Pura Jagatkarta, Balinya Bogor

Oleh Liputan6 pada 12 Nov 2013, 12:35 WIB
Diperbarui 12 Nov 2013, 12:35 WIB
131112bpura.jpg
Perbesar
Citizen6, Bogor: Berlibur merupakan sebuah kegiatan menyenangkan guna melepaskan penat rutinitas kerja, terlebih bagi para pekerja di ibukota.  

Bali merupakan destinasi pertama bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan budaya di pulau para dewa tersebut. Namun tidak semua orang dapat berkunjung ke sana dengan berbagai alasan, mulai dari persoalaan budget, waktu dan lain-lain. Tapi bagi Anda para backpacker yang ingin menikmati suasana Bali tanpa memakan budget yang besar, jangan khawatir, ada Pura Jagatkarta yang bisa Anda kunjungi.

Destinasi wisata yang satu ini terletak di kaki Gunung Salak dan merupakan pura Hindu terbesar yang berada di Kota Bogor. Untuk mengunjunginya, cukup ditempuh 30 menit dari pusat Kota Bogor ke daerah Kecamatan Taman Sari, Ciapus.  

Kesan pertama yang akan di dapat ketika memasuki wilayah Pura Jagatkarta ini adalah kesejukan udara Gunung Salak yang dingin dan pemandangan landscape keindahan Gunung Salak. Naik ke dalam pura, udara dingin berubah dengan suasana magis dari pura ini. Sama halnya seperti di Bali, sebelum memasuki areal pura, kita harus mengenakan sebuah kain ikat pinggang berwarna kuning, kemudian melepaskan alas kaki kita.

Di dalamnya terdapat 3 buah bangunan menyerupai candi. Pada bangunan candi yang paling tinggi terdapat ornamen 2 naga bermahkota yang konon merupakan teman sang prabu siliwangi. Bangunan ini juga merupakan gapura atau pintu masuk ke dalam areal pura yang lain. Namun tidak semua orang dapat memasuki areal pura tersebut.

Selain itu, pura ini juga dijadikan tempat penyembahan terhadap prabu siliwangi yang merupakan seorang raja terkenal di kerajaan Padjajaran. Di sana dapat ditemukan juga sebuah patung ganesha berukuran besar sebelum memasuki areal pura.

Jadi, bagi Anda yang ingin mengunjungi Pura Jagatkarta, tak perlu khawatir. Karena Anda tidak akan dipungut biaya alias gratis memasuki kawasan pura ini. Namun jika ingin memberikan sedikit uang untuk perawatan pura ini, disediakan sebuah kotak bila hendak menyumbang. Selamat Berlibur! (Heru Riswan/mar)

Heru Riswan adalah pewarta warga yang bisa dihubungi via Twitter: @heruryzwan

Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Dapatkan 3 tiket masuk ke acara Startup Asia Jakarta 2013, yang masing-masing tiketnya bernilai Rp 3,3 jutaan ditambah merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya