Sukses

6 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Tingkatkan Mood

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat berenang bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada begitu banyak manfaat luar biasa dari berenang, baik yang berhubungan dengan kesehatan maupun lainnya. Tak heran jika berenang menjadi salah satu olahraga yang paling banyak diminati individu.

Banyak individu menjadikan berenang sebagai aktivitas rutin mereka, karena mereka merasakan manfaat yang dihasilkan dari waktu ke waktu.

Para ahli bahkan merekomendasikan orang dewasa untuk melakukan aktivitas sedang selama 150 menit atau 75 menit aktivitas berat setiap minggunya. Jadi, berenang menjadi cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular kalian.

Berenang selama satu jam akan membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berlari, tanpa semua dampak pada tulang dan sendi kalian.

Berenang juga memiliki berbagai macam gaya yang dapat kalian coba, sehingga olahraga ini tidak akan terasa membosankan. Selain itu, berenang juga bisa dilakukan sendiri maupun bersama-sama sehingga aktivitas ini juga cocok bersama keluarga.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat berenang bagi kesehatan, seperti melansir dari The Fact Site, Rabu (7/12/2022).

1. Baik untuk Persendian

Apabila kalian baru pulih dari cedera atau persendian, kalian tidak dapat menahan tekanan yang tinggi, berenang adalah cara yang baik untuk tetap bergerak dan tetap aktif.

Ini bisa menjadi cara untuk memudahkan tubuh kembali berolahraga, karena air meredakan rasa sakit dan memungkinkan persendian bergerak lebih bebas.

Ketika tubuh kurang mampu secara fisik, berenang adalah cara yang baik untuk mengurangi ketidaknyamanan dalam menggerakkan sendi dan otot, dan terkadang dapat meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh sendi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Baik untuk Kehamilan

Berenang menjadi cara yang baik untuk berolahraga saat hamil. Berenang tidak menyebabkan ketegangan pada bayi, dan karena berat badan kita di dalam air, maka jauh lebih mudah untuk bergerak saat berada di bawah air.

Berenang diketahui bermanfaat dalam membantu menghidupkan kembali tubuh dari rasa sakit dan nyeri yang berhubungan dengan kehamilan dan dapat membantu mengencangkan otot perut.

Air mendukung peningkatan berat badan di bawah air dan meringankan ketegangan pada tulang belakang dan otot punggung.

3 dari 6 halaman

3. Latihan Pembentuk Tubuh

Berenang menggunakan banyak otot yang berbeda, dari tubuh bagian bawah hingga tubuh bagian atas.

Berenang selama 30 menit dapat membakar hingga 200 kalori, sehingga terbukti sebagai cara yang bagus untuk memasukkan olahraga ke dalam rutinitas kalian.

Berenang meningkatkan kekuatan otot tubuh dan sistem kardiovaskular. Berenang juga merupakan cara yang baik untuk tetap bugar dan sehat. Selain itu, bisa membantu menurunkan berat badan.

Berenang juga pembangun stamina yang hebat dan merupakan cara yang baik untuk meningkatkan tingkat ketahanan tubuh.

4 dari 6 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Berolahraga secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular.  Berenang juga menjadi cara yang sangat mudah diakses untuk semua orang agar tetap aktif melakukan olahraga.

Berenang dapat membantu aliran darah ke seluruh tubuh kalian lebih baik dan memperkuat jantung. Berenang telah terbukti mengurangi kadar gula darah dalam tubuh, dan telah terbukti mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Menjadikan renang sebagai bentuk latihan rutin adalah cara yang bagus untuk mengontrol darah.

5 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Suasana Hati

Berenang bersama keluarga dapat membantu kita tetap bahagia dan positif. Berenang sering membuat orang merasa rileks dan tenang, sekaligus membuat mereka merasa penuh energi dan dapat menjadi obat pereda stres yang hebat.

Berenang adalah olahraga yang luar biasa, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu juga menjadi cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan olahraga positif ke dalam kehidupan anak.

Berenang melepaskan zat kimia dalam tubuh yang disebut endorfin yang dapat membuat kita bahagia dan meningkatkan suasana hati kita.

6 dari 6 halaman

6. Baik untuk Pengidap Asma

Udara yang lembab dan hangat di dalam kolam renang dalam ruangan seringkali akan membantu meredakan gejala pernapasan daripada udara luar yang keras atau udara kering di lingkungan gym.

Berenang telah terbukti membantu pengidap asma dalam jangka panjang. 65 orang dewasa yang mengidap asma ringan ikut serta dalam sebuah penelitian di Scientific World Journal pada 2007, mereka melaporkan memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dan mengurangi reaktivitas saluran napas setelah enam bulan rutin berenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.