Sukses

3 Hal Aneh Tapi Nyata yang Pernah Terjadi dalam Sejarah Piala Dunia

Berikut ini 3 hal aneh dan unik yang pernah terjadi sepanjang sejarah Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Piala Dunia telah dimulai sejak 20 November 2022 lalu dan akan berlangsung hingga 18 Desember 2022 mendatang. Piala Dunia 2022 saat ini diselenggarakan di Qatar. Sejak pertandingan akbar sepak bola tersebut dilaksanakan masih terbilang normal layaknya laga bola pada umumnya. 

Tapi apakah kalian tahu, bahwa ada hal aneh dan unik namun nyata pernah terjadi dalam sejarah Piala Dunia. Mulai dari 'Scorpion Kick' ala Rene Higuita, lalu ada 'Hand Of God' pukulan tangan Maradona, dan yang terakhir Zinedine Zidane mendapat kartu merah karena menyundul pemain Itali Materazzi di Piala Dunia 2006. Berikut 3 kejadian aneh dan unik di dalam sejarah Piala Dunia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber relevan. 

1. Kontroversi "Scorpion Kick" Rene Higuita

Rene Higuita adalah kiper tim nasional Kolombia yang sangat kontroversial akibat ulahnya ketika beraksi di lapangan hijau. Aksinya yang dilakukan bukan lah hal yang biasa, pasalnya ia mempelopori salah satu jenis tendangan yakni 'Scorpion Kick'. 

Dikutip dari laman resmi FIFA, Selasa (29/11/2022), sejarah tendangan kalajengking ini berawal dari penyelamatan sang kiper Rene Higuita. Pada tahun 1995, tepatnya bulan September pertandingan persahabatan antara Inggris dan Kolombia diselenggarakan.

Menurut FIFA momen itu menerangi pertandingan persahabatan tanpa gol yang membosankan di stadion nasional Inggris, dengan pelatih Three Lions saat itu, Terry Venables, salah satu dari sekian banyak yang merefleksikan "tidak pernah melihat hal seperti itu sebelumnya".

Kemudian, kiper flamboyan Kolombia ini menjelaskan asal-usul gerakan yang membantu mengukuhkan namanya dalam cerita rakyat sepak bola. Aksinya dengan melakukan melompat badan ditekuk ke belakan dan kaki ditarik melengkung berhasil menahan bola Jamie Redknapp.

"Anak-anak selalu menjadi inspirasi saya," kata Rene dikutip dari laman FIFA

"Saya selalu melihat mereka di jalan atau di taman mencoba tendangan sepeda, dan saya mengatakan kepada mereka bahwa akan lebih baik melakukannya secara terbalik. Hari itu di Inggris, saya diberikan bola yang telah saya tunggu-tunggu selama lima tahun!" ujar Rene.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Gol Tangan Tuhan Maradona

Selanjutnya pertandingan kontroversial terjadi lantaran cetakan gol Diego Maradona yang memakai pukulan tangannya untuk menembus gawang Inggris.  Masih dikutip dari sumber yang sama, hal itu terjadi dalam pertandingan antara Argentina melawan Inggris pada piala dunia Meksiko tahun 1986, saat itu pertandingan sudah sampai quarter-finals.

"Sedikit dengan kepala Maradona dan sedikit dengan tangan Tuhan," Tulis FIFA 

Penjelasan Diego Maradona penuh teka-teki tentang gol pembuka yang terkenal dalam pertandingan perempat final Piala Dunia FIFA Meksiko 1986 Argentina melawan Inggris. Tendangan itu mendapat tempat dalam sejarah sepak bola di samping gol itu sendiri dan gol keduanya yang memukau, yang terjadi hanya empat menit kemudian.

Laga di Estadio Azteca Mexico City pada 22 Juni 1986 itu akan selamanya dikenang karena momen permainan Maradona dan kejeniusannya yang memberikan pengaruh besar ke dalam karier dan kehidupan salah satu pemain terhebat sepanjang masa itu hanya dalam waktu kurang dari 300 detik.

 

3 dari 4 halaman

Maradona Juga Disebutkan Sebagai Goal Of The Century

Ya, gol Tangan Tuhan yang diciptakan Maradona ke gawang Inggris di perempat final Piala Dunia 1986 Meksiko, memang lebih terkenal ketimbang gol keduanya yang dicetak lewat proses yang menunjukkan skill tingkat dewa dari sang Dewa Sepak Bola.

Dalam rentang waktu empat menit, dunia melihat dua momen ikonik, terbaik dan terburuk dari Argentina. Gol 'Tangan Tuhan' Maradona adalah definisi penipuan, sementara gol kedua Maradona, kemudian dijuluki 'Goal of the Century' atau gol abad ini yang menjadi penegasan kejeniusannya sebagai pemain terhebat pada saat itu.

4 dari 4 halaman

3. Zinedine Zidane Kartu Merah Akibat Menyerang Materazzi

Diktuip dari Goal, sebuah kejadian kontroversial selalu diingat bagi pecinta bola akibat ulah Zidane yang memperoleh kartu merah karena menyundul pemain Itali di kala itu. 

Kejadian tersebut terjadi pada pertandingan final Piala Dunia 2006, saat Prancis melawan Italia. Saat itu kedudukan dua tim nasional tersebut seri 1-1. Akhirnya, adu penalti pun tak terhindarkan.

Zidane tidak mampu melangkah dari jarak 4 kaki untuk kedua kalinya saat ia diberi perintah berbaris pada menit ke-110 setelah bersinggungan dengan Materazzi di tengah-tengah babak Italia

Tayangan ulang menunjukkan Zidane sedang berdiskusi dengan Materazzi saat keduanya berjalan ke lapangan, dengan Zidane menyerang Materazzi saat ia melayangkan sundulan kepala ke dada pemain Italia itu dan membuatnya berguling-guling di atas rumput.

Pada saat itu ada yang mengatakan bahwa Materazzi telah berkomentar tentang Ibu Zidane yang membuat Zidane naik pitam dan akhirnya menyundul Materazzi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.