Sukses

Seni Abad ke-19: 5 Lukisan Romantis yang Membangun Bangsa

Siapa sangka, lukisan Romantis ternyata memiliki makna sejarah bagi bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Pada akhir abad ke-19, lukisan-lukisan sejarah kehilangan popularitasnya. Perang Dunia I, pembubaran kerajaan-kerajaan Eropa, dan pembentukan negara-negara yang baru merdeka membawa tren artistik lainnya ke permukaan. 

Di antara semua media yang tersedia bagi para seniman, seni lukis menawarkan cara terbaik untuk membahas gagasan yang berubah-ubah seperti semangat dan sejarah nasional. 

Karya-karya Romantisme milik Munkácsy, Iveković, Žemišek, Matejko, Tattarescu, dan banyak seniman abad ke-19 yang serupa terus membentuk memori publik hingga hari ini. 

Seni Romantis selalu berfokus pada visi daripada realitas. Romantisisme membawa warisan yang sebelumnya diabaikan ke permukaan.   

Dalam serangkaian lukisan Romantisisme, seseorang dapat menelusuri aspirasi nasionalis yang tinggi, yang sering berselisih satu sama lain dan narasi sejarah masing-masing.

Jika klasisisme berusaha untuk menciptakan kembali dan mengimitasi keindahan Kekaisaran Romawi dan Yunani kuno yang keras, Romantisisme mendapatkan inspirasi dari legenda dan tradisi rakyat Eropa yang diabaikan.

Melalui lukisan-lukisan romantis, orang-orang menemukan masa lalu mereka yang gemilang dan melihat sekilas masa depan yang cerah.

Ketika banyak orang Eropa buta huruf dan nyaris tidak tertarik pada masa lalu nasional, lukisan sejarah menjembatani kesenjangan antara nasionalisme dan ketidakpedulian. 

Seni abad ke-19 secara perlahan mengambil jalan emansipasi nasional. Bangsa-bangsa kecil, yang terjepit di antara kerajaan-kerajaan yang kuat, sangat rentan terhadap tren baru ini. Lukisan-lukisan romantis menggantikan sejarah dengan representasi mimpi-mimpi politik.

Lima mahakarya berikut ini menceritakan kisah tentang nasionalisme Romantik Eropa dari lima negara yang berbeda, yang pandangannya tentang sejarah dan masa depan tidak sama. Namun, tampaknya lukisan-lukisan Romantis mereka saling melengkapi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. The Conquest Of The Motherland By Mihály Munkácsy

Di antara sekian banyak karya Munkácsy yang membahas subjek sejarah, ada satu yang paling menonjol sebagai lukisan Romantisnya yang paling banyak direplikasi --- Honfoglalás atau the Conquest of the Motherland (Penaklukan Tanah Air). 

Keterlibatan Munkácsy pada episode yang menentukan dalam sejarah bangsa Hungaria bukanlah suatu kebetulan. 

Dengan gaya anakronistik, lukisan Romantis Munkácsy dipenuhi dengan figur-figur yang berkumpul di tepi hutan, pakaian mereka tidak memiliki kemiripan dengan jubah bersejarah yang sebenarnya dikenakan oleh Slavia lokal atau pendatang baru Hungaria pada abad ke-10.

Demikian pula, kuda putih Árpád yang besar merupakan representasi artistik dari kekuatan, kekuasaan, dan kepentingannya. Munkácsy dikenal sebagai pelukis Romantisisme terakhir yang meninggal pada abad ke-20.

3 dari 6 halaman

2. The Arrival Of Croats To The Adriatic Sea By Oton Iveković

Terlatih dalam realisme akademis, Iveković mengembangkan keterampilannya di Wina dan Zagreb. Terobsesi dengan sejarah Slavia di tanah airnya, Iveković membayangkan Kedatangan Kroasia sebagai refleksinya sendiri tentang topik tersebut.

Dia mengabaikan setiap 'teori migrasi' Kroasia, dan konsentrasi pada representasi nasional. Hasilnya, lukisan Romantis Iveković menghidupkan kembali citra kerajaan abad pertengahan Kroasia yang memudar, memotret kedatangan legendaris tujuh bersaudara ke laut. 

Tidak seperti rekan-rekannya yang lain, Iveković menggunakan alegori secukupnya, berkonsentrasi pada emosi mentah dan menyampaikan pesan langsung: di tebing-tebing bergerigi yang menghadap ke pita biru laut, masa depan bangsa Kroasia membuat langkah pertamanya menuju kenegaraan --- sebuah mimpi politik yang diwujudkan dalam sebuah lukisan.

