Sukses

7 Tanaman Hias Ini Bisa Dipajang dalam Kamar Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Salah satu cara termudah untuk mengubah kamar tidur menjadi tempat yang nyaman dan damai adalah dengan tanaman hias dalam ruangan.

Liputan6.com, Jakarta - Bisa saja sebagian dari kita menghabiskan banyak waktu di kamar tidur. Jadi, cukup penting untuk mendesain ruang yang memastikan kamu mendapatkan istirahat yang nyenyak.

Salah satu cara termudah untuk mengubah kamar tidur menjadi tempat yang nyaman dan damai adalah dengan tanaman dalam ruangan.

Tidak hanya terlihat indah, tanaman hias sebenarnya dapat membantu meningkatkan kesehatan, suasana hati, dan kualitas tidur juga. 

Menurut penelitian NASA, sejumlah tanaman hias populer telah ditemukan untuk meningkatkan kualitas udara dengan menyebarkan racun dan melepaskan oksigen sepanjang malam.

Tanaman yang tepat juga dapat meredakan alergi dan mengurangi stres.  Selain itu, tanaman dapat meningkatkan estetika kamar tidur. Pilihan tanaman untuk kamar tidur yang mudah dirawat yang tumbuh subur dalam kondisi cahaya redup. 

Mengutip Good Housekeeping, Rabu (7/12/2022), berikut jenis tanaman hias untuk kamar tidur yang dapat membantu tidur lebih nyenyak:

 

1. English Ivy

Entah menggantungkan di atas nakas atau dari penanam gantung, tanaman ivy adalah pilihan tepat untuk kamar tidur, karena tanaman trailing ini dikenal melepaskan oksigen dan menyerap polutan udara dalam ruangan seperti formaldehida dan amonia.  

 

2. Lidah Mertua

Lidah mertua telah menjadi tanaman hias yang populer selama beberapa dekade karena sangat mudah dirawat dan tidak mudah mati. Yang dibutuhkan lidah mertua hanyalah cahaya tidak langsung dan sedikit air. 

 

3. Monstera

Kamu mungkin pernah melihat keindahan yang mengilap ini di seluruh Instagram, dan untuk alasan yang bagus.

Monstera, yang juga dikenal sebagai swiss cheese plant, adalah pilihan yang mudah dirawat yang membutuhkan sedikit cahaya dan penyiraman sekali seminggu.

Tapi perlu diperhatikan sebaiknya menghindari tanaman ini jika memiliki hewan peliharaan, karena dedaunannya dapat mengiritasi kucing, anjing atau hewan kecil lainnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Palem Parlor hingga Sirih Gading

4. Palem Parlor

Palem parlor atau chamaedorea elegans memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan kondisi cahaya rendah yang ditemukan di sebagian besar rumah.

Menurut studi NASA tentang tanaman yang membersihkan udara, mereka juga dapat menghilangkan benzena dan trikloroetilen dari rumah atau tempat kerja kalian.

 

5. Lavender

Dengan daun hijau keperakan dan bunga ungu, lavender menjadi aksen yang cantik di samping tempat tidur dengan aroma menenangkan yang menurut penelitian dapat memberikan efek menenangkan pada sistem saraf kita.

Perlu diingat bahwa tanaman tahunan ini tidak akan bertahan selamanya di dalam ruangan, tetapi masih akan menjadi tambahan yang menyenangkan selama beberapa bulan. Tanamlah di luar setelah mekar. 

 

6. Bambu Keberuntungan

Tanaman yang tak mudah mati satu ini dikatakan membawa energi positif dan keberuntungan ke rumah kita. Tanaman ini juga cukup toleran, dengan cahaya rendah.

 

7. Sirih Gading

Tanaman kuat ini memiliki merupakan tanaman merambat dan menjuntai yang cocok dipajang di atas meja rias, rak atau pekebun gantung. Tanaman ini lebih menyukai cahaya sedang, tetapi akan mentolerir cahaya rendah.

3 dari 4 halaman

Tak Hanya Mempercantik Ruangan, 11 Tanaman Ini Efektif Cegah Debu di Rumah

Debu bisa berdatangan dari mana saja dan kapan saja. Hal umum yang dilakukan ketika banyak debu berserakan pasti menyapu atau mengepelnya.

Karena kita menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, membuat kualitas udara dalam ruangan yang sehat menjadi prioritas utama.

Studi Udara Bersih NASA menemukan bahwa beberapa tanaman dalam ruangan dapat mengurangi polutan udara dalam ruangan. Hal ini menjadi berita bagus bagi para pecinta tanaman hias.

Sebuah studi baru oleh Journal of Exposure Science & Environmental Epidemiology menyimpulkan bahwa, meskipun tanaman dalam ruangan memang memurnikan udara, mereka melakukannya dengan kecepatan yang terlalu lambat untuk membuat banyak perbedaan.

Melansir HGTV, berikut ini 11 jenis tanaman yang bisa mengurangi tingkat debu di dalam rumah:

1. Daun Ivy

2. Palem Bambu

3. Sri Rejeki

4. Lidah Mertua

5. Peace Lily

6. Lili Paris

7. Sri Gading

8. Sirih Gading

9. Palem Parlor

10. Lidah Buaya

11. Palem Jari

4 dari 4 halaman

Hindari 10 Tanaman Hias Ini Bila Kamu Merawat Kucing di Rumah

Tanaman hias umum ditemukan di hampir setiap rumah. Tetapi beberapa tanaman, seperti bunga lili, meskipun indah, termasuk yang paling beracun bagi kucing.

Bunga-bunga berwarna-warni atau dedaunan yang semarak ini dapat mencerahkan ruang hidup Anda, membantu memurnikan udara dalam ruangan, dan telah terbukti membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

Sayangnya, jika Anda memiliki kucing, ada tanaman hias yang tidak boleh Anda bawa ke rumah karena sifat beracunnya -terutama karena kucing terkenal nakal dan cenderung mengunyah sesuatu.

Beberapa tanaman yang beracun bagi kucing juga berbahaya bagi manusia jika tertelan, seperti pakis haji, bunga lili, dan beberapa lainnya.

Tanaman-tanaman ini juga tidak aman di sekitar bayi, terutama bayi dan balita yang suka memasukkan segala sesuatu yang berada dalam jangkauan tangan ke dalam mulut mereka.

Banyak tanaman yang sama yang beracun bagi kucing juga tidak aman di sekitar anjing. Mengutip The Spurce, Jumat 17 November 2022, berikut beberapa tanaman hias populer yang harus dihindari jika Anda memiliki kucing:

1. Bunga Lili

2. Lidah Buaya

3. Monstera Deliciosa

4. Sirih Gading

5. Lidah Mertua

6. Pakis Haji

7. English Ivy

8. Dieffenbachia

9. Oleander

10. Tulip

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.