada 10 Des 2013, 09:52 WIB
Diperbarui 10 Des 2013, 09:52 WIB
131210atur.jpg
Perbesar
Citizen6, Jakarta: Hampir seluruh kegiatan belajar mengajar di setiap sekolah dihabiskan di dalam kelas. Siswa-siswi selalu dihadapkan dengan berbagai macam materi, rumus, dan soal-soal yang tentunya akan menguras kemampuan otak mereka. Tentulah hal itu sangat menjenuhkan bagi sebagian besar dari anak-anak sekolah. Tapi untungnya, ada beberapa sekolah yang mengatasi hal semacam itu dengan menambahkan kegiatan study tour pada kalender akademik mereka.
    
Study tour merupakan kegiatan yang menyenangkan namun juga bermanfaat. Anak-anak sekolah bisa menikmati liburan singkat mereka bersama teman-teman sebayanya, dan tidak ketinggalan. Mereka juga masih bisa belajar selagi jalan-jalan, yaitu dengan menambah pengetahuan umum dari tempat-tempat yang mereka kunjungi seperti museum, tempat bersejarah, taman bermain yang asyik, kuliner, dan berbagai macam hal lainnya. Dengan begini, mereka tidak akan gampang merasa bosan namun justru termotivasi untuk bisa terus belajar dan berkembang setiap harinya.

Banyak sekali tempat-tempat unik dan menarik di dalam negeri dan luar negeri yang patut dikunjungi dan disaksikan sendiri keindahannya. Di jaman saya SMP (sekitar tahun 2008), tujuan study tour sekolah saya adalah Malaysia dan Singapura. Selain dekat dari Batam, juga tidak perlu menguras uang banyak untuk biaya transportasi karena bisa menggunakan kapal ferry. Banyak sekali kegiatan menarik dan menyenangkan yang saya lakukan disana, apalagi melakukannya bersama teman-teman.

Di Malaysia, ada banyak tempat menarik yang harus didatangi seperti KL Tower, yaitu sebuah menara kembar menjulang tinggi yang terletak di kawasan Kuala Lumpur, juga ada Genting Highlands yang merupakan sebuah taman bermain indoor dan outdoor yang sangat menyenangkan yang terletak di kawasan Pahang dengan hotel yang memiliki kamar terbanyak di dunia, juga beberapa museum bersejarah yang menceritakan tentang Malaysia dan sejarahnya, pabrik-pabrik roti dan makanan menarik yang harus dikunjungi.

Di Singapura, kami mengunjungi Science Centre yang sangat menyenangkan juga bermanfaat. Di Science Centre, kita dapat belajar mengenai ilmu pengetahuan dengan cara yang tidak membosankan. Ada juga Seaworld Underwater, tempat dimana kita bisa melihat hewan-hewan bawah laut yang unik dan beragam dengan berkeliling. Serta ada juga Merlion Statue, yaitu simbol Negara Singapura yang berwujud singa dengan mulut terbuka.

Intinya, dengan adanya study tour, maka siswa-siswi akan mendapatkan pelajaran serta pengalaman berharga dan tak terlupakan sepanjang hidup mereka. Selain itu, kegiatan belajar mengajar di sekolah mereka juga tidak akan terabaikan karena mereka masih bisa membuat rangkuman perjalanan mereka sepulang dari study tour. (Yeremi Gamaliel Sihombing/mar)

Penulis
Yeremi Gamaliel Sihombing, Jakarta, yeremigamalXXX@gmail.com


Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya