Sukses

Sinopsis Violent Night yang Tayang Hari Ini, Aksi Sinterklas Lawan Penjahat ala Die Hard

Hari ini, Rabu (30/11/2022) film Violent Night mulai tayang di bioskop-bioskop seluruh Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Rabu (30/11/2022) film Violent Night mulai tayang di bioskop-bioskop seluruh Tanah Air. Dari poster dan klip-klip video yang telah ditampilkan, film ini merupakan salah satu film yang dibuat untuk merayakan Natal dan musim liburan di akhir tahun ini.

Film Violent Night berdurasi sekitar 112 menit dan digarap oleh Tommy Wirkola, yang sebelumnya telah membuat Hansel & Gretel: Witch Hunters pada tahun 2013 silam.

Dilansir IMDb, Violent Night berlatar di malam perayaan Malam Natal. Diceritakan bahwa sekelompok orang dengan niat buruk memasuki properti pribadi satu keluarga kaya di Malam Natal. Sinterklas pun terpasa harus turun tangan untuk menghentikan rencana jahat itu dan menyelamatkan perayaan Malam Natal.

Violent Night dibintangi David Harbour sebagai Sinterklas. David Harbour terkenal setelah membintangi serial Stranger Things di Netflix. Selain itu, aktor kelahiran 10 April 1975 ini juga telah membintangi beberapa film terkenal seperti Hellboy (2019) dan Black Widow (2021).

Violent Night bergenre aksi dan komedi-gelap. Dilansir Dexerto, sang sutradara juga menyebut bahwa Violent Night terinspirasi dari film Natal lain seperti Die Hard (1988).

"Saya mendapat naskah (film ini) dari produser 87 North, yang merupakan teman lama saya. Mereka mengatakan pada dasarnya (film) ini adalah Die Hard dengan (tokoh) Santa Claus. Yang mana benar di satu sisi - memang seperti itu. Tapi film (ini) lebih dari itu," ucapnya kepada Dexter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mirip Home Alone

Selain Die Hard (1988), Violent Night juga mengambil inspirasi dari film Natal terkenal lainnya yakni Home Alone (1990). Dilansir The Hollywood Reporter dalam reviewnya, terdapat tokoh seperti Kevin McCallister yang memasangi rumahnya dengan berbagai jenis jebakan. 

"Trudy (diperankan Leah Brady), yang berhasil menyelinap ke loteng, mulai membuat jebakan untuk melindungi dirinya sendiri. Dengan kata lain, Violent Night menjadi ulangan dari film Die Hard dan Home Alone, tetapi dibawa lebih ekstrem di bawah arahan berdarah (Tommy) Wirkola yang berlebihan," tulis dalam review The Hollywood Reporter.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Variety dalam reviewnya:

"Tapi karena "Violent Night" adalah film Natal, semuanya menyenangkan! Terutama ketika Trudy (Leah Brady), putri Jason (Alex Hassell) yang berusia 7 tahun, satu-satunya anggota terhormat dari klan Lightstone, menjadi seperti "Home Alone" abad pertengahan di atas para penjajah rumah. Tangga dipasang jebakan sehingga tenggorokan ditusuk dengan paku; kepala dikuliti; rasa sakit itu dikeluarkan," tulisnya.

3 dari 4 halaman

David Harbour Tampil Ganas

Untuk penampilan David Harbour, dikatakan bahwa performa aktor Stranger Things ini sangat memukau. Di review IGN, David Harbour menampilkan tokoh Sinterklas yang sangar. Dalam bertarung, Sinterklas ini menggunakan berbagai senjata.

"Harbour berdiri setebal Redwood dalam pakaian kulit merahnya, menggunakan segala sesuatu mulai dari toppers bintang yang dialiri listrik hingga karangan bunga yang berkilauan untuk menang melawan psikopat yang disewa Scrooge (masing-masing dengan nama kode musiman yang lucu seperti Frosty dan Jingle)," tulis IGN.

David Harbour juga berhasil "menciptakan kembali tokoh Sinterklas sebagai pahlawan aksi berotot hanya dengan sihir yang berkelap-kelip, karung mainan tanpa akhir, dan gulungan yang dapat dibaca dengan nama musuh yang 'nakal',"

4 dari 4 halaman

Nilai Sementara

Sejauh ini di Rotten Tomattoes film Violent Night telah mendapatkan skor 83 persen dari 12 kritik. Salah satu kritikus memberi pujian dengan menyebut bahwa "Violent Night menghadirkan semangat Natal ke dalam film aksi gore-first sesuai yang diiklankan berkat peforma hebat David Harbour."

Di Metacritic, film ini mendapatkan skor 65 dari 100. Lalu di IMDb, film ini mendapatkan rating 8.0 dari 10.0. Penilaian itu didapat dari 35 pengguna IMDb. Tentunya skor-skor tersebut dapat berubah, entah naik atau turun, mengingat film ini baru saja dirilis. Di Amerika Serikat sendiri, Violent Night baru akan dirilis pada tanggal 2 Desember. Sebelumnya film ini telah melakukan pemutaran perdana dunia di New York Comic Con pada 7 Oktober 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.