Sukses

Coklat, Melindungi Gigi dari Kerusakan

Dengan rasanya yang manis dan nikmat, makanan yang berasal dari biji buah kakao ini dapat mencegah kerusakan gigi.

Citizen6, Jakarta: Makanan yang satu ini memang sangat disukai dari anak-anak sampai orang dewasa. Dengan rasanya yang manis dan nikmat, makanan yang berasal dari biji buah kakao ini ternyata dapat juga mencegah kerusakan terhadap gigi.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti asal Osaka University di Jepang, ditemukan bagian luar dari kulit biji kakao yang biasanya untuk pembuatan coklat, memiliki efek anti bakteri pada mulut dan dapat melawan plak secara efektif dan bakteri-bakteri lainnya yang berada di mulut. Tim dari peneliti Easrman Dental Center, Rochester, AS juga mengemukakan coklat mampu menjegal perkembangan bakteri mulut penyebab kerusakan gigi, berkat kandungan fosfatnya yang tinggi.

Pembusukan gigi terjadi ketika bakteri yang berada dalam mulut berubah menjadi asam, yang akan merusak permukaan gigi dan menyebabkan karies. Para ilmuan mengatakan coklat lebih sedikit pengaruhnya dalam memicu keropos gigi daripada makanan main lainnya, karena antibakteri yang terkandung dalam biji kakao mengimbangi gula dalam tingkat tinggi.

Dari teori-teori yang di kemukakan oleh kedua peneliti tersebut, lalu para peneliti itu menguji pada tikus dengan menambahkan ekstrak bagian dari coklat itu pada air minum tikus. Dalam pengujian yang lain, para ilmuan memberikan tikus makanan bergula tinggi, dan ternyata tikus tersebut mengalami pelubangan pada 14 giginya. Tetapi pada pengujian tikus yang diberi ekstrak coklat hanya terdapat 4-6 lubang pada giginya.

Dari penelitian tersebut terbukti, coklat dapat mencegah kerusakan pada gigi. Rencannya para peneliti tersebut akan mengujianya pada manusia. Takashi Ooshima, dari Universitas Osaka, mengatakan,"Mungkin ekstrak dari coklat ini akan dimasukkan dalam pencuci mulut, atau penambahan zat ini ke dalam pasta gigi. Sekaligus akan merevisi kembali pembuatan coklat yang lebih baik untuk gigi." (Roy Bagus Royyani/mar)

Roy Bagus Royyani adalah pewarta warga.

Mulai 18 November-29 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Guruku Idolaku". Dapatkan merchandise menarik dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini