Sukses

Beruntung Jadi Orang Indonesia

Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati oleh masyarakat dunia.

Citizen6, Bandung: Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati oleh masyarakat dunia. Keindahan alam Indonesia yang luar biasa, serta uniknya kebudayaan yang ada di Indonesia menjadi daya tarik utama bagi masyarakat dunia untuk mengunjungi Indonesia. Selain itu, masih banyak lagi hal luar biasa yang dimiliki oleh Indonesia, yang membuat kita merasa sangat beruntung dilahirkan di Indonesia.

Berikut 6 alasan yang membuat saya cinta pada Indonesia, yaitu:

1. Pesona keindahan alam
 
Indonesia merupakan salah satu negara dengan keindahan alam yang sangat mempesona. Pesona keindahan alam Indonesia sudah menjadi buah bibir masyarakat dunia sejak dahulu, sehingga Indonesia menjadi tujuan wisata favorit masyarakat dunia. Pada 2012 saja, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada 8 juta turis asing yang mengunjungi Indonesia.

2. Keanekaragaman suku bangsa dan adat istiadat

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memiliki 1.128 suku bangsa. Hal ini tentu saja sangat mengagumkan, karna jarang sekali ada negara yang memiliki ribuan suku bangsa seperti yang dimiliki oleh Indonesia.

3. Kekayaan kuliner

Indonesia memang kaya akan sumber daya alam dan kaya akan budaya. Tapi yang juga perlu diingat, Indonesia juga memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan melimpah. Melimpahnya rempah-rempah serta keahlian masyarakat dalam mengolahnya, menjadi faktor utama kekayaan kuliner di Indonesia . Bahkan saat ini ada beberapa masakan Indonesia yang  sudah mendunia, seperti  rendang, nasi goreng dan sate. Ketiga masakan tersebut sudah tak asing lagi bagi masyarakat dunia, dan saat ini masakan-masakan Indonesia sudah mulai menjadi menu spesial  di restoran-restoran terkenal yang ada di dunia.

4. Sejarah yang menakjubkan

Salah satu hal yang membuat cinta dan bangga pada Indonesia adalah sejarahnya yang menakjubkan. Catatan-catatan seputar perjuangan para pahlawan untuk memperoleh kemerdekaan selalu menjadi hal yang sangat menarik untuk dibaca dan dipelajari. Banyak sekali pelajaran dibalik perjuangan para pahlawan yang bisa membuat siapa saja termotivasi untuk ikut serta membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik lagi.

5. Prestasi  anak bangsa

Prestasi yang telah diukirkan oleh putra-putri bangsa Indonesia juga menjadi pemicu mengapa cinta negeri ini. Mulai dari prestasi akademik, olahraga, serta kreativitas anak bangsa membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang berprestasi. Banyak sekali anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, seperti Taufik Hidayat (badminton), Chris John (tinju), dan  Jonathan Pradana Mailoa (olimpiade fisika) dan lain-lain.


6. Keragaman bahasa daerah dan bahasa persatuan

Keragaman bahasa daerah dan adanya bahasa persatuan. Indonesia memiliki 583 bahasa daerah yang berbeda, hal ini tentu saja menambah keunikan negeri ini. Tetapi, yang lebih membuatku bangga adalah dibalik banyaknya bahasa daerah, Indonesia juga memiliki bahasa persatuan, yakni bahasa Indonesia. Dengan adanya bahasa persatuan ini, setiap daerah bisa berkomunikasi dengan daerah lainnya dengan mudah, dan tentunya dengan adanya bahasa persatuan, Indonesia bisa bersatu dan tidak terpecah-belah.

Itulah 6 alasan yang membuatku cinta Indonesia dan betah tinggal di Indonesia. (Purnama Shidiq/mar)

Purnama Shidiq adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.