Sukses

Kapal Perang TNI AL Angkut 1793 Pemudik Arus Balik Semarang

Sebanyak 1793 penumpang bertolak dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang dengan menggunakan KRI Banda Aceh-593 menuju Jakarta.

Citizen6, Jakarta: Sebanyak 1793 penumpang dan 728 unit kendaraan bermotor roda dua, bertolak dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, tepat pukul 10.17 WIB, dengan menggunakan KRI Banda Aceh-593 menuju Jakarta.

Pemberangkatan pemudik yang merupakan arus balik dari Semarang dengan menggunakan kapal perang pada Selasa 13 Agustus 2013 ini, merupakan rangkaian dari program mudik lebaran gratis yang dilaksanakan pemerintah dalam hal ini kerja sama Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dengan TNI Angkatan Laut.

Sebelumnya KRI Banda Aceh telah mengangkut pemudik dari Jakarta ke Semarang sebanyak 2 kali, yaitu pada 4 dan 6 Agustus lalu. Menurut Komandan KRI Banda Aceh Letkol Laut (P) Yana Hardiyana, pada pemberangkatan dari Semarang yang merupakan arus balik ini, tidak jauh berbeda dengan pelayaran sebelumnya dalam hal waktu dan jarak tempuh, maupun kegiatan selama pelayaran.

Hanya saja, lanjut Komandan KRI Banda Aceh, pada arus balik ini pelayaran dilaksanakan tidak dalam suasana
menjalani ibadah puasa, sehingga tidak dilaksanakan buka puasa maupun sahur bersama serta salat tarawih
berjamaah. Namun seluruh penumpang tetap mendapatkan makan gratis dan disiapkan fasilitas ibadah, kesehatan, juga hiburan berupa pemutaran film serta fasilitas lainnya.

Pemberangkatan angkutan laut arus balik gratis dengan menggunakan KRI Banda Aceh ini, secara resmi dilepas oleh Wakil Menteri Kementerian Perhubungan RI Bambang Susantono dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menuju Jakarta yang diperkirakan tiba pagi ini, Rabu (14/8/2013).

Sebelum pemberangkatan Wamenhub yang didamping Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Semarang, Kolonel Laut (P) Rahymawanto serta Kepala Administrator Pelabuhan (Adpel) Tanjung Emas Semarang, Capt Karolus G Sangaji, menyempatkan untuk meninjau langsung kesiapan dari KRI Banda Aceh dan berinteraksi langsung dengan pemudik. (Letkol Laut (KH) Drs Heddy Sakti A/Mar)

Letkol Laut (KH) Drs Heddy Sakti A adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.