Sukses

Dukungan Agar Pele Cepat Sembuh Bergema di Laga Brasil vs Korea Selatan Piala Dunia 2022

Suporter Brasil mengibarkan foto Pele ketika laga Brasil vs Korea Selatan Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Doha - Pada laga 16 besar Piala Dunia Qatar 2022, Brasil vs Korea Selatan pada Selasa dini hari, 6 Desember 2022, terlihat para suporter Tim Samba mengibarkan banner foto Pele.

Di dalam banner tersebut, Pele berpose memegang bola dan tersemat tulisan 'Pele Get Well Soon'.

Ini merupakan wujud dukungan suporter Timnas Brasil terhadap Sang Legenda yang sedang berjuang melawan kanker usus besar.

<p>Suporter Timnas Brasil membentangkan <em>banner</em> yang menunjukkan legenda sepak bola Brasil Pele dengan pesan 'Pele, Cepat Sembuh' selama pertandingan babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022, Brasil vs Korea Selatan di Stadion 974, Doha, Qatar pada Selasa, 6 Desember 2022. Seperti diketahui, Pele tengah berjuang melawan kanker (https://twitter.com/goal/status/1599861872752136192/photo/1)</p>

"Penggemar Brasil mengirimkan dukungan mereka kepada Pele," tulis GOAL dikutip Selasa (06/11/2022).

Dilansir CBSSport pada Selasa, 6 November 2022, Pele sempat menjalani perawatan di rumah sakit di Sao Paolo pada Selasa, 29 November 2022, karena terkait masalah kesehatannya. Salah satunya berkaitan dengan kanker usus besar yang diidapnya.

Pele, 82 tahun, tengah berjuang melawan kanker dan komplikasi lain dari penyakitnya akhir-akhir ini. Namun, Pele menolak kemoterapi terhadap penyakitnya.

Lantaran kondisinya yang semakin memburuk, pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento dilarikan ke rumah sakit Albert Einstein di Sao Paolo, menurut ESPN Brasil. Dia saat ini sedang menjalani tes untuk mengevaluasi kondisinya.

Selain pertandingan Brazil vs Korea Selatan, fans Brasil juga mengibarkan foto Pele ketika pertandingan penyisihan grup melawan Kamerun.

Para suporter Brasil mengangkat spanduk 'Cepat Sembuh' untuk Pelé selama lagu kebangsaan negara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pele Akui Kondisinya Sudah Membaik

Dilansir dari DW, Pele mengonfirmasi melalui akun Instagram pribadinya, @pele bahwa dirinya sudah berada dalam kondisi yang stabil pada Sabtu (3/12/22). 

Dalam unggahannya dia mengatakan bahwa dirinya merasa kuat karena banyaknya harapan dan doa yang ditujukan untuk kesembuhannya.

"Saya kuat, dan saya mengikuti perawatan seperti biasa. Saya ingin berterima kasih kepada seluruh tim medis dan perawat atas perawatan yang saya telah terima," tulis Pele.

"Saya percaya Tuhan, dan setiap pesan cinta yang saya terima dari kalian di seluruh dunia membuat saya tetap bersemangat, dan juga menonton Brasil di Piala Dunia," lanjutnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Pelé (@pele)

Pernyataan ini juga didukung oleh pihak rumah sakit yang mengatakan bahwa Pele telah memberikan respons dengan baik pada infeksi pernapasan.

Terbaru, seorang staf medis mengatakan,"Pele menerima antibiotik untuk mengobati infeksi saat menjalani kemoterapi melawan kanker.".

"Ia masih menjalani perawatan dan dalam kondisi stabil," ujar staf medis kepada DW.

 

3 dari 4 halaman

Mengidap Kanker Usus Besar

Sejak kanker diangkat dari usus besarnya pada September 2021, Pele secara teratur menerima perawatan dari rumah sakit.

Pada Sabtu pagi, sebuah surat kabar Brasil, Folha de S Paulo melaporkan bahwa Pele menerima perawatan paliatif setelah dia berhenti melakukan pengobatan kemoterapi untuk kanker usus besar yang diidapnya.

Menurut laporan ESPN Brasil bahwa Pele dibawa ke rumah sakit karena telah terjadi 'pembengkakan'.

Rumah sakit Albert Einstein di São Paulo menolak untuk mengonfirmasi laporan bahwa legenda sepak bola yang dikenal sebagai The King berada di bawah perawatan paliatif dan mengatakan hanya akan berkomunikasi melalui buletin resmi.

4 dari 4 halaman

Ucapan Dukungan Bagi Pele

Ucapan dukungan bagi kesehatan Pele mulai dari tim nasional Brasil, sampai pemain sepak bola dunia dalam Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar. 

Media berita bola Goal Internasional, dalam unggahan Tweetnya membagikan foto tim nasional Brasil yang membawa foto Pele sesudah pertandingan melawan Korea Selatan.

 

 

"Brasil menampilkan pertunjukan untuk Pele " tulis akun Goal, dikutip dari laman Twitter.

Fifa juga turut mengucapkan kesembuhan Pele.

"Get Well Soon, @Pele" tulis akun resmi @FIFAcom.

Salah satu pemain hebat Brasil, yakni Vinicius JR, mengatakan ia bermain dan kemenangan ini untuk mendedikasikan ke Pele.

"Brasil ingin menjadi juara Piala Dunia untuk Pele 💚💛" tulis akun resmi @ESPNFC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.