Sukses

8 Snack Ini Bisa Anda Konsumsi Saat Gula Darah Turun

Siapkan makanan ringan ini untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat dan dikonsumsi saat gula darah turun.

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu seorang penderita diabetes, mengelola gula darah adalah hal yang paling penting. Jika gula darah kamu terlalu rendah atau disebut juga hipoglikemia, itu bisa berbahaya.

Bagi seseorang yang tidak menderita diabetes, tubuh kalian dapat secara otomatis menyesuaikan diri jika gula darah terlalu rendah. Namun, jika kalian adalah penderita diabetes, penurunan gula darah berpotensi sangat berbahaya.

Meskipun reaksi setiap individu terhadap gula darah rendah berbeda, namun tanda dan gejala umum bahwa gula darah rendah termasuk perasaan gemetar, berkeringat atau menggigil, mudah tersinggung, kebingungan, detak jantung cepat, lapar, kelelahan, mual, penglihatan kabur, kesemutan atau mati rasa di lidah, bibir, atau pipi, dan kejang.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah gula darah kalian rendah adalah dengan memeriksa kadar gula darah. Jika kadar gula darah turun terlalu rendah dan otak tidak mendapatkan cukup glukosa (alias gula), maka otak dapat berhenti berfungsi dengan baik, yang menyebabkan gejala seperti penglihatan kabur, sulit berkonsentrasi, kebingungan, hingga bicara cadel.

Jika gula darah rendah terlalu lama dan membuat otak kelaparan glukosa, hal ini dapat menyebabkan kejang dan bahkan koma. Mengutip Eat This Not That, Selasa (6/12/2022), menurut American Diabetes Association, "Glukosa darah rendah adalah ketika kadar glukosa darah Anda telah turun cukup rendah sehingga Anda perlu mengambil tindakan untuk mengembalikannya ke kisaran target Anda." 

Ini biasanya ketika glukosa darah kurang dari 70 mg/dL. Disarankan selalu berbicara dengan ahli kesehatan untuk mengetahui dengan tepat apa yang harus dilakukan untuk kamu. Jika kamu adalah pengidap diabetes ada beberapa makanan ringan yang bisa kalian siapkan untuk nantinya dikonsumsi saat gula darah rendah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jus

Minumlah setengah cangkir jus jeruk, jus apel, atau jus pilihan lainnya untuk mendapatkan dosis gula yang cukup banyak dengan cepat. 

2. Soda

Minumlah setengah cangkir soda biasa tidak boleh soda diet karena kamu membutuhkan gula dan kalori saat ini.

3. Madu

Satu sendok makan madu memiliki sekitar 17 gram gula yang merupakan jumlah yang direkomendasikan American Diabetes Association.

4. Sirup Jagung

Simpan sebotol sirup jagung di rak kalian dan ambil 1 sendok makan ketika gula darah kalian di bawah 70 mg/dL. Ini akan memberikan sekitar 16 gram gula.

5. Gula Pasir

Satu sendok makan gula putih memiliki 12,5 gram karbohidrat yang cepat diserap, yang kamu inginkan ketika gula darah anjlok.

3 dari 4 halaman

6. Jelly

Sumber gula cepat lainnya adalah jelly beans, tetapi ukuran porsi dapat bervariasi tergantung pada ukuran jelly tersebut. Periksa labelnya dan ambil sebanyak yang setara dengan 15 gram gula.

7. Permen

Permen juga dapat membantu menaikkan gula darah ketika gula darah turun terlalu rendah. Permen ini harus mengandung gula bukan jenis permen yang bebas gula. 

8. Permen Karet

Permen jenis gummy ini biasanya berwarna cerah, terbuat dari gelatin atau pektin, dan ditaburi dengan lapisan gula ringan. Delapan permen karet memiliki sekitar 15 gram gula, tetapi bacalah labelnya karena dapat bervariasi antar merek.

Kalian dapat menyimpan beberapa permen karet di rumah sehingga kamu dapat menaikkan kadar gula darah dalam dosis cepat, bahkan kamu bisa membawa beberapa di antaranya ke dalam tas.

4 dari 4 halaman

5 Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Diabetes

Diabetes adalah kondisi saat kandungan gula dalam darah melebihi normal dan cenderung tinggi. Bagi pengidap diabetes, mengonsumsi makanan yang salah dapat mengakibatkan kadar gula darah menjadi tinggi.

Melansir Health Shots pada Kamis (16/11), para ahli percaya bahwa apa yang kamu makan secara signifikan memengaruhi seberapa baik kadar gula darah kamu dikelola.

Ada banyak makanan tinggi vitamin C, protein, antioksidan, dan serat yang diketahui dapat mengelola kadar gula darah. Namun, ada beberapa makanan terburuk untuk diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Ahli diet Hari Lakshmi, yang merupakan Ahli Diet/Nutrisi di Motherhood Hospitals, Chennai mengungkapkan bahwa makanan yang harus dihindari oleh orang dengan kadar gula darah tinggi atau diabetes.

"Anda tidak selalu harus bergantung pada obat-obatan untuk menjaga diabetes tetap terkendali. Pola makan Anda juga sangat memengaruhi kesehatan Anda. Membuat perubahan kecil pada pola makan Anda dapat melakukan keajaiban dalam jangka panjang. Mari kita lihat makanan apa saja yang harus disingkirkan dari piring Anda," kata Lakshmi.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.