Sukses

Indonesia, Kirimkan Hangatnya Matahari Untukku

Untuk mengungkapkan perasaan cinta kita terhadap Indonesia, tidak cukup hanya dengan 6 alasan saja.

Citizen6, Jerman: Untuk mengungkapkan perasaan cinta kita terhadap Indonesia, tidak cukup hanya dengan 6 alasan saja. Berikut ini 6 alasan lain yang membuat saya semakin mencintai negeri ini.

1. Suhu di Indonesia

Berbicara mengenai suhu dan iklim di Indonesia, banyak yang mengatakan "enak banget" yah kalo ada salju, "benci banget" suhu di Indonesia, panas. Namun sekarang kita bisa bersyukur, karena hangatnya matahari masih bisa kita rasakan. Lain halnya dengan di Jerman, di negara ini orang selalu kangen dengan matahari. Oleh karena itu, sekali melihat matahari, mereka bisa buat pesta BBQ di tiap rumah. Hal ini dikarenakan musim dingin/salju yang datang lebih panjang dibandingkan musim panas.

2. Sumber Daya Alam melimpah ruah

Di Indonesia, dengan mudahnya ditemui pohon kelapa sawit, pohon karet, tambang batu bara, bahkan tambak ikan. Untuk menunjang itu semua, kita hanya tinggal menciptakan tenaga ahli yang terampil.

3. Dunianya hewan air

Di Jerman sangat sulit untuk mencari ikan, cumi-cumi, kepiting, dan lain-lain. Khususnya yang masih  berbau fresh. Walaupun ada, mereka sudah masuk dalam bungkusan dan beku.

4. Di Indonesia, "Alles sind Billig"

Alles sind billig = semuanya murah. Kita tahu kalo sekarang ini kurs penukaran uang sedang tinggi, khususnya Euro ke Rupiah. 1€= Rp 14 ribu. Segala kebutuhan di Indonesia relatif lebih murah. Sebut saja telur yang per biji seharga Rp 10 ribu, di sini (Jerman), 10 telur bisa mencapai 2,15€ atau sekitar Rp 32 ribu an.

5. Negara Praktis

Praktis dalam arti di tiap sudut jalanan, gampang ditemui jajanan kaki Lima. Toko-toko yang jualan koran, makanan ringan, tukang bakso keliling, dan lain-lain. Belum lagi warnet, tempat fotocopy banyak bertaburan di jalanan.

6. Indonesia punya sejarah-sejarah yang tak terlupakan

Sebut saja Kerajaan Majapahit, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Gowa Tallo, dan lain-lain. Belum lagi penjajahan yang pernah di alami negara Kita oleh Belanda dan Jerman. Bukankah itu semua sangat berharga? (Ivana Irene/mar)

Ivana Irene adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.