Sukses

Pulih dari Cedera, Tim Medis Brasil: Neymar Kemungkinan akan Main Lawan Korea Selatan

Usai pulih dari cedera engkel, Neymar diduga akan siap tempur pada laga Brasil vs Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Nasional Brasil menutup pertandingan terakhirnya di babak penyisihan dengan skor 0-1 dari Kamerun pada matchday Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, 3 Desember lalu. 

Meskipun kalah, hasil tersebut tidak mengubah posisi Brasil di puncak klasemen Grup G dengan mengantongi 6 poin. 

Pada babak 16 besar, tim berjuluk Selecao ini akan dihadapkan dengan Korea Selatan yang akan bermain di Stadion 974, Doha, Qatar, Selasa 6 Desember 2022, dini hari pukul 02:00 WIB.

Jelang laga tersebut, dokter tim Brasil Rodrigo Lasmar menilai Neymar memiliki kemungkinan untuk kembali bertanding lawan Korea Selatan, sementara pelatih Tite hanya menjawab 'ya' ketika ditanya dalam konferensi pers.

"Neymar akan berlatih hari ini di sore hari dan jika dia berlatih dengan baik, dia akan main," tambahnya, dikutip dari BBC, pada Senin (5/12/2022).

Sekadar informasi, penyerang berusia 30 tahun itu melewatkan dua pertandingan grup terakhir Brasil setelah mengalami cedera di pergelangan kaki kanannya pada pertandingan pembukaan melawan Serbia.

Bintang Paris Saint Germain itu digantikan pada menit ke-80 saat negaranya menang 2-0 atas Serbia setelah mendapat tekel berat dari Nikola Milenkovic. Neymar saat itu menyebut cedera itu sebagai, "Salah satu momen terberat dalam karier saya."

Usai melewati berbagai pemulihan, pemain nomor 10 ini mengunggah foto dirinya sedang berlatih dan memberikan sedikit pertanyaan di akun Twitter pribadinya.

"Saya baik-baik saja, saya tau apa yang harus saya lakukan sekarang," tulisnya sebagai keterangan foto. Hingga tulisan ini dibuat, unggahan Neymar Jr tembus 10 ribu komentar dan disukai 422.000 kali.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Neymar Jalani Diet Hypercaloric

Terlepas dari cederanya, pesepak bola bernama lengkap Neymar da Silva Santos Junior ini pernah menjalani operasi tonsil dan dikabarkan anemia saat memenuhi tes kesehatan dengan grup Catalan.

Ahli gizi serta staf pelatih juga memperhatikan berat badan sang atlet yang hanya 132 lbs atau kurang dari 60 kg pada saat itu, yang mana membuatnya harus menjalani konsep diet hypercaloric.

Dengan diet hypercaloric, Neymar berlatih setidaknya 3 hingga 5 kali seminggu dengan durasi latihan 60 menit setiap latihan.

Mengutip laman The 18, Neymar diwajibkan mengonsumsi makanan yang bisa memberinya energi untuk melakukan latihan dalam waktu lama dan intens.

Artinya, ia hanya mengonsumsi makanan yang jadi sumber makronutrien karena berperan penting bagi metabolisme tubuh, termasuk kontraksi otot hingga pertumbuhan jaringan.

Para ahli gizi membatasi konsumsi lemak bagi Neymar, bahkan ia diwajibkan mengonsumsi lebih dari 2600-3000 kalori per hari guna memenuhi standar pemain aktif lain di grupnya.

3 dari 4 halaman

Gabriel Jesus dan Alex Telles Absen

Meskipun Neymar dikabarkan akan kembali dalam pertandingan, namun Tite kehilangan dua pemainnya, Gabriel Jesus dan Alex Telles, yang absen hingga sisa pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 karena cedera lutut.

Telles dan Jesus ditarik ke luar lapangan saat kalah 1-0 dari Kamerun dan menjalani tes pada hari Sabtu. Pemindaian MRI menunjukkan bahwa keduanya tidak mungkin pulih di bulan depan dan dengan demikian mereka akan absen di Piala Dunia meskipun Brasil berhasil mencapai final.

Thiago Silva telah mengungkapkan 'momen yang menyakitkan' untuk mengetahui cedera Yesus dan Telles. Tetapi, dia senang melihat Neymar, Danilo, dan Alex Sandro berkembang dengan baik dari masalah masing-masing.

"Kami sangat jelas. Kemarin, sebelum latihan, saya mengakui bahwa itu adalah momen yang sangat menyakitkan melihat para pemain dalam situasi tidak bisa berada di lapangan bersama kami lagi," kata Silva kepada wartawan.

"Kesedihan itu ada, tapi di saat yang sama jalan kita berlanjut, juga untuk mereka. Itulah cara kita menghibur hati mereka dengan memainkan peran kita," ujarnya, menambahkan.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Selasa 6 Desember 2022

02.00 WIB - Brasil vs Korea Selatan

Venue: Stadion 974, Doha, Qatar

Live streaming: SCTV, Indosiar, Vidio, dan Nex Parabola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.