Sukses

Mengenal Casemiro, Amunisi Timnas Brasil Saat Neymar Absen Laga Piala Dunia 2022

Berhasil melayangkan gol dramatis saat melawan Swiss, Casemiro selamatkan Brasil ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menghadapi Swiss yang sulit ditembus, Brasil akhirnya mampu memetik kemenangan tipis 1-0 pada Grup G Piala Dunia 2022, Senin malam waktu Indonesia, 28 November 2022. Gol yang berhasil dilayangkan oleh Casemiro membawa Brasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022.

Casemiro berhasil mencetak gol lewat aksi tembakannya di menit ke-83 yang tidak memberikan waktu bagi Swiss untuk menciptakan gol balasan. Aksinya pun menjadi penyelamat bagi Brasil setelah sebelumnya Neymar tidak dapat tampil di laga pertandingan.

Mengutip Doha News pada Selasa (29/11), laga yang bertekanan tinggi kemarin berhasil ditaklukkan oleh Brasil melalui kekuatan dalam kedalaman dan koordinasi. Meski berhasil mencetak gol, mereka masih harus kecewa karena ini bukanlah pertandingan yang meyakinkan dan dengan skor tinggi, terlepas dari semua peluang yang mereka miliki.

Strategi pelatih timnas Brasil, Tite, pun mencerminkan keresahan tim karena terus mencoba untuk melemparkan semua penyerang di bangku cadangan menjelang akhir.

Gol yang sebelumnya dilayangkan oleh Vinicius Junior gagal menerima keputusan wasit. Pasalnya, Vinicius Jr dianggap sudah berada pada posisi offside sebelum menerima umpan manis Casemiro tanpa pengawalan.

Akhirnya, pada 10 menit terakhir, kolaborasi antara Vinicius dan Rodrygo yang memberi umpan kepada Casemiro berhasil dicetak ke gawang. Di sisi lawan Brasil, Swiss yang tidak memiliki cukup waktu harus merespons serangan dengan kekalahan. 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Casemiro

Mengutip Sports Unfold, Carlos Henrique Casemiro, atau yang akrab dikenal Casemiro, lahir pada tahun 1992 silam di Brasil dari kedua orang tua yang berkebangsaan Brasil. Sebelumnya, ia berasal dari keluarga kelas menengah ke bawah lantaran ayahnya meninggalkan mereka pada usia dini.

Casemiro kemudian memulai kariernya bersama klub kota kelahirannya, São Paulo. Dia memulai kariernya bersama tim nasional Brasil U-17 dan juga bermain untuk U-20. Adapun debut senior Casemiro jatuh pada tahun 2011 dalam pertandingan persahabatan melawan Argentina. Casemiro masuk ke tim muda Sao Paulo dan berkomitmen untuk tim tersebut.

Selang waktu, banyak pencari bakat yang kemudian memerhatikan kemampuannya dan pada tahun 2012 Copa Sudamericana meminjamkannya ke Real Madrid.

Namun, pada tahun-tahun awalnya, ia jarang bermain dengan tim senior Real Madrid. Hingga pada tahun 2013, ia mendapatkan kontrak permanen dengan Real Madrid. Sepanjang musimnya bersama Madrid, ia mencetak 4 gol dalam 40 pertandingan.

Adapun pada Agustus lalu, Casemiro resmi ditransfer ke Manchester United setelah sang gelandang menandatangani kontrak hingga Juni 2026, dengan opsi perpanjangan selama satu tahun lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

Kesulitan karena Tak Ada Neymar

Kendati demikian, Casemiro pun berbicara tentang kesulitan yang dihadapi Brasil dengan pemain andalan mereka, Neymar Jr yang absen dari babak penyisihan grup Piala Dunia karena cedera.

Melansir situs Daily Mail UK, Neymar yang dipaksa keluar karena cedera di babak kedua membuat kemenangan Brasil di laga pembuka atas Serbia menjadi berkurang, dan Casemiro dengan terus terang menjelaskan betapa berpotensi merusak kehilangan pemain bintang mereka.

Pemain dengan nomor punggung 5 ini mengaku bahwa timnas Brasil yang memiliki pemain-pemain berkualitas tetap sulit untuk menemukan pemain yang selevel dengan Neymar.

Kami memiliki pemain lain yang bermain bagus: Vinicius, Raphinha, Richarlison, Jesus, Rodrygo, Martinelli... pilihannya luas, yang bagus untuk kami, tetapi kami harus realistis dan menerima bahwa Neymar adalah pemain terbaik di tim kami," ucap bintang Manchester United tersebut. 

4 dari 4 halaman

Pujian Neymar untuk Casemiro

Bintang Brasil, Neymar, melontarkan pujian besar untuk rekan setimnya di timnas, Casemiro, setelah ia mencetak gol indah ke gawang Swiss. Pujian ini pun diunggah oleh Neymar melalui akun twitter resminya @neymarjr dalam bahasa Portugis yang berarti “Casemiro adalah gelandang terbaik di dunia untuk waktu yang lama,

Sementara itu, Neymar terpaksa absen dalam pertandingan ini setelah mengalami cedera pergelangan kaki saat menang atas Serbia. Meskipun Brasil kesulitan tanpa kehadirannya, tetapi Casemiro melangkah maju dengan momen yang patut dihargai untuk negaranya.

Mengingat mereka sekarang telah lolos ke babak sistem gugur dengan satu pertandingan tersisa, Neymar diharapkan dapat kembali ke babak 16 besar untuk kembali unjuk gigi melawan Kamerun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.