Bahkan hingga saat ini, kanvas sejarah Iveković tampil menonjol dalam buku teks sejarah dan budaya populer.

4 dari 6 halaman

3. The Legacy Of Libuše And Přemysl By František Ženíšek

Pada 1891, František Ženíšek (1849-1916), seorang nasionalis Ceko dan pelukis Romantik, menciptakan sebuah karya besar yang berhubungan dengan pertemuan misterius dan legenda nasional.

Dia, seperti banyak rekan-rekannya sesama Romantis, merujuk pada sejarah nasionalnya atau, lebih tepatnya, pada gagasan Romantisnya tentang masa lalu misterius orang-orang Ceko. 

Menurut legenda lama, Libuše adalah putri bungsu dari seorang penguasa mistis yang menguasai wilayah Bohemia.

Meskipun dipilih oleh ayahnya sebagai penggantinya, Libuše mendapatkan pertentangan dari para pria di sukunya, yang menuntut agar dia menikah.

Alih-alih memilih seorang bangsawan dari sukunya, dia jatuh cinta dengan seorang petani sederhana, Přemysl.

Kisah ratu pelihat ini memesona seluruh generasi nasionalis muda Ceko. Ketika Bedřich Smetana menggubah musik untuk opera nasional pertama Libuše, para seniman lain mengikutinya.

Ženíšek, selanjutnya, mengangkat kisah tentang cinta, nubuat, dan nasionalisme ini dalam lukisan Romantiknya, The Legacy of Libuše and Přemysl, the Ploughman. 

Sosok seperti Kristus dengan tangan terentang dan sikap rendah hati, pendiri legendaris dinasti raja-raja Ceko pertama, bertemu dengan Libuše di tepi ladang.

Episode yang menentukan dalam sejarah bangsa Ceko inilah yang akhirnya menyebabkan kebangkitan nasional Ceko. Libuše, yang membungkuk di hadapan si pembajak, meminta dinikahkan, ada

5 dari 6 halaman

4. Rejtan By Jan Matejko

Di Timur, di Polandia, nasionalisme Romantis berubah menjadi tragis. Sementara orang-orang Slavia lainnya berfokus pada peristiwa-peristiwa gemilang dari legenda mereka, banyak seniman Romantis Polandia meratapi hilangnya negara mereka yang pernah berkuasa. 

Dipisahkan oleh tiga Kekuatan Eropa, Polandia yang bersatu menjadi mimpi yang diekspresikan dalam banyak karya seni abad ke-19.

Rejtan: The Fall of Poland oleh Jan Matejko (1838-1893) menceritakan kisah tragedi masa lalu ini dalam sebuah teka-teki lukisan.

Dibuat pada tahun 1866, ketika Matejko baru berusia 28 tahun, lukisan Romantis ini menggambarkan protes putus asa Tadeusz Rejtan, seorang wakil Sejm (majelis rendah parlemen) yang menyaksikan pemisahan pertama Polandia pada tahun 1773.

Berbeda dengan kerumunan orang yang berpakaian mewah di sebelah kirinya, Rejtan terbaring di lantai, sikunya diposisikan di atas tirai merah tua dan bajunya robek, memperlihatkan dadanya.

6 dari 6 halaman

5. The Modern Romania By Gheorghe Tattarescu

Seorang seniman Rumania yang berubah menjadi revolusioner mengekspresikan harapannya untuk masa depan negaranya dalam lukisan Romantis berjudul 11 Februari 1866 --- Rumania Modern. 

Romania, yang dibentuk pada 859, memperingati kemerdekaannya dari Ottoman, dan penyatuan nasionalnya dalam seni dengan karya yang menggambarkan kebangkitan nasional yang sangat dinanti-nantikan.

Menggabungkan neo-Klasikisme dan Romantisisme, Tattarescu berhasil menyampaikan pesan kebangkitan kembali yang penuh harapan. Wanita yang mewakili Rumania memegang bendera nasional baru yang berkibar di belakangnya.

Rantai yang robek menjuntai dari pergelangan kaki dan pergelangan tangannya, saat dia melayang ke langit. Di latar belakang, matahari terbit di atas gereja-gereja kecil dan jurang-jurang terjal.

Seperti Yunani di Reruntuhan Missolonghi karya Delacroix, ini adalah kisah artistik lain tentang sebuah bangsa yang bangkit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.