Sukses

5 Cara Mengusir Kucing dengan Halus dan Tanpa Menyakiti

Berikut cara mengusir kucing tanpa kekerasan ataupun menyakiti mereka

Liputan6.com, Jakarta Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara. Namun, ada pula kucing-kucing yang tidak dipelihara dan biasa kita lihat di jalanan. Sayangnya, kucing liar seperti itu kerap kali membuat masalah.

Kadang mereka membuat ulah dengan membuang kotoran sembarangan yang menimbulkan bau tak sedap dan mengganggu penghuni rumah.

Untungnya, ada beberapa cara mengusir kucing ampuh tanpa perlu menggunakan kekerasan maupun tenaga ekstra.

Melansir laman The Spruce, Jumat (2/11/22) berikut cara mengusir kucing tanpa menggunakan kekerasan:

1. Singkirkan makanan

Kucing liar tertarik dengan tempat yang terdapat banyak makanan. Untuk itu, cara mengusir kucing yang pertama dengan menyingkirkan semua sumber makanan. Jika kamu memiliki kucing peliharaan, hindari memberi makan di luar ruangan. Sebab, sisa makanan tersebut akan menarik kucing liar mendekat.

Selain itu, hindari pula membuang sisa makanan terutama daging, sembarangan ke tempat sampah. Tetapi bungkuslah dengan rapat sampah sisa makanan, agar tak begitu tercium oleh kucing.

2. Buat kucing tidak nyaman

Salah satu cara mengusir kucing yaitu dengan menghilangkan area kesukaan kucing di rumah.

Kucing terkenal sebagai hewan yang gemar relaksasi. Dia bisa tidur di mana saja, di area yang menurutnya nyaman. Misalnya, jika kucing senang nongkrong di halaman rumah, maka sebarkan kerikil-kerikil kecil.

Anda bisa juga menaburkan pecahan kulit telur, atau menambah pot-pot bunga di setiap sudut agar kucing tak bisa bersantai di sana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tebar aroma yang dibenci kucing

Diketahui bahwa kucing memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Sama seperti hewan lain, kucing juga tidak menyukai aroma-aroma tertentu, seperti jeruk, kopi, cabai, dan mentol.

Berbanding terbalik, rata-rata manusia justru menyukai aroma tersebut. Oleh karenanya, cobalah untuk menebar aroma-aroma tersebut di sekitar rumah sebagai salah satu cara mengusir kucing.

Kamu bisa juga menggunakan pengharum ruangan dengan bau tersebut, agar kucing terganggu dan tak lagi berkunjung ke rumah.

3 dari 4 halaman

4. Gunakan suara ultrasonik

Mungkin terdengar kuno, tetapi cara mengusir kucing ini cukup ampuh dan tidak mengganggu manusia. Saat ada kucing masuk ke rumah,kamu  bisa segera menyalakan suara ultrasonik yang membuat kucing terganggu.

Ultrasonik adalah suara atau getaran dengan frekuensi yang terlalu tinggi, yakni di atas 20.000 Hz. Oleh karena itu, manusia tidak akan terganggu lantaran suara berada di luar jangkauan pendengaran.

4 dari 4 halaman

5. Percikkan air

Umumnya, diketahui bahwa kucing sangat tidak suka air. Untuk itu, kita bisa mencoba mengusir kucing dengan menggunakan air. Kamu bisa memercikkan sedikit air ke arah kucing.

Namun, pastikan air yang digunakan bersuhu ruangan dan bukan air panas. Pasalnya, air panas akan membuat kulit kucing melepuh dan terluka. Cara mengusir kucing dengan air panas juga tak dibenarkan, lantaran merupakan bentuk kekerasan terhadap mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.