Sukses

6 Alasan Orang Tak Mau Miliki Komitmen saat Jalin Hubungan Asmara

Alasan umum seseorang tidak mau menjalin komitmen bisa dikarenakan mereka baru saja keluar dari suatu hubungan dan belum siap menerima orang baru.

Liputan6.com, Jakarta - Komitmen merupakan bentuk tindakan untuk mengikat diri pada suatu yang telah dijanjikan. Seseorang mungkin perlu memiliki komitmen saat menjalani hubungan asmara.

Butuh adanya validasi atas kepemilikan dirinya terhadap pasangannya. Akan tetapi, sebagian dari mereka memilih untuk menjauh dari komitmen.

Mungkin kalian pernah melihat seseorang yang tidak menginginkan berada pada suatu hubungan. Ya, ini menjadi salah satu ciri seseorang takut berkomitmen.

Anehnya, mereka cenderung didekati banyak orang, bahkan terlibat dengan interaksi yang begitu intens. Umumnya, seseorang yang melihat kondisi ini akan langsung menganggap mereka hanya main-main saja.

Seseorang yang takut menjalani hubungan asmara tak memiliki keberanian yang cukup untuk mengambil keputusan.

Padahal, setiap orang perlu mendapatkan kejelasan terhadap hubungan yang sedang dijalaninya. Jahat rasanya jika menggantungkan seseorang pada harapan, yang mungkin tak akan pernah tahu kemana arahnya.

Dilansir dari regain us, Jumat (9/12/2022), alasan umum seseorang tidak mau menjalin komitmen bisa dikarenakan mereka baru saja keluar dari suatu hubungan dan belum siap menerima orang baru.

Di samping itu, sebagian orang pun cenderung menutup diri dan tak mau berkomitmen, karena baru saja terluka atas perbuatan pasangannya di masa lalu.

Oleh karena itu, mereka tidak ingin menjalani hubungan asmara dengan alasan sulit mempercayai siapa pun. Ini menjadi salah satu bentuk trauma yang dirasakan seseorang atau yang sering kita sebut sebagai trust issue.

Berikut sederet alasan yang mungkin membuat seseorang takut menjalin komitmen saat menjalani hubungan asmara:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Punya Pasangan dan Ingin Selalu Bebas

1. Sudah Memiliki Pasangan

Pernahkah kalian terjebak dalam interaksi kuat dengan seseorang? Tak menutup kemungkinan mulai timbul perasaan dengannya, jika terjadi secara terus menerus.

Namun, ketika mencoba lebih dekat lagi, gebetanmu malah menutup diri dan cenderung menjauhimu. Kalian pasti penasaran, alasan mengapa ia melakukan hal tersebut?

Cobalah cek akun media sosial miliknya, cari tahu lebih dalam tentangnya. Apakah sudah punya pasangan atau belum?

Jika sudah, wajar saja mereka menjauhi darimu. Bukan takut berkomitmen denganmu ia lebih menghargai hubungan asmara yang telah dijalaninya. Lebih baik mundur perlahan, jangan memaksakan perasaanmu untuknya.'

 

2. Ingin Selalu Bebas

Sejumlah orang menilai hubungan asmara menjadi suatu hal yang membutuhkan kerja sama. Seseorang yang tak memiliki hubungan, cenderung bebas melakukan berbagai macam hal. Berbeda dengan mereka yang telah memiliki pasangan.

Dalam suatu hubungan, seseorang perlu memikirkan perasaan pasangannya. Mereka tak boleh egois untuk mengambil sebuah keputusan.

Maka dari itu, mereka yang tak berani mengambil komitmen dalam hubungan asmara, mungkin masih ingin bebas tanpa adanya aturan dari pasangan.

3 dari 4 halaman

Tak Siap Secara Emosional dan Tidak Punya Waktu

3. Tak Siap Secara Emosional

Hal ini mungkin sejalan dengan rasa kebebasan yang diinginkan oleh seseorang. Sebagian orang cenderung menutup diri dan tidak ingin mengungkapkan perasaan emosional yang dirasakannya.

Berada pada suatu hubungan asmara, perlu melibatkan komunikasi yang baik. Mustahil rasanya jika tak ada interaksi sama sekali.

Mereka pun perlu mendiskusikan berbagai macam hal, termasuk konflik yang datang. Oleh karena itu, seseorang yang tak ingin berkomitmen mungkin belum siap secara emosional.

Daripada terjadi silent treatment lebih baik ia menjalani kehidupannya sendiri saja, tanpa pasangan pun tak apa.

 

4. Tak Punya Waktu Untuk Kencan

Berani mengambil keputusan untuk menyatukan dua individu tentu saja perlu memiliki banyak kesamaan. Contohnya adalah kesamaan waktu.

Bayangkan saja, ketika kalian memiliki jam terbang yang berbeda, mungkin kalian akan merasa kesepian. Hal ini dikarenakan, saat kalian ingin pergi kencan, pasangan malah memiliki kesibukan, sehingga menunda semua rencana.

4 dari 4 halaman

Ada Trauma dan Insecure

5. Trauma di Masa Lalu

Mengalami trauma masa lalu dapat menyebabkan seseorang menjauh dari kata komitmen. Peristiwa buruk yang menimpa dirinya di masa lalu meninggalkan luka mendalam yang membuat mereka cemas dan memiliki ketakutan.

Rasa takut akan dikecewakan seperti yang telah dilaluinya, mungkin menjadi salah satu faktor ia tak ingin berkomitmen dengan orang baru.

 

6. Insecure

Insecure menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang tidak ingin berkomitmen. Rasa takut akan penolakan, membuat mereka menutup diri.

Mereka pun merasa kurang pantas untuk menjalani hubungan asmara, sehingga memilih untuk menyendiri saja. Insecure bukan hanya didasari secara fisik saja, namun kesiapan mental, ekonomi dan faktor lain pun bisa memengaruhinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.